19:00 . 17 TPS di Kota Bojonegoro Masih Kurang Tampung Tingginya Sampah   |   18:00 . Tahun 2020, Puluhan Miliaran Digelontorkan untuk Madin   |   16:00 . Histeris.....!!! Saat Satu Orang Ikut Terbang Bersama Layangan Naga   |   15:00 . Harga Logam Mulia Meroket Tajam, Masyarakat Banyak Ajukan Buyback   |   14:00 . Sidang Ke IV, Para Tergugat I,II,III dan IV Bacakan Tanggapanya Terkait PI Blok Cepu   |   13:00 . Masker Medis Mulai Kembali Diburu Masyarakat   |   12:00 . Hampir Tak Mendaftar, 2 Jam Ngebut Rekaman dan Bikin Video Clip   |   11:00 . Murid Peristiwa Harmonni Masuk Finalis Campus Harmony 2020, Ayo Dukung...!   |   10:00 . Pancaroba, BPBD Himbau Masyarakat Mewaspadai Hujan Disertai Angin Kencang   |   09:00 . Kekeringan di Bojonegoro Diprediksi Tak Separah 2019   |   08:00 . Layanan Rapid Tes Dialihkan di Puskesmas   |   07:00 . Orangtua Perlu Tahu, 4 Tips Ajari Anak Saat Belajar Online   |   20:00 . Gudang Oven Tembakau di Bulu Terbakar, Kerugian Capai Rp25 Juta   |   19:00 . Hujan Perdana, Petani Tembakau di Selatan Bojonegoro Was-Was   |   18:00 . Solid, Pesilat Bojonegoro Tetap Jaga Kerukunan   |  
Tue, 29 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 20 January 2020 12:00

Kampung Anyaman Bambu yang Masih Bertahan Hingga Kini

Kampung Anyaman Bambu yang Masih Bertahan Hingga Kini

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Anyaman merupakan salah satu kesenian tradisional asal nusantara. Selain sebagai kesenian, anyaman ternyata juga bisa jadi bisnis yang sangat potensial untuk digeluti. Seperti yang dilakukan oleh sebagian warga Desa Temu Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro ini.

Tiap rumah yang berderet rapat dan rapi pasti bisa ditemukan tuan rumah yang tengah asyik menganyam bambu untuk dijadikan wadah tembakau.

Jemari yang lincah dan telaten membuat pola menimbulkan suara gemrisik halus yang khas. Tak hanya usia produktif yang melakukan aktivitas tersebut, para manula pun turun berkreasi menganyam bambu untuk dijadikan wadah tembakau.

"Usaha ini turun temurun dari kakek nenek. Sebelum saya lahir keluarga saya sudah menekuni usaha ini hingga kini," terang Parto (72) sambil menganyam bambu.

Sebelum diolah menjadi sayatan tipis, Parto menjelaskan, bambu dibelah kecil-kecil kemudian seratnya dibuang supaya bersih. Berbekal 'bendo' yaitu sejenis alat potong terbuat dari besi yang berbentuk pipih serta tajam, para pengrajin gesit melakukan pekerjaannya.

Menurut Katmo (52) warga lain, produk anyaman bambu dari desa ini langsung diambil pabrik rokok. Jadi para pengrajin tidak usah repot-repot mencari pasar untuk menjual hasil karya anyamannya.

"Biasanya yang memesan adalah pabrik rokok dan gudang tembakau. Jadi untuk pemasaran kami tak ada kendala," imbuhnya.

Untuk membuat wadah tembakau dari anyaman bambu, Katmo membeli bahan baku berupa batang bambu yang harganya Rp5 ribu per batang. Bambu tersebut kemudian dibelah, ditipiskan, dan dikeringkan sehingga menjadi bahan yang berkualitas.

"Untuk satu batang biasanya bisa jadi 3 wadah tembakau. Harganya yang paling murah Rp20 ribu dan paling mahal Rp30 ribu. Tergantung musim,” pungkasnya. [her/mu]

Tag : anyaman bambu, kerajinan, bambu


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat