21:00 . Pasien Positif Covid 19 Bertambah 9 Orang   |   20:00 . Putra Asli Bojonegoro, Prof Dr Phil Al Makin Jabat Rektor UIN Suka   |   19:00 . Bersama TNI, Disdukcapil Bojonegoro Gelar Pelayanan di Desa   |   18:00 . BSA Sunan Giri Bojonegoro Praktik Kerja Lapangan Online   |   16:00 . Angka Covid-19 Masih Tinggi, Disdik Belum akan Gelar KBM Tatap Muka   |   15:00 . Progress Recovery CPP Gundih On The Track   |   14:00 . Tingkat Kualitas Pendidikan Kesetaraan, Disdik Lakukan Tes untuk Tutor   |   13:00 . Panitia Kurban Wajib Tahu Ini   |   12:00 . Cegah Kematian Ibu dan Bayi, Menuju Bojonegoro Sehat, Aman dan Sejahtera   |   11:00 . Orang tua, Siswa dan Sekolah Wajib Faham Ini   |   10:00 . Kasat dan Empat Kapolsek di Polres Bojonegoro Dimutasi   |   09:00 . Proses Pemakaman Mantan Bupati H. M. Santoso   |   08:00 . Lestarikan Bengawan, 25 Ribu Bibit Ikan Ditebar   |   07:00 . Anak Anda Pemalu? Ini Tips untuk Tingkatkan Rasa Percaya Dirinya   |   22:00 . Bertambah Lagi 4 Orang yang Sembuh dari Covid-19   |  
Fri, 10 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 28 March 2020 16:00

Waspada Corona, Jangan Panik

Kreatif, Pemuda Tanggungan Buat Bilik Sterilisasi

Kreatif, Pemuda Tanggungan Buat Bilik Sterilisasi

Kontributor: Maulina Alfiana

blokBojonegoro.com – Pencegahan virus Corona atau COVID-19 bisa dilakukan oleh siapa saja. Termasuk pemuda-pemuda kreatif asal Dusun Ngori, Desa Tanggungan, Kecamatan Ngraho, Bojonegoro.

Jangan dikira, bilik sterilisasi yang tengah hits saat wabah Corona hanya bisa diciptakan oleh perusahaan atau kota besar saja. Dusun Ngori termasuk wilayah di kecamatan paling barat Bojonegoro yang berbatasan dengan Ngawi.

[Baca juga: Tanpa Pelayat, Jenazah PDP Balen Dimakamkan ]

Dengan bahan sederhana, yakni dari plastik tebal dan kerangka besi/paralon, pemuda Dusun Ngori bisa membuat bilik yang fungsinya untuk sterilisasi seluruh tubuh dari virus/bakteri.

“Ide berawal dari semakin banyaknya warga Indonesia yang positif COVID-19, membuat kami para pemuda Dusun Ngori berinisiatif memberikan langkah cepat guna melakukan pencegahan untuk masyarakat,” kata Ketua Organisasi Pemuda Dusun Ngori, Wadi, kepada blokBojonegoro.com.

Dijelaskan, jika pembuatan menggunakan bahan yang murah dan mudah dirangkai. Tetapi aman digunakan, mengingat bilik sterilisasi ini menggunakan uang kas pemuda Ngori.



“Pembuatan hanya mengandalkan alat las untuk merangkainya.Bilik ini memang sederhana tapi insyaallah banyak manfaat untuk warga sekitar,” tegasnya.

Senada dikatakan Meidalina, pemuda Dusun Ngori yang kuliah kesehatan di Kampus Ungu, STIKes ICsada Bojonegoro. Menurutnya, bilik ini dibuat  untuk memberikan fasilitas kepada warga, saat di pasar desa atau bepergian langsung masuk bilik.

“Makanya kami meletakan di dekat jalan raya, dengan harapan untuk warga turun dari bus langsung bisa diberikan penyemprotan. Jadi, masuk rumah sudah bebas dari bakteri/virus,” tambahnya.

Harapannya, sumbangsih kecil ini bisa dijadikan inspirasi untuk pemuda-pemuda lainnya agar virus ini bisa di cegah dan Bojonegoro terbebas dari COVID-19. [lin/ito]

Tag : virus, corona, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat