13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dorong UMKM Naik Kelas, ini yang Dilakukan Pertamina

blokbojonegoro.com | Wednesday, 04 March 2020 12:00

Dorong UMKM Naik Kelas, ini yang Dilakukan Pertamina

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - PT Pertamina (Persero), melalui Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus mengikutsertakan mitra binaan dari Program Kemitraannya dalam Pameran Batik Bordir & Aksesoris yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, 4-8 Maret 2020 di Grand City Exhibition Hall, Surabaya.

Dalam pameran  yang secara resmi dibuka oleh Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin ini, Pertamina menghadirkan enam mitra binaan dengan produk unggulannya, di antaranya adalah Omah Batik Klambie, Namine, Batik Retno Aji, Jokotole Collection, Rati Busana Etnik, dan Tenun Gedogan Putri Rinjani. Mitra binaan ini menampilkan produk-produk terbaiknya seperti kreasi tas goni, batik tulis alam, batik tulis Madura, dan kain tenun Lombok.

“Adanya kegiatan ini merupakan upaya untuk memperkenalkan produk-produk unggulan dari pengusaha-pengusaha lokal yang berada di Jawa Timur, selain itu juga untuk mempromosikan budaya-budaya yang berada di Jawa Timur,” kata Arumi Bachsin.

Ia juga menyampaikan bahwa Dekranasda fokus bukan hanya kepada produk, namun juga kepada sumber daya manusia yang dimiliki oleh Jawa Timur agar dapat bersaing secara global di pasar nasional maupun internasional.

“Batik sendiri kita tahu merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah terkenal di mancanegara, untuk itu hari ini kami menggelar kegiatan untuk memberikan akses kepada pengusaha lokal untuk memamerkan produk unggulannya, baik itu batik maupun kerajinan tangan di acara ini”, tambahnya.



Salah satu mitra binaan Pertamina, Retno Setyowati pemilik dari Batik Retno Aji merupakan mitra binaan Pertamina yang telah bermitra dengan Pertamina semenjak tahun 2016. Wanita asal Lamongan yang memiliki minat dan bakat dalam pewarnaan batik ini mulai menekuni usahanya dalam membuat batik semenjak bergabung menjadi mitra binaan Pertamina. Produk-produk yang dimilikinya adalah produk batik tulis dan batik cap dengan nuansa warna alam.

“Semenjak bergabung dengan Pertamina, usaha kami mendapatkan tambahan modal sehingga mendorong peningkatan penjualan, peningkatan omzet, peningkatan pendapatan, dan juga dilibatkan ketika ada pameran-pameran,” ujarnya.

Retno sendiri mengakui bahwa pendapatannya meningkat sebesar 50% setelah bergabung menjadi mitra binaan Pertamina, dirinya mengaku pendapatannya sebesar 5-10 Juta per Bulan sebelum bergabung dengan Pertamina, saat ini dapat mengantongi pendapatan hingga 15 Juta per bulannya.

"Jangkauan pasar juga menjadi lebih luas, sejauh ini tidak hanya di Indonesia, namun mulai dapat merambah ke pasar luas seperti ke Sri Lanka, India, dan Thailand,” tambah Retno.

Unit Manager Communication & CSR MOR V Jatimbalinus, Rustam Aji, mengatakan, Pertamina turut melibatkan mitra binaannya dalam setiap pameran sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat, selain itu sebagai bentuk dorongan kepada pengusaha dan produk lokal dari setiap daerah yang ada di wilayah MOR V agar dapat mengembangkan bisnisnya serta meningkatkan pendapatan dan mengenalkan produknya lebih luas lagi.

Program Kemitraan sendiri ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasi Pertamina.

Pola pendampingan, pembinaan, pelatihan yang terarah serta pemberian fasilitas promosi dan pengembangan pasar dalam ajang pameran, merupakan salah satu cara dalam mendampingi mitra binaan Pertamina untuk tumbuh dan berkembang.

"Keikutsertaan mitra binaan ini merupakan wujud komitmen Pertamina yang turut membantu UKM dan IKM agar dapat berdiri secara mandiri serta turut membangun perekonomian masyarakat disekitar wilayah kerja dari Pertamina," tutup Rustam. [ito]

Tag : pertamina, mor, surabaya, dekranasda, l



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat