07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Corona, Jangan Panik

Bupati Ajak Masyarakat Tetap Tenang dan Waspada

blokbojonegoro.com | Sunday, 15 March 2020 14:00

Bupati Ajak Masyarakat Tetap Tenang dan Waspada

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Minggu (15/3/2020) Bupati Bojonegoro bersama Kapolres Bojonegoro, Dandim 0813 Bojonegoro, Ketua DPRD Bojonegoro, Kepala Kejaksaan Negeri Bojonegoro, Sekretaris Daerah serta beberapa OPD dan Camat beserta jajarannya melakukan rapat koordinasi pencegahan Virus Covid-19 di Ruang Angling Dharma Pemkab Bojonegoro.

Rapat Koordinasi tersebut bertujuan untuk mengambil langkah sekaligus sosialisasi pelaksanaan preverentif pencegahan penyebaran Covid-19 serta Penanganan dan penyiapan sarana dan prasarana serta Lock Down agar masyarakat mengerti Covid-19, begitu pula cara pencegahan dan penanganannya.

Virus Covid-19 atau Virus Corona merupakan penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang bisa berakibat fatal, penyakit infeksi ini berasal dari Wuhan Tiongkok. Virus ini ditandai dengan Demam 38 Derajat Celsius, Batuk, Pilek, Sakit tenggerokan, Lemah Lesu dan Sesak Nafas.

Per tanggal 14 Maret 2020, di Indonesia dari jumlah yang diperiksa 1.013 orang, 96 orang positif Covid-19 dan 917 orang Negatif Covid-19. Dari 96 kasus postif Covid-19 terdapat 5 pasien yang meninggal dan 8 pasien yang sembuh.

Sementara itu di Jawa Timur pertanggal 13 Maret 2020 belum ada kasus konfirmasi Covid-19 dari 18 orang yang diperiksa. Sebanyak 14 dari orang dinyatakan Negatif Covid-19, dan 4 orang telah dilakukan pengambilan spesimen. Sebanyak 10 dari 18 orang yang diperiksa adalah dalam pemantauan (ODP), sedangkan 8 orang lainnya merupakan pasien dalam pengawan (PDP).

Selanjutnya di Bojonegoro sampai dengan tanggal 13 Maret 2020 tidak ditemukan kasus suspek atau konfirmasi Covid-19.

Menurut data kedatangan warga Bojonegoro dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur yang merupakan rekap data dari Health Alert Card KPP, ada 58 orang yang telah terdata dg rincian sebagai berikut : 23 orang sudah selesai dilakukan pemantauan selama 14 hari, 18 orang masih dalam pemantauan, yang sudah kembali ke Malaysia 7 orang, yang sudah kembali ke daerah asal luar Bojonegoro 5 orang, 1 orang belum ditemukan alamat jelasnya, 3 orang dideportasi, dan 1 orang yang dirawat dengan kondisi khusus akibat penyakit paru dan bukan suspek Covid-19.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro telah melakukan beberapa upaya diantaranya :

  1. menyebarkan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait Novel Coronavirus (Covid-19) melalui Puskesmas, siaran radio dan media masa.
  2. RSUD Dr. R. Sosodoro Sjatikoesoemo telah menjadi Rumah Sakit Rujukan Coronavirus (Covid-19).
  3. Melakukan pertemuan program surveilans (disampaikan pencegahan dan penanggulangan Covid-19) dan tatalaksana PD3I bagi petugas Puskesmas dan Rumah Sakit se Kabupaten Bojonegoro.
  4. Mengusulkan 2 RSUD tambahan sebagai backup. 
  5. Koordinasi dengan Polres, Kodim 0813 serta Kantor Imigrasi Bojonegoro terkait pelacakan kepulangan warga Bojonegoro dari Negara terjangkit Covid-19, dan melakukan pemantauan kepada warga Bojonegoro yang datang dari Negara terjangkit Covid-19 selama 14 hari.
  6. Skrining kepada warga yang baru dating dari luar kota di Poskes Stasiun dan Terminal Bojonegoro dengan mengisi kartu kewaspadaan Covid-19 7. Membuka pusat Informasi Covid-19 di call center 08113251666 8. Mengupakan penerapan protokol pencegahan Covid-19 di Transportasi dan Area Publik, untuk penyelanggaraan acara skala besar, di pasar, pedagang kaki lima dan restoran, area institusi pendidikan, komunikasi publik.Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam sambutanya menyampaikan kita tetap harus menggunakan protokol dari pemerintah pusat tentang pencegahan dan penanganan Covid-19.

Dalam sosialisasi tersebut terdapat materi tentang pencegahan, penanganan, di fase Lock Down ini berharap tidak terjadi karena lebih baik melakukan pencegahan.

Bupati yang biasa disapa Bu Anna juga memberi himbauan kepada Kantor Pemerintahan, Kantor Pelayanan, tempat perdagangan harus ada Hand Sanitiezer atau Cuci Tangan dan himbauan itu juga untuk seluruh masyarakat bagi yang akan melakukan perjalanan keluar kota agar mengisi formulir, pada formulir itu akan berisi kemana akan pergi dan kepada siapa saja berinteraksi.

"Dengan langkah-langkah yang diambil dan sosialisasi berharap agar seluruh masyarakat Bojonegoro paham betul tentang Coronavirus atau Covid-19 dan tata cara penanganan dan pecegahannya agar masyarakat tetap tenang dalam menghadapi wabah penyakit ini," pesan Bupati perempuan pertama Bojonegoro ini.

Bupati juga mengimbau agar masyarakat tidak serta merta menerima dan menyebarluaskan informasi tidak benar atau HOAX dari media sosial begitu saja terkait virus corona ini.[saf/ito]

Tag : Virus, corona, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat