23:00 . Besok, Pemkab Salurkan Sembako untuk Pedagang di Sekolah   |   22:00 . Dampak Corona Pedagang Banting Setir Jual Masker Hingga Bahan Pokok   |   21:30 . Pulang Dari Malaysia, Tiga Warga Bojonegoro Dikarantina di Batam   |   21:00 . Cegah Penyebaran Covid-19, Ngablak Perketat Keamanan Masuk Desa   |   20:30 . Pemkab Buka Rekrutment Tenaga Kesehatan dan Non Kesehatan Tangani Covid-19   |   20:00 . Update Hari Ini 12 ODP Baru, 1 Selesai Pemantauan   |   19:00 . Cegah Covid-19, Gugus Tugas Tejo Lakukan Penyemprotan Disinfektan   |   18:00 . Pelantikan Kades Tahap I, Diprioritaskan Bagi Desa yang Diisi PJ   |   17:00 . Jumlah ODP di Dander Melebihi Kota, Total Ada 60 ODP Di Bojonegoro   |   16:00 . Inilah Jadwal Lengkap Pelantikan Kades Lewat Video Conference   |   15:00 . Begini Jalannya Pelantikan Kades di Kecamatan Kota Lewat Video Conference   |   14:00 . Melalui Video Conference, Bupati Tekankan Segera Bertindak Cepat Atasi Covid-19   |   13:00 . Live Streaming: Pelantikan Kades Tahap 1   |   12:00 . Pedagang di Kantin dan Warga Kurang Mampu akan Mendapat Bantuan   |   11:00 . 3 Desa Terima Mesin Semprot Disinfectan dari Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati   |  
Thu, 02 April 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 17 January 2020 07:00

Cara Kembangkan Kecerdasan Berbahasa Anak

Cara Kembangkan Kecerdasan Berbahasa Anak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Sebagai orang tua baru, saat anak mulai mengatakan kata demi kata atau kalimat utuh, maka bisa menjadi kebahagiaan tersendiri ya, Moms. Apalagi bila ia sudah mulai mengoceh ini itu, dan mengomentari berbagai hal.

Meski begitu, tumbuh kembang setiap anak memang berbeda-beda, termasuk kemampuan berbahasanya. Ada anak yang sangat cepat mengucap kata, ada juga yang lambat. Namun jangan khawatir, anak terlambat bicara umumnya tak selalu karena ada hal-hal yang mengkhawatirkan.

Cobalah dulu memberikanya stimulus agar perkembangan bahasa anak bisa lebih baik lagi. Mengutip dari buku "Cara Jitu Menjawab Pertanyaan Anak" yang ditulis oleh Dra. Rahmitha, S. Psi, berikut tips kembangkan kecerdasan bahasa anak:

1. Cepat Merespons

Ketika anak bertanya pada Anda, segeralah memberikan respons dengan menjawabnya, Moms. Beberapa orang tua terkadang malas untuk menanggapi ocehan si kecil karena tidak mengerti yang dikatakannya.

Padahal dengan cepat merespons, anak akan lebih aktif untuk bertanya ini itu atau sekadar mengomentari sesuatu dengan keterbatasan katanya. Lama-kelamaan, perbendaharaannya semakin banyak karena sering mendengar respons dari Anda. Untuk itu, jangan menyia-nyiakan rasa ingin tahu dan kesempatan emas anak untuk belajar sesuatu. 

2. Jawaban yang Tepat Sesuai Usia

Mungkin beberapa orang tua suka asal menjawab pertanyaan anak, alhasil ia sulit memahami jawaban yang dimaksud. Jadi tak heran bila ia akan bertanya tentang itu-itu lagi karena penjelasan yang Anda berikan tidak tepat usia. Untuk itu, siapkanlah jawaban yang sesuai dengan kemampuan berpikir anak, Moms.

3. Tanyakan Kembali

Saat anak menanyakan sesuatu pada anak, maka jangan hanya berhenti di sana. Tapi siapkan pertanyaan turunan, terkait dari yang anak Anda utarakan di awal.

Misalnya, bila anak bertanya, "Kenapa ikan tidak menutup mata? Apakah dia tidak tidur?", Anda bisa menjawab dengan jelas tentang cara ikan hidup di air, lalu Anda bisa menanyakan lagi ke anak, dengan menanyakan pendapatnya tentang ikan tersebut.

4. Kontak Mata

Selalu lakukan kontak mata ketika Anda berbicara dengan anak, Moms. Usakan pula untuk menyesuaikan dengan tingkat penglihatan anak. Misalnya, membungkuk atau berlutut, agar pandangan mata dengan anak dapat sejajar.

5. Menjawab Langsung

Ketika anak bertanya sesuatu, jangan bertele-tele untuk menjawabnya, Moms. Berikan saja jawaban sebatas yang ditanyakannya. Sebab jawaban yang panjang lebar bisa membuat anak semakin bingung dan terus menerus bertanya.

6. Mencari Jawaban Bersama

Sebagai orang tua, pasti Anda ingin selalu bisa diandalkan oleh si kecil. Sehingga walaupun Anda tidak tahu jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh anak, Anda menjawabnya dengan seadanya. Tak jarang, si kecil merasa kurang puas dengan jawaban Anda dan menjadi salah pengertian, Moms.

Nah, bila kebetulan Anda tidak bisa menjawab pertanyaan itu, sebenarnya tak masalah. Anda bisa menawarkan anak untuk mencari tahu jawabannya bersama-sama. Dengan begitu, si kecil pun akan belajar cara mencari jawaban.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan, anak


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 30 March 2020 12:00

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh Petani Desa Tinumpuk, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro berhasil menanam waluh (labu kuning) tumpangsari dengan pohon pisang di tegalannya. Suparno bisa memanen waluh muda 40 buah setiap hari, karena sayuran...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat