Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Corona, Jangan Panik

Kreatif, Pemuda Tanggungan Buat Bilik Sterilisasi

blokbojonegoro.com | Saturday, 28 March 2020 16:00

Kreatif, Pemuda Tanggungan Buat Bilik Sterilisasi

Kontributor: Maulina Alfiana

blokBojonegoro.com – Pencegahan virus Corona atau COVID-19 bisa dilakukan oleh siapa saja. Termasuk pemuda-pemuda kreatif asal Dusun Ngori, Desa Tanggungan, Kecamatan Ngraho, Bojonegoro.

Jangan dikira, bilik sterilisasi yang tengah hits saat wabah Corona hanya bisa diciptakan oleh perusahaan atau kota besar saja. Dusun Ngori termasuk wilayah di kecamatan paling barat Bojonegoro yang berbatasan dengan Ngawi.

[Baca juga: Tanpa Pelayat, Jenazah PDP Balen Dimakamkan ]

Dengan bahan sederhana, yakni dari plastik tebal dan kerangka besi/paralon, pemuda Dusun Ngori bisa membuat bilik yang fungsinya untuk sterilisasi seluruh tubuh dari virus/bakteri.

“Ide berawal dari semakin banyaknya warga Indonesia yang positif COVID-19, membuat kami para pemuda Dusun Ngori berinisiatif memberikan langkah cepat guna melakukan pencegahan untuk masyarakat,” kata Ketua Organisasi Pemuda Dusun Ngori, Wadi, kepada blokBojonegoro.com.

Dijelaskan, jika pembuatan menggunakan bahan yang murah dan mudah dirangkai. Tetapi aman digunakan, mengingat bilik sterilisasi ini menggunakan uang kas pemuda Ngori.



“Pembuatan hanya mengandalkan alat las untuk merangkainya.Bilik ini memang sederhana tapi insyaallah banyak manfaat untuk warga sekitar,” tegasnya.

Senada dikatakan Meidalina, pemuda Dusun Ngori yang kuliah kesehatan di Kampus Ungu, STIKes ICsada Bojonegoro. Menurutnya, bilik ini dibuat  untuk memberikan fasilitas kepada warga, saat di pasar desa atau bepergian langsung masuk bilik.

“Makanya kami meletakan di dekat jalan raya, dengan harapan untuk warga turun dari bus langsung bisa diberikan penyemprotan. Jadi, masuk rumah sudah bebas dari bakteri/virus,” tambahnya.

Harapannya, sumbangsih kecil ini bisa dijadikan inspirasi untuk pemuda-pemuda lainnya agar virus ini bisa di cegah dan Bojonegoro terbebas dari COVID-19. [lin/ito]

Tag : virus, corona, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini