Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Prediksi Awal Puasa 24 April

blokbojonegoro.com | Monday, 09 March 2020 12:00

Prediksi Awal Puasa 24 April

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Meski bulan puasa masih terbilang masih lama, namun Kementerian Agama (Kemenag) Bojonegoro, memperkirakan jatuhnya awal puasa tahun 2020 ini bersamaan. Diprediksi awal Ramadhan akan jatuh pada tanggal 24 April 2020 mendatang, dikarenakan posisi bulan atau hilal sudah pada posisi   4 derajat.

Hal itu diungkapkan oleh Kasi Penyeleggara Syariah, Kemenag Bojonegoro, Nur Alam. Menurutnya dengan prediksi kondisi hilal seperti itu dan sudah bisa dilihat, maka bisa dipastikan awal puasa bakal jatuh pada Jumat (24/4/2020) mendatang.

"Diprediksi tinggi hilal pada Jumat (24/4/2020) nanti, sudah berda di 4 derajat 3 menit 23 detik," terang Nur Alam kepada blokBojonegoro.com.

Pria Asal Kabupaten Tuban ini melanjutkan, perkiraan itu pastinya, berdasarkan hisab atau perhitungan awal puasa yang telah dilakukan. Sehingga dengan kondisi awal 1 ramadhan bisa dipastikan, namun biasanya, yang menjadi perbedaan awal puasa itu, manakala posisi bulan berada di bawah 2 derajat. "Namun diprerkirakan awal puasa tahun ini, akan bersamaan," cakap Nur Alam.

Meski secara perhitungan awal puasa sudah dilakukan, namun demikian, harapannya bisa  dikuatkan dengan melakukan rukyatul hilal seperti biasanya. Diakui dengan begitu, awal puasa bisa disetujui dan bisa kuat atau valid perhitungannya.

"Rencananya rukyatul hilal yang dilakukan Kemenag akan dilaksanakan pada Kamis (23/4/2020) mendatang," ucapnya.

Pada pelaksanaan rukyatul hilal yang dilaksanakan oleh Kemenag Bojonegoro dan BHR juga akan menggandeng Ormas Islam, Pemkab Bojonegoro, Pengadilan dan MUI guna melihat langsung rukyatul hilal yang dilakukan. [saf/lis]

Tag : Puasa, bulan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini