Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 22 February 2020 16:00

Belajar Pertanian, Siswa SMPN 1 Balen Kunjungi Griyorojokoyo

Belajar Pertanian, Siswa SMPN 1 Balen Kunjungi Griyorojokoyo

Pengirim : Iskak Riyanto*

blokBojonegoro.com - Sebagai negara agraris, Indonesia kaya dengan aneka macam tumbuhan dan tanaman yang sangat menarik untuk dipelajari. Baik cara budidaya, kandungan nutrisi, dan potensi pasarnya.

Ilmu pertanian adalah ilmu yang mempelajari tata cara mengelola tanaman, hewan dan ikan serta lingkunganya agar dapat memberikan hasil yang semaksimal mungkin.

Pada dasarnya setiap individu mengantungkan hasil pertanian sebagai sumber pangan untuk menunjang kehidupan sehari-sehari. Maka sudah sepatutnya bila individu dikenalkan dunia pertanian sejak dini.

Untuk mengetahui lebih dekat dunia pertanian, kelompok kerja Toga SMPN 1 Balen, Kabupaten Bojonegoro mengunjungi kebun percobaan mina padi plus milik lembaga pelatihan kerja (LPK) Griyorojokoyo yang berada di Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen.

Kepala SMPN 1 Balen, Lukiswati yang ikut mendampingi siswa dalam kunjungan ini mengatakan, pentingnya mengenalkan pada anak-anak sejak dini tentang dunia pertanian.

"Pada usia dini (usia sekolah) sangat penting dikenalkan pertanian untuk mengetahui sumber pangan dan nutrisi yang diperoleh dari tanaman," ujar Lukiswati di sela-sela memetik buah jambu kristal yang dikelola LPK Griyorojokoyo beberapa waktu yang lalu.

Lukiswati menambahkan hasil kunjungan ditindaklanjuti kerjasama pihak SMPN 1 Balen dengan LPK yang bergerak dibidang pertanian ini untuk mengelola lahan kosong di belakang sekolah.

"Di belakang SMPN 1 ada lahan yang lumayan luas dan mulai dikerjakan bersama Griyorojokoyo untuk ditanami aneka buah dan sayur, sebagai edukasi siswa untuk belajar di luar kelas," kata Lukiswati.

Hal yang sama dikatakan sekretaris LPK Griyorojokoyo, Abdul Mukarom saat mendampingi siswa melihat dan belajar langsung di kebun percobaan bahwa tindak lanjut kunjungan ini adalah kerjasama pengelolaan lahan kosong di belakang sekolah untuk pembelajaran siswa.

"Rencananya nanti kita tanami terung, tomat, kacang panjang, buncis, cabai, sawi, dan mentimun. Untuk buah kita siapkan mangga, jambu, dan buah naga. Juga kita tanami tanaman obat keluarga (apotek hidup)," kata Abdul Mukarom, Sabtu (22/2/2020).

Pria yang mempunyai panggilan Mbah Doel ini menerangkan, kebun percobaan LPK Griyorojokoyo seluas 1.400 m2 dengan model mina padi plus tanaman buah dan sayur.

Di sini ditanami jambu biji merah dan kristal, kelengkeng, mangga podang, nangka, pisang, dan sayur-sayuran. Di mina padi disebari ikan nila dan tawes yang saat ini berumur 4 bulan. Untuk padi kebetulan sudah panen, tapi lumbu bentoel sebagai tumpang sari masih ada ini.

"Dengan kehadiran siswa di kebun percobaan ini semoga mereka lebih mencintai dan peduli kepada lingkungan hidup serta memupuk rasa cinta tanah air," harap Mbah Doel.

*PPL Disperta Bojonegoro

 

Tag : Pertanian, balen, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini