16:00 . Diduga Korleting Listrik, 4 Rumah Warga Kasiman Terbakar   |   15:00 . Ada Dua Mekanisme Daftar Ulang Siswa Baru Jenjang SMP   |   13:00 . Rapid Tes Peserta UTBK Membludak, Tetap Sesuai Protokol Kesehatan   |   12:00 . Ratusan Calon Mahasiswa Baru Antre Rapid Tes   |   11:00 . Seratusan Santri Lirboyo Asal Bojonegoro Mulai Balik Pondok   |   10:00 . Mayat Wanita Ditemukan Mengapung di Bengawan   |   09:00 . Bolang-baling dan Cakwe Camilan Lezat Khas Negeri Tirai Bambu   |   08:00 . Pasar Buah Banjarejo Mulai Dibongkar   |   07:00 . Demi Manfaat Maksimal, Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi   |   22:00 . Warga Bojonegoro Terkonfirmasi Positif Bertambah 6 Orang   |   21:00 . Pesan Direktur Utama Pertamina EP pada MWT di PEP Asset 4 Poleng Field   |   20:00 . Banyak SMP Negeri Kurang Pagu, Disdik Data Siswa yang Masuk Swasta   |   18:00 . Pencetakan KIA di Bojonegoro Sudah Capai 50 Persen   |   16:00 . Tunjukkan Kreatifitasmu di Lomba Video Film Pendek   |   15:00 . BPBD Anggarkan Rp425 Juta untuk Droping Air Bersih   |  
Sat, 04 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 04 March 2020 10:00

Air di Sendang Pradok Bubulan Tak Pernah Habis

Air di Sendang Pradok Bubulan Tak Pernah Habis

Kontributor : Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Sendang Pradok yang berada di tengah hutan, tepatnya ada di barat Dusun Pradok, Desa/Kecamatan Bubulan, Bojonegoro. Sendang Pradok merupakan cikal bakal Dusun Pradok, yang diyakini, sendang itu dulu sebagai tempat pandai besi, alias empu yang aktifitasnya membuat berbagai bentuk senjata tajam seperti keris, pedang, tombak dan senjata-senjata lainnya.

Setiap tahun, sendang yang berada di wilayah hutan RPH Pradok dan BKPH Pradok itu, masih di tempati perayaan sedekah bumi atau yang biasa disebut manganan. Saat kegiatan itu, ada acara selamatan dan memberikan sesaji kepada arwah nenek moyang Dusun Pradok itu.

Menurut juru kunci Sendang Pradok, Mbah Gun, sendang yang berada di utara jalan poros kecamatan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Bubulan ke Pal Daplang, Dusun Sambirejo, Desa Setren, Kecamatan Ngasem itu, masih banyak dikunjungi masyarakat sekitar dan warga dari berbagai daerah dan kota-kota besar datang ke sendang itu untuk ngalap berkah.

"Sedekah bumi dilaksanakan tiap malam Jum’at Pon, usai panen padi warga Dusun Pradok, Desa Bubulan, Kecamatan Bubulan. Begitu juga, untuk ngalap berkah ke sendang itu, baiasanya juga setiap hari Jum’at Pon," tegasnya.



Berdasarkan data yang berhasil dihimpun blokBojonegoro.com dari warga sekitar mengatakan, sumber air Sendang Pradok tak pernah kering. Jika musim kemarau, sendang Pradok itu diserbu oleh warga sekitar untuk mengambil air. Bahkan, banyak orang yang mengambil dengan menggunakan truk tangki.

"Sendang Pradok itu dipompa pakai mesin diesel juga tidak bisa habis dan airnya cukup jernih. Bahkan diyakini, air yang diambil dari Sendang Pradok itu sangat bening dan bisa langsung diminum. Diyakini, air Sendang Pradok itu, bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit," kata Budi (80) penjaga pos perhutani RPH Pradok.

Ditambahkan, bagi wanita yang sedang mengalami haid, tidak boleh masuk halaman sendang apalagi mengambil air. "Jika pantangan itu dilanggar, maka mereka bisa sakit dan nggak bisa disembuhkan," tegasnya.[her/ito]

Tag : sendang, pradok, bubulan, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat