16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jelang UNBK 2020, Begini Kesiapan Beberapa SMP di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Tuesday, 17 March 2020 13:00

Jelang UNBK 2020, Begini Kesiapan Beberapa SMP di Bojonegoro Kepala SMPN 1 Kapas, Bambang Hadi



Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sejak tahun 2016, Kementrian Pendidikan mengubah ujian nasional menjadi berbasis komputer, hal ini tentu saja mengharuskan sekolah untuk menyiapkan semuanya dengan sangat matang, terutama dalam hal teknisi termasuk ketersediaan komputer yang harus memadai.

Beberapa SMP di Bojonegoro nampak telah siap untuk mengikuti proses berlangsungnya Ujian Nasional Bebasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan pada April 2020 mendatang.

Salah satunya SMPN 6 Bojonegoro. Kepala SMPN 6 Bojonegoro, Lasiran mengatakan, kesiapan UNBK 2020 telah dilengkapi oleh sekolah yakni dengan adanya peralatan komputer serta ruang laboratorium yang memadai bagi siswa yang akan mengikuti ujian.  "Sarana dan prasarana sudah lengkap dan siap digunakan oleh siswa SMPN 6 yang menjadi peserta UNBK 2020 nantinya," terangnya.

Pihaknya menambahkan, selain ada 84 komputer serta 3 server. Sekaligus ujian akan berlangsung selama 3 Hari pada bulan April 2020 mendatang. "Dari SMPN 6 sendiri telah menyediakan 84 komputer serta 3 server yang akan mendukung prosesi UNBK 2020 nantinya," terang Lasiran.

Lasiran juga menjelaskan, untuk menghadapi ujian, para siswa telah melaksanakan simulasi UN serta berbagai persiapan try out baik tinggkat Kabupaten.

Selain itu, pihak SMPN 6 Bojonegoro juga telah melakukan beberapa strategi, diantaranya. Pemetaan standart kelulusan (SKL), perakitan dan perumusan soal-soal, pembimbingan reguler, serta pembimbingan terpola berdasarkan tingkatan anak didik baik dilakukan sebelum jam kegiatan belajar mengajar (KBM) maupun usai KBM reguler.

"Setiap minggu kita ubah kita kembali dalam rangka proses pembimbingan, pengukuran ketercapain standar kelulusan melalui soal try out," jelas Lasiran.

Lasiran berharap kepada para siswa SMPN 6 untuk dapat mengikuti dengan baik segala proses yang telah dipersiapkan oleh sekolah untuk UNBK 2020, serta dari 4 startegi yang telah diterapkan oleh sekolah, pihaknya berharap UNBK tahun ini SMPN 6 Bojonegoro mampu tembus 10 besar UNBK baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi.

Sementara itu, SMP Negeri 1 Kapas juga telah menyiapkan beberapa kesiapan terkait pelaksanaan UNBK pada April 2020 mendatang. Di antaranya kesiapan materi-materi UNBK, kesiapan komputer yang akan dipergunakan selama UNBK, kesiapan mental serta memperhatikan protokol kesehatan dalam UNBK.

"Untuk pelaksanaan UNBK sendiri, nantinya SMP Negeri 1 Kapas telah menyediakan 87 Komputer serta 3 server untuk kesiapan UNBK 2020," imbuh Kepala Sekolah SMPN 1 Kapas, Bambang Hadi kepada blokBojonegoro.com

Masih kata Bambang Hadi, dari pihak sekolah sendiri tentunya juga telah menyiapkan beberapa materi sebagai bekal siswa ketika akan menghadapi UNBK 2020 sekaligus pendalaman mental siswa berupa doa bersama.

"Untuk materi-materi baik itu try out maupun bimbingan belajar juga telah dipersiapkan secara matang oleh pihak sekolah. Sekaligus menyiapakan psikis anak yakni melalui doa bersama baik kepada para orang tua maupun guru, namun orang tua lebih utama sebagai ridho anak," ungkapnya.

Terkait mewabahnya Corona virus, dari pihak sekolah juga dihimbau untuk menyiapkan serta memperhatikan protokol kesehatan dalam UNBK. Yakni ada tindakan preventif berupa cuci tangan baik sebelum masuk ruang laboratorium maupun telah memasuki ruang.

"Nantinya ketika pelaksanaan UNBK berlangsung akan menyiapakan tindakan preventif, dengan menyiapkan protokol kesehatan dalam UNBK yakni pihak sekolah akan menyiapkan perlengkapan cuci tangan. Ini yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya," terang Bambang.

Meski begitu pihaknya juga berharap, nantinya UNBK 2020 ini berlangsung secara kondusif dengan memperhatikan protokol kesehatan. Sekaligus optimis bahwa SMP Negeri 1 Kapas ini mampu memperoleh hasil yang terbaik sesuai harapan ketika UNBK nanti. [liz/ito]

Tag : unbk, smp, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat