16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |   22:00 . Kolaborasi Pemkab dan Media, Membangun City Branding Kabupaten Bojonegoro   |   17:00 . BRI Peduli Salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Banjir di Demak   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

28 Ribu Kartu Pedagang Produktif Tercetak, Tahun Ini Disdag Target 31 Ribu

blokbojonegoro.com | Saturday, 29 February 2020 18:00

28 Ribu Kartu Pedagang Produktif Tercetak, Tahun Ini Disdag Target 31 Ribu

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro, menargetkan pencetakan Kartu Pedagang Produktif (KPP) mencapai 31 ribu keping pada tahun 2020. Program untuk akses modal pedagang itu merupakan salah satu janji Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah sewaktu pemilihan kepala daerah (Pilkada).

"Sampai saat ini, kita sudah mencetak 28 ribu kartu pedagang produktif yang telah kita cetak, sejak diluncurkan pada pertengan Januari 2019 dan kita menargetkan 31 ribu keping tercetak pada tahun 2020, bahkan bisa sampai lebih," ungkap Plt. Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro, Sukaemi.

KPP sendiri merupakan salah satu cara Pemkab Bojonegoro untuk memfasilitasi para pedagang, baik di perkotaan maupun di kecamatan untuk memperoleh pinjaman bank dengan bunga rendah untuk modal usaha mereka. Dalam hal ini Dinas Perdagangan menggandeng Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dengan bunga 0,5 persen.

Namun bagi para pedagang yang akan memperoleh bantuan, sebelumnya harus melalui seleksi terkait kemampuan pedagang dalam berbisnis. Para pedagang yang terpilih akan memperoleh kartu pedagang produktif yang bisa dimanfaatkan untuk memperoleh pinjaman di bank.

"Para pedagang juga harus melalui survei terlebih dahulu, apakah mereka mempunyai cicilan di bank atau tidak, kalau ada yang mempunyai cicilan di bank tidak bisa meminjam. Karena, salah satu syarat untuk bisa mencairkan bantuan peminjaman harus tidak mempunyai hutang di bank," lanjut Sukaemi.

Terkait manfaat KPP, pemilik kartu bakal mendapatkan fasilitas akses permodalan maksimal 25 juta di Perusahaan Daerah Bank Daerah Bojonegoro. Tak hanya itu, para pedagang juga mendapat pelatihan kewirausahaan, kemudahan akses kemitraan, kemudahan pelayanan perijinan usaha, kemudahan mendapatkan sertifikasi produk dan fasilitas hak paten.

Disinggung terkait kepemilikan kartu akan diserbu pemohon abal-abal, mantan Camat Tambakrejo tersebut menegaskan tidak akan terjadi. Sebab, pemohon harus mendapatkan keterangan dari kepala desa. Termasuk di kartunya tersedia barcode, di dalamnya terdapat data pemilik yang terintegrasi dengan aplikasi Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro.

"Untuk mendapatkan Kartu Pedagang Produktif ini, masyarakat bisa datang ke Mal Pelayanan Publik Bojonegoro, yang berada di jalan Veteran dengan melengkapi syarat yang telah ditetapkan," pungkasnya kepada blokBojonegoro.com. [din/mu]

Tag : kartu pedagang produktif, disdag



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat