16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Momen Imlek, BPBD Prediksi Hujan Lebat Bakal Guyur Sejumlah Daerah

blokbojonegoro.com | Friday, 24 January 2020 12:00

Momen Imlek, BPBD Prediksi Hujan Lebat Bakal Guyur Sejumlah Daerah

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan dalam periode sepekan curah hujan dengan intensitas lebat bakal mengguyur beberapa wilayah Indonesia tak terkecuali wilayah Provinsi Jawa Timur, bahkan saat hujan turun juga berpotensi hujan disertai kilat/petir.

Hal itu, berdasarkan informasi rilis yang dikeluarkan oleh BMKG pusat. Dalam informasi itu, hujan intensitas lebat bakal mengguyur selama sepekan kedepan. Terjadinya hujan itu disebabkan beberapa peristiwa siklus cuaca yang terjadi diantaranya lapisan bawah udara cukup mudah tertangkap ke atmosfer.

Kepala BPBD Bojonegoro, Umar Ghoni mengungkapkan dalam sepekan, diprediksi sejumlah Provinsi di Indonesia tidak terkecuali Bojonegoro yang masuk wilayah Provinsi Jawa Timur bakal diguyur hujan lebat disertai dengan petir.

Lanjut Umar potensi hujan lebat itu dipicu karena sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia selatan Lampung yang diprakirakan akan terbentuk pada tanggal 24 hingga 26 Januari 2020 menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

"Selain itu, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer," tambahnya.

Masih kata Umar karena faktor tersebut bisa menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan cuaca awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat diantaranya Wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Papua.

Berdasarkan prakiraan itu, ada beberapa daerah berstatus siaga adanya dampak bencana banjir atau genangan akibat hujan lebat yang ditimbulkan. Adapun wilayah yang berstatus siaga yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.

Dengan informasi itu diimbau kepada masyarakat khususnya Bojonegoro agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.[saf/lis]

Tag : Hujan, bpbd, imlek



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat