18:00 . Bupati Wajibkan ASN Penyintas Covid untuk Lakukan Donor Darah   |   16:00 . BLT Subsidi Gaji Akan Kembali Diberikan untuk Pekerja   |   15:00 . UNU Sunan Giri Bojonegoro Tingkatkan Kapasitas Pendidik dengan Hibah dan Reward   |   14:00 . Ramai Pekerja Dapat BSU Rp500.000, BP Jamsostek Masih Tunggu Regulasi Pemerintah   |   13:00 . PT. Pertamina EP Field Cepu Serahkan Bantuan Berupa Sapi   |   12:00 . Terapkan Prokes Ketat Bupati Bojonegoro Lantik PAW Kepala Desa Sumberagung¬†   |   08:00 . Diduga Korsleting Listrik, Rumah Warga Desa Ngablak Terbakar   |   07:00 . Jangan Asal, Ini 5 Makanan Utama yang Harus Dihindari Ibu Hamil!   |   20:00 . Presiden Kembali Perpanjang PPKM Hingga Agustus   |   09:00 . Nikmatnya Rujak Uleg Legendaris Mak Yat   |   07:00 . Seberapa Besar Untung Perusahaan Sektor Kesehatan dari COVID-19?   |   20:00 . 8 Komunitas di Bojonegoro Bagikan 350 Paket Daging Kurban   |   18:00 . Pascasarjana UNU Sunan Giri Bojonegoro Gelar Workshop Literasi dan Numerasi   |   17:00 . Bupati Anna Hadir Secara Virtual Tekankan Kerukunan Antar Umat Beragama di Bojonegoro   |   15:00 . Pasien Sembuh Melebihi 38 Ribu Orang per Hari, Kumulatifnya Menembus 2,4 Juta   |  
Tue, 27 July 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Corona, Jangan Panik

Gerakan #DiRumahAja Cenderung Setengah Hati, ini yang Bisa Dilakukan

blokbojonegoro.com | Monday, 30 March 2020 21:00

Gerakan #DiRumahAja Cenderung Setengah Hati, ini yang Bisa Dilakukan

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Saat ini, gerakan #DiRumahAja dinilai cenderung setengah hati. Mall besar, caffe besar dan pusat-pusat adanya kerumunan lainnya masih dibiarkan terjadi. Penindakan hanya tegas ke bawah saja. Pemerintah daerah diharapkan tidak bertindak sendiri-sendiri. Pemerintah pusat harus tegas melakukan koordinasi penanganan pandemi Covid-19 terhadap pemerintah daerah.

Hal itu, dikatakan oleh Komandan Satgas Posko Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lawan Covid-19 Jawa Timur, Fauzan Fuadi. Menurutnya, tindakan tegas atas rendahnya disiplin terhadap gerakan #DiRumahAja memang penting. Tapi edukasi harus terus-menerus dilakukan.

[Baca juga: Anggota DPRRI Apresiasi Pemuda Desa Tanggungan ]

"Fokus edukasi masyarakat dan kurangi kegiatan penyemprotan disinfektan, karena khawatir justru berdampak negatif bagi kesehatan tubuh," kata Fauzan Fuadi.

Fauzan menjelaskan, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Covid-19 meliputi cara pencegahan, disiplin mengikuti protokol pemerintah, hidup sehat, #DiRumahAja, tidak panik dan stres dalam menghadapi pandemi karena justru akan menurunkan imun tubuh.

Selanjutnya, melakukan langkah-langkah kongkret dalam memberikan support kepada tenaga medis di daerah. Covid-19 adalah musuh bersama, dan tenaga medis sebagai garda terdepan harus disupport secara moril dan materiil. Salah satunya dengan cara mengawal kebijakan refocussing kegiatan dan realokasi anggaran, sesuai inpres 4 tahun 2020, yang memberikan perhatian terhadap kebutuhan tenaga medis.

"Teman-teman PKB yang duduk di eksekutif, mencarikan jalan keluar stimulus ekonomi untuk warga yang terdampak kebijakan #DiRumahAja," imbuh Fauzan.

DPW PKB Jatim menginstruksikan kepada DPC PKB Sejawa Timur untuk segera membentuk Posko PKB Lawan Covid-19 di tingkat kabupaten/kota. Edukasi tentu dilakukan tidak dengan pengumpulan massa, karena itu jelas kontraproduktif. Melainkan dengan cara menggunakan waktu senggang #DiRumahAja dengan memanfaatkan jejaring pemenangan Pemilu 2019 kemarin dengan sistem sel, top down.

Anggota Legislatif PKB di Jawa Timur jumlahnya 375 orang. Kepala dan Wakil Kepala Daerah 20 orang. Struktur Partai lengkap sampai ke tingkat anak ranting atau dusun. Dari sinilah edukasi dilakukan.

"Agar kurva warga yang terinfeksi covid-19 bisa turun. Mengingat rasio perbandingan tenaga medis dan jumlah penduduk sangat2 tidak seimbang. Infonya hanya 12:10.000," harap Fauzan.[ito/mu]

Tag : waspada, corona, bojonegoro, pkb

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Thursday, 22 July 2021 08:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more