20:00 . Peserta Diseminasi Aku Sehat Senam Bersama   |   19:00 . Aku Sehat Gelar Evaluasi Bersama Program   |   18:00 . Beri Masukan Pemangku Kebijakan, Paparkan Hasil KKN kepada Stakeholder   |   17:00 . Maknyus Lezatnya Sate Kelinci Khas Warung Online   |   16:00 . Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Bojonegoro Beri Penghargaan 10 UMKM Berprestasi   |   15:00 . Hore..! 124,5 Kilometer Jalan Rigid Beton Tahun Ini   |   14:00 . Izin Keluar, Cafe dan Karaoke Ini Siap Buka Kembali   |   13:00 . Dinas PUPR Kebut Perencanaan Jembatan Darurat   |   12:00 . Pemohon Paspor di UKK Imigrasi Masih Stabil   |   11:00 . Ikut Koalisi, Gerinda Merapat ke Pemkab, Benarkah?   |   10:00 . Kemenag Bojonegoro Benarkan Umroh Sementara Distop   |   09:00 . Ribuan Jamaah Hadiri Silaturohim IHM-NU Se-Bojonegoro   |   08:30 . Semangat Ikuti Semiloka Sahabat Pertamina   |   08:00 . Tajak Sumur di Trembes, Pertamina EP Gelar Syukuran dan Santunan   |   07:00 . Anak Balita Sangat Pendiam, Kenapa Ya?   |  
Sat, 29 February 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 05 February 2020 11:00

Pilkades Serentak III

Sebanyak 54 Bakal Calon Kades Ikuti Ujian Tulis

Sebanyak 54 Bakal Calon Kades Ikuti Ujian Tulis

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Sebanyak 54 Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) dari 8 Desa dari 6 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro mengikuti tes ujian tulis di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Rabu (5/2/2020).

Masing-masing Bacakades mengikuti lima ujian tulis yang telah ditetapkan oleh tim Kabupaten Bojonegoro. Diantaranya yakni, mata pelajaran Kewarganegaraan, Pengetahuan Umum, Berhitung, Agama dan Bahasa Indonesia.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bojonegoro, Djuwana Poerwiyanto mengatakan bahwa tes tulis ini merupakan tahapan pilkades yang harus diikuti bakal calon kepala desa yang lebih dari lima peserta.

“Jadi Bacakades di suatu desa yang lebih dari lima harus mengikuti tes ini. Memang ketentuan dari peraturannya begitu dari 54 peserta, 10 diantaranya adalah perempuan," katanya.

Menurutnya, setelah ini pihaknya akan mengumumkan hasil tes melalui Panitia Pilkades masing-masing. Selanjutnya, diikuti dengan mengumumkan Bacakades menjadi Calon Kades.

"Habis ini langsung dikoreksi oleh tim daerah dan para peserta langsung bisa mengerti hasilnya. Setelah itu tanggal 6 Februari besok, langsung penepan calon kepala desa se Kabupaten Bojonegoro," sambungnya.

Pada tahap verifikasi administrasi kata dia, ada 668 Bacakades yang mengikuti seleksi. Hanya saja, lima orang diantaranya tak lolos administasi dengan keterangan berkas tidak lengkap. "Yang tidak memenuhi syarat administrasi ada 3, yang dua mengundurkan diri sebelum seleksi administrasi," paparnya saat dikonfirmasi.

Pelaksanaan tes tulis sendiri berlangsung sejak pukul 08.00 WIB. Dan baru selesai sekitar 12.35 WIB, setiap bakal calon kades mendapatkan jatah waktu sekitar 35 menit untuk menyelesaikan puluhan soal pilihan ganda.

Adapun 8 desa tersebut meliputi Desa Tembeling Kecamatan Kasiman, terdapat 6 orang bakal calon kades, Desa Sekaran Kecamatan Kasiman, terdapat 8 orang bakal kades) Desa Hargomulyo Kecamatan Kedewan, terdapat 6 orang bakal calon kades, Desa Tengger Kecamatan Ngasem, terdapat 7 orang bakal calon kades.

Kemudian Desa Wadang Kecamatan Ngasem, 8 orang bakal calon kades, Desa Banjarjo Kecamatan Padangan, terdapat 6 orang bakal calon, Desa Kuniran Kecamatan Purwosari, terdapat 6 orang bakal calon kades, Desa Glagahwangi Kecamatan Sugihwaras, terdapat 7 orang bakal calon kades.

"Nantinya sebanyak 233 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak gelombang ketiga di Bojonegoro pada 19 Februari 2020 mendatang," tutup mantan Camat Balen ini.[din/ito]

 

Tag : Pilkades, bojonegoro, cakades, pmd


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat