20:00 . Menteri Desa PDTT: Wisata Desa Tonggak Kebangkitan Ekonomi Pasca Pandemi   |   19:00 . Pesma STAI Attanwir Diresmikan Menteri PDTT   |   18:00 . Masa Pandemi, Capaian PAD Parkir Per September Baru 12.89 Persen   |   17:00 . 300 Kubik Sampah Tiap Hari Masuk TPAS   |   16:00 . Kunjungi Desa Pejambon, Menteri Desa PDTT Resmikan Wisata Edukasi   |   14:00 . Teror Warga, Ular Sanca Batik Muncul di Warkop Bu Tiok   |   13:00 . PT KAI Belum Wajibkan Penumpang Gunakan Masker Medis   |   12:00 . Arderan, Cadangan Pakan Sapi dari Jerami   |   10:00 . Wanita Asal Sumberrejo Ini Kreasikan Tas dari Talikur   |   08:00 . Suporter Ingin SKK Migas Jadi Salah Satu Manajemen Persibo   |   07:00 . Ini Cara Atasi Biang Keringat pada Bayi   |   19:00 . Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPNNU Ngambon Adakan Rakerancab   |   18:00 . Konsumsi BBM dan LPG Meningkat Menjelang Akhir September   |   17:00 . Ini Kondisi Sumur Bor Keluarkan Gas di Padasmalang   |   16:00 . Besok Menteri Desa PDTT Kunjungi Desa Pejambon   |  
Fri, 25 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 17 March 2020 13:00

Jelang UNBK 2020, Begini Kesiapan Beberapa SMP di Bojonegoro

Jelang UNBK 2020, Begini Kesiapan Beberapa SMP di Bojonegoro Kepala SMPN 1 Kapas, Bambang Hadi



Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sejak tahun 2016, Kementrian Pendidikan mengubah ujian nasional menjadi berbasis komputer, hal ini tentu saja mengharuskan sekolah untuk menyiapkan semuanya dengan sangat matang, terutama dalam hal teknisi termasuk ketersediaan komputer yang harus memadai.

Beberapa SMP di Bojonegoro nampak telah siap untuk mengikuti proses berlangsungnya Ujian Nasional Bebasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan pada April 2020 mendatang.

Salah satunya SMPN 6 Bojonegoro. Kepala SMPN 6 Bojonegoro, Lasiran mengatakan, kesiapan UNBK 2020 telah dilengkapi oleh sekolah yakni dengan adanya peralatan komputer serta ruang laboratorium yang memadai bagi siswa yang akan mengikuti ujian.  "Sarana dan prasarana sudah lengkap dan siap digunakan oleh siswa SMPN 6 yang menjadi peserta UNBK 2020 nantinya," terangnya.

Pihaknya menambahkan, selain ada 84 komputer serta 3 server. Sekaligus ujian akan berlangsung selama 3 Hari pada bulan April 2020 mendatang. "Dari SMPN 6 sendiri telah menyediakan 84 komputer serta 3 server yang akan mendukung prosesi UNBK 2020 nantinya," terang Lasiran.

Lasiran juga menjelaskan, untuk menghadapi ujian, para siswa telah melaksanakan simulasi UN serta berbagai persiapan try out baik tinggkat Kabupaten.

Selain itu, pihak SMPN 6 Bojonegoro juga telah melakukan beberapa strategi, diantaranya. Pemetaan standart kelulusan (SKL), perakitan dan perumusan soal-soal, pembimbingan reguler, serta pembimbingan terpola berdasarkan tingkatan anak didik baik dilakukan sebelum jam kegiatan belajar mengajar (KBM) maupun usai KBM reguler.

"Setiap minggu kita ubah kita kembali dalam rangka proses pembimbingan, pengukuran ketercapain standar kelulusan melalui soal try out," jelas Lasiran.

Lasiran berharap kepada para siswa SMPN 6 untuk dapat mengikuti dengan baik segala proses yang telah dipersiapkan oleh sekolah untuk UNBK 2020, serta dari 4 startegi yang telah diterapkan oleh sekolah, pihaknya berharap UNBK tahun ini SMPN 6 Bojonegoro mampu tembus 10 besar UNBK baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi.

Sementara itu, SMP Negeri 1 Kapas juga telah menyiapkan beberapa kesiapan terkait pelaksanaan UNBK pada April 2020 mendatang. Di antaranya kesiapan materi-materi UNBK, kesiapan komputer yang akan dipergunakan selama UNBK, kesiapan mental serta memperhatikan protokol kesehatan dalam UNBK.

"Untuk pelaksanaan UNBK sendiri, nantinya SMP Negeri 1 Kapas telah menyediakan 87 Komputer serta 3 server untuk kesiapan UNBK 2020," imbuh Kepala Sekolah SMPN 1 Kapas, Bambang Hadi kepada blokBojonegoro.com

Masih kata Bambang Hadi, dari pihak sekolah sendiri tentunya juga telah menyiapkan beberapa materi sebagai bekal siswa ketika akan menghadapi UNBK 2020 sekaligus pendalaman mental siswa berupa doa bersama.

"Untuk materi-materi baik itu try out maupun bimbingan belajar juga telah dipersiapkan secara matang oleh pihak sekolah. Sekaligus menyiapakan psikis anak yakni melalui doa bersama baik kepada para orang tua maupun guru, namun orang tua lebih utama sebagai ridho anak," ungkapnya.

Terkait mewabahnya Corona virus, dari pihak sekolah juga dihimbau untuk menyiapkan serta memperhatikan protokol kesehatan dalam UNBK. Yakni ada tindakan preventif berupa cuci tangan baik sebelum masuk ruang laboratorium maupun telah memasuki ruang.

"Nantinya ketika pelaksanaan UNBK berlangsung akan menyiapakan tindakan preventif, dengan menyiapkan protokol kesehatan dalam UNBK yakni pihak sekolah akan menyiapkan perlengkapan cuci tangan. Ini yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya," terang Bambang.

Meski begitu pihaknya juga berharap, nantinya UNBK 2020 ini berlangsung secara kondusif dengan memperhatikan protokol kesehatan. Sekaligus optimis bahwa SMP Negeri 1 Kapas ini mampu memperoleh hasil yang terbaik sesuai harapan ketika UNBK nanti. [liz/ito]

Tag : unbk, smp, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat