Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 13 February 2020 10:00

Kemenag Bojonegoro Hadiri Desiminasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Bidang Balitbang

Kemenag Bojonegoro Hadiri Desiminasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Bidang Balitbang

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kementerian Agama (Kemenang) Bojonegoro menghadiri agenda desiminasi hasil penelitian dan pengembangan bidang Balitbang yang digelar di Aston Hotel Bojonegoro.

Agenda ini dihadiri 10 peserta dari Kemenang Bojonegoro, yakni Kepala Seksi Madrasah,  Kepala Madrasah Aliyah Islamiyah Malo, perwakilan Man 2 Bojonegoro, perwakilan ketua Pok jawas Madrasah, Pengawas Madrasah Aliyah, sekaligus dihadiri pula oleh Samidi kepala Balai Litbang Semarang dan M. Syamsuri Kepala Kemenag Bojonegoro.

M. Syamsuri, Kepala Kemenang Bojonegoro mengatakan, dalam pembinaan ini kata kunci keberhasilan pendidikan yakni di pengawas. Sebab di tangan pengawas yang baik akan tumbuh guru-guru berkualitas. Selain itu pengawas juga memiliki peran penting.

"Peran penting pengawas yakni terhadap peningkatan kualitas pendidikan, mulai pembelajaran dari  RA, MTs dan MA. Selain itu keberadaan pengawas dilindungi undang undang dalam melaksanakan amanah," ujar M. Syamsuri.

Masih kata Syamsuri, pihaknya juga mengatakan, selain peran penting, pengawas juga memiliki tugas yakni berupa pengawasan manajerial dan pengawasan akademik. Meliputi pembinaan terhadap guru maupun tenaga pendidik.

"Salah satu tugas pengawas tentunya sebagai mitra guru dan pendidik sebagai inovator. Selain itu pengawas juga harus bisa menjadi branding Madrasah," katanya.

Sementara itu di lokasi yang sama, Samidi, Kepala Balai Litbang Agama Semarang menandaskan, ruang dimensi kompetensi pengawas meliputi kompetensi kepribadian,  kompetensi sosial, kompetensi supervisi manajerial, kompetensi supervisi akademik, kompetensi evaluasi pendidikan, kompetensi penelitian dan pengembangan.

"Fungsi guru dituntut sebagai pengajar/mu'alim dan uswah, di tingkat pengawas itu sebagai uswah, dan pembimbing,  sebagai murokib (pengawas). Serta pinsip pengawas yakni trust, realistik, utility, supporting dan testable," tutup Samidi kepada blokBojonegoro.com. [liz/mu]

Tag : kemenag


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini