Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dari Tunggak Jati, Pono Kini Sukses Raup 50 Juta per Bulan

blokbojonegoro.com | Monday, 10 February 2020 17:00

Dari Tunggak Jati, Pono Kini Sukses Raup 50 Juta per Bulan

Kontributor : Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Kayu jati merupakan material paling popular, dan dianggap berkelas, karena kuat, antirayap, dan mahal. Kayu jati berasal dari pohon jati yang diklasifikasikan dalam famili Verbenaceae. Jati hanya bisa tumbuh di iklim tropis.

Bisnis di sektor perhutanan seperti pohon jati memiliki potensi bisnis jangka panjang yang cukup menarik. Namun belum banyak yang berminat berbisnis di sektor ini lantaran tak punya informasi yang lengkap ke mana pohon-pohon penghasil kayu tersebut dijual bila sudah panen nanti.

Pono (48) warga Desa Nglampin, Kecamatan Ngambon mengawali usaha kerajinan kayu jati erosi kini menjadi pengusaha sukses. Omset usahanya lebih dari Rp 50 juta per bulan.

Ketika blokBojonegoro.com bertandang ke rumahnya akar jati erosi yang tumpukan rapi terlihat di depan teras rumahnya. Di belakang rumah, suara mesin pemotong dan penghalus kayu menderu-deru seolah sedang berlomba.

Pegawainya silih berganti mengangkuti akar-akar jati untuk didekatkan mesin pemotong. Akar-akar tersebut terlihat seolah sedang menunggu giliran.

"Sudah hampir 10 tahun saya menggeluti produksi akar kayu jati ini, awalnya bingung mau bisnis apa, melihat potensi yang ada banyaknya tunggak kayu jati lalu saya berinisiatif untuk memanfaatkanya," ujar Pono.

Semua barang buatanya di pilih dari bahan akar kayu jati. Menurutnya, akar itu sangat keras, tak perlu dibentuk lagi, tinggal mengikuti bentuk asli akarnya saja lalu dihaluskan, sudah jadi bagus.

"Bentuk-bentuk akar itu beragam, kalau sedang nasib baik, bisa mendapatkan bentuk binatang. Bentuk itu banyak peminatnya dan harganya lumayan dibanding yang biasa", tambahnya.

Dari tahun ke tahun, bisnis kerajinan Pono berkembang. Sekarang ia menjual akar kayu jati yang sudah berbentuk meja konsul, kursi, jamur, dan souvenir.

Benda-benda itu masih setengah jadi, harganya dipatok mulai Rp 50.000 hingga RP 5 juta untuk ukuran besar.[her/ito]

Tag : kerajinan, akar, kayu, jati, ngambon, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini