13:00 . Musim Durian Tiba Pedagang Dadakan Menjamur   |   12:00 . Curah Hujan Tinggi, Disperta Berharap Petani Daftar AUTP   |   11:00 . Inovatif, Pria Ini Sulap Kelengkeng Jadi Minuman Herbal Hingga Shampo   |   08:00 . Tahanan Polres Nikah, Prosesi Ijab Kabul Dikawal Polisi   |   07:00 . Mengenal Karakter Anak Berdasarkan Hari Lahirnya   |   22:00 . Terpilih Jadi Kades, Pria Ini Diarak Keliling Kampung   |   21:00 . Terpilih Jadi Kades Bangilan, M Safii Diarak dengan Lantunan Salawat   |   20:00 . Pasangan Pasutri Ini Jadi Kades di Kecamatan Kalitidu   |   19:00 . Warga Kalirejo Antusias Tunggu Hasil Rekapitulasi Pilkades   |   18:00 . Pilkades Kalitidu Berundian Motor Hingga Perkakas Elektronik   |   16:00 . Perhitungan Suara di Bangilan Mundur, Suasana Sempat Memanas   |   15:00 . Demi Datang ke TPS Warga Harus Lewati Dua Kecamatan   |   14:00 . Warga Pancur Meninggal Mendadak Saat Ikut Nyoblos   |   13:00 . Tak Mau Masuk Bilik Suara, Kakek di Pohbogo Takut Akan Disuntik   |   12:00 . Panitia Pilkades Bangilan Jemput Bola ke Rumah Warga yang Sakit   |  
Thu, 20 February 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 05 February 2020 12:00

Seleksi Ujian Tulis Bakal Calon Kepala Desa

Demi Lolos, Bakal Calon Kepala Desa Bawa Jimat

Demi Lolos, Bakal Calon Kepala Desa Bawa Jimat

 

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Menjadi Kepala Desa nampaknya masih jadi impian banyak orang di Kabupaten Bojonegoro. Tak heran, banyak yang melakukan segala cara agar bisa lolos seleksi. Salah satunya dengan membawa jimat yang dianggap bisa mempermudah prosesnya.

Seperti yang dilakukan salah satu peserta seleksi ujian tulis Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) yang digelar di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Rabu (5/2/2020).

Peserta seleksi yang tidak disebutkan namanya itu nekat membawa jimat saat akan masuk ke ruangan.

Salah satu panitia yang enggan disebutkan namanya ini mengatakan, sebelum peserta masuk ke ruangan, panitia secara ketat memeriksa terlebih dahulu barang bawaan para peserta dan tidak boleh membawa sesuatupun saat didalam ruangan. Bahkan, bolpoin pun juga sudah disediakan panitia. “Sebelum masuk ruangan peserta diperiksa terlebih dahulu. Saat digeledah, ternyata membawa bawaan berupa kertas putih yang didalamnya seperti sebuah bunga atau dedaunan,” katanya.

Barang bawaan yang dibawa peserta tersebut, langsung diamankan oleh panitia dan ditaruh dimeja depan ruangan. Setelah seleksi ujian tulis yang diikuti 54 peserta dari 8 desa 6 kecamatan tersebut nantinya selesai, barang yang dibawa peserta bisa dibawa kembali lagi.

Menanggapi hal itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bojonegoro, Djuana Poerwiyanto menuturkan biasanya para peserta sengaja mencari orang ‘pintar’ agar saat tes dipermudah. Dal hal itu, menurut Djuana memang diperbolehkan, asalkan tidak menggangu perlaksanaan ujian ini.

"Selagi memang tidak menggangu berjalanya ujian ya ndak papa, tetapi dari kita melarang membawa suatu barang yang mencurigakaan kedalam ruangan ujian," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Pada peserta seleksi lainnya, lanjut mantan Camat Balen tersebut diharapkan tidak percaya dengan benda-benda tersebut. Sebab, jika ingin lolos seleksi ujian syarat utamanya harus belajar dan faham agar bisa mengisi soal dari ujian itu.

“Yakinlah dengan kemampuan diri sendiri dalam menyelesaikan soal-soal yang diujikan," singkatnya.[din/ito]

 

Tag : Pilkades, serentak, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat