20:00 . Peserta Diseminasi Aku Sehat Senam Bersama   |   19:00 . Aku Sehat Gelar Evaluasi Bersama Program   |   18:00 . Beri Masukan Pemangku Kebijakan, Paparkan Hasil KKN kepada Stakeholder   |   17:00 . Maknyus Lezatnya Sate Kelinci Khas Warung Online   |   16:00 . Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Bojonegoro Beri Penghargaan 10 UMKM Berprestasi   |   15:00 . Hore..! 124,5 Kilometer Jalan Rigid Beton Tahun Ini   |   14:00 . Izin Keluar, Cafe dan Karaoke Ini Siap Buka Kembali   |   13:00 . Dinas PUPR Kebut Perencanaan Jembatan Darurat   |   12:00 . Pemohon Paspor di UKK Imigrasi Masih Stabil   |   11:00 . Ikut Koalisi, Gerinda Merapat ke Pemkab, Benarkah?   |   10:00 . Kemenag Bojonegoro Benarkan Umroh Sementara Distop   |   09:00 . Ribuan Jamaah Hadiri Silaturohim IHM-NU Se-Bojonegoro   |   08:30 . Semangat Ikuti Semiloka Sahabat Pertamina   |   08:00 . Tajak Sumur di Trembes, Pertamina EP Gelar Syukuran dan Santunan   |   07:00 . Anak Balita Sangat Pendiam, Kenapa Ya?   |  
Sat, 29 February 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 04 February 2020 07:00

4 Manfaat Kegiatan Corat-coret untuk Anak Balita

4 Manfaat Kegiatan Corat-coret untuk Anak Balita

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Ketika anak sudah menginjak usia balita, salah satu kegiatan yang biasanya ia sukai adalah mencorat-coret, Moms. Melihat tembok yang bersih atau melihat kertas, si kecil pun langsung mengambil alat tulisnya dan langsung mencorat-coret sesuka hatinya.

Moms, jangan langsung memarahi anak balita jika ia melakukan hal itu. Sebab, mencorat-coret merupakan bagian dari perkembangan normal menuju penghalusan kemampuan motorik halus yang membutuhkan koordinasi mata dan tangan (sensomotorik).

Ya, jika balita Anda suka kegiatan mencorat-coret, siasati saja dengan berbagai hal agar kondisi tetap aman terkendali. Misalnya menetapkan satu area dinding saja untuk dicorat-coret.
Jelaskan hal ini pada si kecil. Katakan, "Kamu boleh corat-coret sepuasnya di tembok yang ada di depan kamarmu ini. Tembok yang lain, tidak untuk dicorat-coret.

Saat balita sedang suka corat-coret, ibu juga perlu menyeleksi alat tulis atau mewarnai yang ada di rumah. Pasalnya tidak semua alat tulis atau mewarnai aman bagi si kecil. Misalnya pulpen yang ujungnya terlalu tajam, pensil mekanaik dan spidol permanen.

Mengutip Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, umumnya, kegemaran mencorat-coret ini biasanya muncul sekitar anak berusia 1,5 tahun dan mulai berkembang saat ia berusia 2-4 tahun. Yuk, cari tahu, apa saja manfaat dari kegiatan mencorat-coret?

Pertama, melatih motorik. Tak hanya lengan, kegiatan mencorat-coret ini melibatkan pergerakan pergelangan tangan dan jari-jemari. Dengan begitu, selain motorik kasar, motorik halus pun ikut dilatih.

Kedua, melatih kreativitas dan imajinasi. Lewat mencorat-coret, anak akan bisa menuangkan apa saja yang ada dipikirannya, sehingga daya kreativitasnya semakin tergali.

Ketiga, bereksplorasi tanpa batasan. Dengan memberikan kebebasan anak untuk mencorat-coret, si kecil akan merasa bahwa ia bebas melakukan apapun yang diinginkannya tanpa harus takut dimarahi.

Keempat, mengasah cita rasa seni. Meskipun mungkin bentuk coretannya belum berarti atau bermakna apapun, bila Anda membiarkannya melakukan kegiatan ini, kemampuan seni terpendamnya bisa tergali, Moms.

Moms, meski aktivitas mencorat-coret punya berbagai manfaat untuk anak balita, jangan biarkan si kecil melakukannya sepanjang hari. Sebab, anak juga butuh melakukan kegiatan yang bisa mengasah kemampuan lainnya. Misalnya kegiatan yang dapat melatih kemampuan motorik kasar dan mengasah memorinya.

*Sumber: kumparan.com

Tag : anak, balita, pendidikan anak, coret tembok


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat