22:00 . Tak Ada Tambahan Sembuh dan Positif, PDP Bertambah 1 Orang   |   17:00 . Semangati Milenial Teladani Bung Karno Lewat Lomba Vlog dan Puisi   |   16:00 . Diduga Korsleting Listrik, 4 Rumah Warga Kasiman Terbakar   |   15:00 . Ada Dua Mekanisme Daftar Ulang Siswa Baru Jenjang SMP   |   13:00 . Rapid Tes Peserta UTBK Membludak, Tetap Sesuai Protokol Kesehatan   |   12:00 . Ratusan Calon Mahasiswa Baru Antre Rapid Tes   |   11:00 . Seratusan Santri Lirboyo Asal Bojonegoro Mulai Balik Pondok   |   10:00 . Mayat Wanita Ditemukan Mengapung di Bengawan   |   09:00 . Bolang-baling dan Cakwe Camilan Lezat Khas Negeri Tirai Bambu   |   08:00 . Pasar Buah Banjarejo Mulai Dibongkar   |   07:00 . Demi Manfaat Maksimal, Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi   |   22:00 . Warga Bojonegoro Terkonfirmasi Positif Bertambah 6 Orang   |   21:00 . Pesan Direktur Utama Pertamina EP pada MWT di PEP Asset 4 Poleng Field   |   20:00 . Banyak SMP Negeri Kurang Pagu, Disdik Data Siswa yang Masuk Swasta   |   18:00 . Pencetakan KIA di Bojonegoro Sudah Capai 50 Persen   |  
Sun, 05 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 20 January 2020 12:00

Kampung Anyaman Bambu yang Masih Bertahan Hingga Kini

Kampung Anyaman Bambu yang Masih Bertahan Hingga Kini

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Anyaman merupakan salah satu kesenian tradisional asal nusantara. Selain sebagai kesenian, anyaman ternyata juga bisa jadi bisnis yang sangat potensial untuk digeluti. Seperti yang dilakukan oleh sebagian warga Desa Temu Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro ini.

Tiap rumah yang berderet rapat dan rapi pasti bisa ditemukan tuan rumah yang tengah asyik menganyam bambu untuk dijadikan wadah tembakau.

Jemari yang lincah dan telaten membuat pola menimbulkan suara gemrisik halus yang khas. Tak hanya usia produktif yang melakukan aktivitas tersebut, para manula pun turun berkreasi menganyam bambu untuk dijadikan wadah tembakau.

"Usaha ini turun temurun dari kakek nenek. Sebelum saya lahir keluarga saya sudah menekuni usaha ini hingga kini," terang Parto (72) sambil menganyam bambu.

Sebelum diolah menjadi sayatan tipis, Parto menjelaskan, bambu dibelah kecil-kecil kemudian seratnya dibuang supaya bersih. Berbekal 'bendo' yaitu sejenis alat potong terbuat dari besi yang berbentuk pipih serta tajam, para pengrajin gesit melakukan pekerjaannya.

Menurut Katmo (52) warga lain, produk anyaman bambu dari desa ini langsung diambil pabrik rokok. Jadi para pengrajin tidak usah repot-repot mencari pasar untuk menjual hasil karya anyamannya.

"Biasanya yang memesan adalah pabrik rokok dan gudang tembakau. Jadi untuk pemasaran kami tak ada kendala," imbuhnya.

Untuk membuat wadah tembakau dari anyaman bambu, Katmo membeli bahan baku berupa batang bambu yang harganya Rp5 ribu per batang. Bambu tersebut kemudian dibelah, ditipiskan, dan dikeringkan sehingga menjadi bahan yang berkualitas.

"Untuk satu batang biasanya bisa jadi 3 wadah tembakau. Harganya yang paling murah Rp20 ribu dan paling mahal Rp30 ribu. Tergantung musim,” pungkasnya. [her/mu]

Tag : anyaman bambu, kerajinan, bambu


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat