16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bangun Sinergitas, Babinsa Trucuk, PPL dan Petani Kendalikan Hama

blokbojonegoro.com | Thursday, 19 March 2020 08:00

Bangun Sinergitas, Babinsa Trucuk, PPL dan Petani Kendalikan Hama

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Koramil 0813-22 Kecamatan Trucuk, bersama puluhan petani melaksanakan pendampingan menyemprot tanaman padi di lahan pertanian seluas 15 hektar milik warga Desa Sumberjo Kentong, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (18/3/2020).

Setidaknya, 25 petani turut berpartisipasi dalam pengendalian hama wereng coklat yang juga mendapat pendampingan dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Dinas Pertanian.

Serma Heru Suhandoko mengatakan, pendampingan petani dilakukan sebagai salah satu wujud kepedulian TNI guna mendukung peningkatan produksi padi, dalam rangka suksesnya program swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah.

"Keberhasilan dalam pertanian akan memberi dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Dengan begitu, masyarakat akan terpenuhi persediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat akan terjamin," ujarnya.

Sementara itu, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Desa Sumberjo Kentong, Henik Sumariati mengungkapkan,  pengendalian hama Wereng Batang Coklat (WBC) dilakukan melalui tindakan awal yaitu pengamatan di lahan agar bisa diidentifikasi secara benar. Untuk pengendalian, penyemprotan dilakukan dengan agensi hayati.

"Jika populasi sudah di atas ambang batas, baru penyemprotan dengan pestisida/obat kimia yang sudah direkomendasikan. Dan penyemprotannya harus dilakukan secara serempak," jelas petugas penyuluh lapangan.

Masih kata Henik Sumariati, penggunaan pestisida tidak akan bekerja dengan baik jika penyemprotan dilakukan pada waktu yang tidak tepat. Sebab pestisida tidak akan bekerja maksimal membunuh hama atau penyakit tanaman.

Menurutnya, waktu yang tepat adalah pagi hari hingga pukul 08.00 dan sore hari pukul 15.00. Karenanya pestisida mudah diserap oleh tanaman, sekaligus masuk kedalam jaringan tanaman.

"Dengan demikian, hama atau penyakit yang menyerang akan mati ketika hama memakan bagian tanaman tersebut," pungkasnya. [liz/mu]

Tag : petani, sawah, lahan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat