18:00 . Bagikan Sembako, Zahir Mania Baksos Ke Daerah Pelosok   |   17:00 . PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu Membagikan Alat Penagkal Covid-19   |   16:00 . Jumlah ODP Bojonegoro Masih Ada 53 Orang   |   15:00 . Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Serahkan Alat Protokol Kesehatan   |   14:00 . 4 Kades di Sugihwaras Dilantik Melalui Vidcon, Satu Kades Langsung Oleh Bupati   |   13:00 . Lantik 109 Kepala Desa, Bupati Berpesan Warga Bojonegoro Tunda Mudik   |   12:00 . Live Streaming: Pelantikan Kepala Desa Tahap II   |   11:00 . Pekerja Migas di Bojonegoro Jalani Rapid Tes   |   10:00 . Tangkal Covid-19, Personil Polres Dapat Extra Fooding   |   09:00 . Hulu Turun, Air Bengawan di Bojonegoro Masih Naik   |   08:00 . Update Perkembangan Covid-19 di Jawa Timur dan Bojonegoro Per 5 April   |   07:00 . 5 Alasan Kenapa Perhatian Laki-laki Berkurang Setelah Jadian   |   20:00 . Kalianyar Tidak Termasuk Pemberhentian, Bus Langsung ke Terminal   |   19:00 . Pemkab Siapkan 14 Titik Pemberhentian Bus   |   18:00 . BPBD Salurkan Bantuan Paket Sembako Kepada Pedagang Kantin Sekolah   |  
Mon, 06 April 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 04 March 2020 10:00

Air di Sendang Pradok Bubulan Tak Pernah Habis

Air di Sendang Pradok Bubulan Tak Pernah Habis

Kontributor : Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Sendang Pradok yang berada di tengah hutan, tepatnya ada di barat Dusun Pradok, Desa/Kecamatan Bubulan, Bojonegoro. Sendang Pradok merupakan cikal bakal Dusun Pradok, yang diyakini, sendang itu dulu sebagai tempat pandai besi, alias empu yang aktifitasnya membuat berbagai bentuk senjata tajam seperti keris, pedang, tombak dan senjata-senjata lainnya.

Setiap tahun, sendang yang berada di wilayah hutan RPH Pradok dan BKPH Pradok itu, masih di tempati perayaan sedekah bumi atau yang biasa disebut manganan. Saat kegiatan itu, ada acara selamatan dan memberikan sesaji kepada arwah nenek moyang Dusun Pradok itu.

Menurut juru kunci Sendang Pradok, Mbah Gun, sendang yang berada di utara jalan poros kecamatan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Bubulan ke Pal Daplang, Dusun Sambirejo, Desa Setren, Kecamatan Ngasem itu, masih banyak dikunjungi masyarakat sekitar dan warga dari berbagai daerah dan kota-kota besar datang ke sendang itu untuk ngalap berkah.

"Sedekah bumi dilaksanakan tiap malam Jum’at Pon, usai panen padi warga Dusun Pradok, Desa Bubulan, Kecamatan Bubulan. Begitu juga, untuk ngalap berkah ke sendang itu, baiasanya juga setiap hari Jum’at Pon," tegasnya.



Berdasarkan data yang berhasil dihimpun blokBojonegoro.com dari warga sekitar mengatakan, sumber air Sendang Pradok tak pernah kering. Jika musim kemarau, sendang Pradok itu diserbu oleh warga sekitar untuk mengambil air. Bahkan, banyak orang yang mengambil dengan menggunakan truk tangki.

"Sendang Pradok itu dipompa pakai mesin diesel juga tidak bisa habis dan airnya cukup jernih. Bahkan diyakini, air yang diambil dari Sendang Pradok itu sangat bening dan bisa langsung diminum. Diyakini, air Sendang Pradok itu, bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit," kata Budi (80) penjaga pos perhutani RPH Pradok.

Ditambahkan, bagi wanita yang sedang mengalami haid, tidak boleh masuk halaman sendang apalagi mengambil air. "Jika pantangan itu dilanggar, maka mereka bisa sakit dan nggak bisa disembuhkan," tegasnya.[her/ito]

Tag : sendang, pradok, bubulan, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 30 March 2020 12:00

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh Petani Desa Tinumpuk, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro berhasil menanam waluh (labu kuning) tumpangsari dengan pohon pisang di tegalannya. Suparno bisa memanen waluh muda 40 buah setiap hari, karena sayuran...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat