15:00 . Kuncinya Sabar dan Tetap Jaga Kesehatan   |   14:00 . Anggaran Keberangkatan dan Kepulangan Haji 2020 Dikembalikan ke Kasda   |   11:00 . Harga Empon-empon Mulai Turun   |   10:00 . Pedagang Ngamuk, Kasatpol PP: Kita Hanya Jalankan Tugas   |   09:00 . Belum Jelas Kapan Santri Boleh Kembali ke Pesantren   |   08:00 . Melihat Sirkuit Cross Putuk Kreweng   |   07:30 . Satpol PP dan Pedagang Tarik Meja   |   07:00 . Bolehkah Anak Makan Telur Setengah Matang?   |   06:00 . Ditertibkan Satpol PP, Pemilik Warung Buang Makanan   |   19:00 . Orang Sembuh dari Covid-19 Terus Bertambah, Hari ini ada 1 Orang   |   18:00 . Petani Desa Sumengko Pilih Tanam Semangka, ini Alasannya...   |   17:00 . 15 Menit Lagu Jadi Langsung Record, Video Clip Ambil Konten Lokal   |   16:00 . Siap-siap New Normal, Pondok Pesantren Disterilkan   |   15:00 . Jaga Kebugaran Fisik Atel Latihan Online   |   14:00 . Akhir Pekan, Harga Buyback Emas Merosot Rp16.000   |  
Sun, 07 June 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 30 March 2020 21:00

Waspada Corona, Jangan Panik

Gerakan #DiRumahAja Cenderung Setengah Hati, ini yang Bisa Dilakukan

Gerakan #DiRumahAja Cenderung Setengah Hati, ini yang Bisa Dilakukan

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Saat ini, gerakan #DiRumahAja dinilai cenderung setengah hati. Mall besar, caffe besar dan pusat-pusat adanya kerumunan lainnya masih dibiarkan terjadi. Penindakan hanya tegas ke bawah saja. Pemerintah daerah diharapkan tidak bertindak sendiri-sendiri. Pemerintah pusat harus tegas melakukan koordinasi penanganan pandemi Covid-19 terhadap pemerintah daerah.

Hal itu, dikatakan oleh Komandan Satgas Posko Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lawan Covid-19 Jawa Timur, Fauzan Fuadi. Menurutnya, tindakan tegas atas rendahnya disiplin terhadap gerakan #DiRumahAja memang penting. Tapi edukasi harus terus-menerus dilakukan.

[Baca juga: Anggota DPRRI Apresiasi Pemuda Desa Tanggungan ]

"Fokus edukasi masyarakat dan kurangi kegiatan penyemprotan disinfektan, karena khawatir justru berdampak negatif bagi kesehatan tubuh," kata Fauzan Fuadi.

Fauzan menjelaskan, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Covid-19 meliputi cara pencegahan, disiplin mengikuti protokol pemerintah, hidup sehat, #DiRumahAja, tidak panik dan stres dalam menghadapi pandemi karena justru akan menurunkan imun tubuh.

Selanjutnya, melakukan langkah-langkah kongkret dalam memberikan support kepada tenaga medis di daerah. Covid-19 adalah musuh bersama, dan tenaga medis sebagai garda terdepan harus disupport secara moril dan materiil. Salah satunya dengan cara mengawal kebijakan refocussing kegiatan dan realokasi anggaran, sesuai inpres 4 tahun 2020, yang memberikan perhatian terhadap kebutuhan tenaga medis.

"Teman-teman PKB yang duduk di eksekutif, mencarikan jalan keluar stimulus ekonomi untuk warga yang terdampak kebijakan #DiRumahAja," imbuh Fauzan.

DPW PKB Jatim menginstruksikan kepada DPC PKB Sejawa Timur untuk segera membentuk Posko PKB Lawan Covid-19 di tingkat kabupaten/kota. Edukasi tentu dilakukan tidak dengan pengumpulan massa, karena itu jelas kontraproduktif. Melainkan dengan cara menggunakan waktu senggang #DiRumahAja dengan memanfaatkan jejaring pemenangan Pemilu 2019 kemarin dengan sistem sel, top down.

Anggota Legislatif PKB di Jawa Timur jumlahnya 375 orang. Kepala dan Wakil Kepala Daerah 20 orang. Struktur Partai lengkap sampai ke tingkat anak ranting atau dusun. Dari sinilah edukasi dilakukan.

"Agar kurva warga yang terinfeksi covid-19 bisa turun. Mengingat rasio perbandingan tenaga medis dan jumlah penduduk sangat2 tidak seimbang. Infonya hanya 12:10.000," harap Fauzan.[ito/mu]

Tag : waspada, corona, bojonegoro, pkb


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat