20:00 . Positif Covid-19 Tambah 4 Orang, Total 60 Terkonfirmasi   |   16:00 . Tinjau Kampung Tangguh Semeru Bojonegoro, ini Kata Kapolda dan Bupati   |   15:00 . Kapolda Jatim Kunjungi Kampung Tanguh di Bojonegoro   |   13:00 . Inilah Daftar Harga Kebutuhan Pokok Usai Lebaran   |   12:00 . 1.344 Masjid di Bojonegoro Sudah Terapkan Protokol Kesehatan   |   11:00 . 20 Juni KBM Siswa Sudah Harus Tuntas   |   10:00 . Kajari Minta Masyarakat Dipahamkan Tentang New Normal   |   09:00 . Disdik Kembali Perpanjang Masa Belajar di Rumah Hingga 14 Juni   |   08:00 . Konsep New Normal di Pasar Tradisional Butuh Dikontrol   |   07:00 . Apakah Kamu Memiliki Kekebalan Tubuh yang Lemah? Kenali Tandanya   |   19:00 . Pemkab Bojonegoro Bahas Konsep Persiapan New Normal   |   18:00 . Sulap Barang Bekas Jadi Media Tanam Sayuran   |   17:00 . 4 Sumur Selesai Dibor, PEPC Pindah 2 Sumur Jambaran Central   |   15:00 . Dukung Keluarga Pejuang Covid-19, Unigoro Bebaskan Uang Kuliah   |   13:00 . Hari ini, Harga Jual dan Buyback Emas Terpantau Naik   |  
Mon, 01 June 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 31 March 2020 07:00

Kehabisan Masker Sekali Pakai, Bolehkah Pakaikan Anak Masker Kain?

Kehabisan Masker Sekali Pakai, Bolehkah Pakaikan Anak Masker Kain?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Merebaknya virus corona di Indonesia, masker sekali pakai pun menjadi barang yang paling banyak dibeli. Padahal menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, masker hanya untuk orang sakit dan petugas medis saja lho, Moms.

Lantas, jika persediaan masker sekali pakai di rumah habis, bolehkah pakaikan anak masker kain? Dokter Spesialis Anak, dr. Madeleine Ramdhani Jasin, SpA mengatakan, bila bicara tentang bukti ilmiahnya, belum ada bukti bahwa masker kain bisa menangkal atau melindungi anak dan orang dewasa dari virus seperti corona.

"Tapi CDC (Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat), mengatakan bahwa masker kain sebenarnya bisa menjadi upaya terakhir bagi Anda yang tidak mempunyai masker sama sekali. Masker kain boleh digunakan sebagai usaha terakhir ketika krisis masker sekarang ini. Namun bukti ilmiah tentang mencegah virus itu belum ada," ujarnya saat Live Instagram "Penggunaan Masker yang Tepat" di @/idai_ig, yang kumparanMOM ikuti baru-baru ini.
Anak dan ibu gunakan masker untuk lindungi diri dari polusi udara.

Perlu diingat, penggunaan masker pun ada aturannya. Dokter yang berpraktek di Rumah Sakit Puri Cinere, Depok, Jawa Barat ini menjelaskan, praktik ideal penggunaan masker adalah setiap 4 jam sekali harus ganti. Apalagi jika sudah basah, terkena kotoran, dan lain sebagainya, wajib diganti. Meski begitu, tentu ada pengecualian untuk kondisi kelangkaan masker saat ini.

"Kalau kondisi sekarang, kita ada anjuran extended use yakni boleh digunakan sampai 8 jam dan maksimalnya itu 1 hari. Tapi harus diperhatikan kondisi masker tersebut, seperti tidak basah, tidak kotor atau rusak," kata dr. Madelaine.

Ia menyarankan bila Anda ingin menggunakan masker itu kembali untuk anak, ada beberapa cara aman yang bisa Anda lakukan. Pertama, setelah pakai masker, lipat masker dengan bagian dalam atau yang berwarna putih terlipat ke dalam. Kedua, masukkan masker ke dalam kantong atau di simpan di dalam plastik.

Ketiga, cuci tangan dengan bersih setelah meletakkan masker dan lakukan aktivitas seperti biasa. Keempat, bila ingin menggunakan masker kembali, cuci tangan dulu, lalu ambil masker dari kantong atau plastik. Pegang tali masker dan gunakan seperti biasa. Kelima, cuci tangan lagi ya, Moms.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat