21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Baru Selesai Belanja, Ini Tips agar Bahan Makanan Keluarga Terhindar dari Corona

blokbojonegoro.com | Sunday, 05 April 2020 07:00

Baru Selesai Belanja, Ini Tips agar Bahan Makanan Keluarga Terhindar dari Corona

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Virus corona yang sedang menjadi perhatian dunia, secara tak langsung telah membuat masyarakat sadar tentang pentingnya kebersihan. Salah satunya, mereka lebih berhati-hati untuk menyentuh permukaan di tempat umum, karena takut permukaan tersebut sudah terpapar virus atau kuman.

Lantas, bagaimana dengan bahan makanan?

Tak dapat dipungkiri jika bahan makanan yang dijual di pasar, tukang sayur, supermarket, dan pusat perbelanjaan lainnya tentu sudah 'dipegang-pegang' banyak orang. Kita pun tak mengetahui apakah berbagai bahan makanan tersebut pernah disentuh oleh seseorang yang terkena COVID-19 atau tidaknya.

Maka dari itu, berhati-hatilah juga dalam urusan bahan makanan, Moms. Jangan sampai pula Anda menyebarkan virus di rumah Anda sendiri. Sebab, Dr. Jeffrey J. Vanwingen, MD, dokter spesialis keluarga yang berada di Michigan, AS ini dalam video yang diunggah di kanal YouTube pribadinya, mengungkap bahwa kuman dapat hidup di permukaan kemasan makanan.

Dalam sebuah penelitian terbaru di AS, menunjukkan bahwa virus corona dapat hidup di permukaan, termasuk plastik hingga 3 hari. Selain itu, virus ini juga terbukti bisa bertahan hingga 4 jam di tembaga dan 24 jam di kardus.

Ia pun menyarankan bahwa cara terbaik untuk menghindari pemindahan virus atau kuman dari kemasan dan bahan makanan ke Anda atau anggota keluarga lainnya, adalah dengan membiarkannya di luar selama 3 hari sebelum menyentuhnya.

Namun, hal ini rupanya juga kurang efektif untuk dilakukan karena memakan waktu yang terlalu lama. Terlebih, mereka butuh makan. Maka, untuk memudahkannya, Dr. Vanwingen memberikan tips agar bahan makanan tetap bersih dan terhindar dari COVID-19, sebagai berikut.

1. Bongkar bahan makanan Anda di ruang yang aman

Mungkin Anda akan memilih dapur untuk membongkar semua bahan makanan yang sudah Anda beli. Di mana pun itu yang perlu diingat adalah, bersihkan terlebih dulu permukaan atau meja dengan cairan disinfektan atau cairan pembersih lainnya. Kemudian pastikan agar kemasan atau kantong barang belanjaan yang Anda bawa dari luar itu, tidak menempel di permukaan meja.

2. Keluarkan semua makanan dari kemasannya

Karena virus corona dapat hidup di permukaan selama berjam-jam bahkan hingga hitungan hari, Anda dapat mengeluarkan makanan yang berada di dalam kemasan sesegera mungkin, untuk mencegah penyebaran virus yang menempel di kemasan tersebut. Namun sebelum mengeluarkan makanan dari plastik atau kemasannya, pastikan tangan Anda sudah bersih.

3. Bersihkan semua kemasan yang Anda simpan

Dr. Vanwingen menyarankan agar setiap kemasan makanan yang Anda ingin simpan di dapur atau kulkas, sebaiknya dibersihkan atau dilap dengan tisu bersih sebelum disimpan. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, virus corona dapat hidup di permukaan sepanjang hari dan Anda tidak tahu kapan dan di mana kemasan yang Anda beli itu mungkin telah terpapar.

4. Cuci bahan makanan dengan sabun dan air mengalir

Ya, Moms, Anda perlu memperlakukan produk atau bahan makanan seperti yang Anda lakukan dengan tangan Anda sendiri sebelum disimpan maupun dimasak. Bahan makanan yang dimaksud adalah semua jenis sayuran dan buah-buahan. Cucilah dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik untuk menghilangkan kontaminasi yang mungkin ada pada kulit bahan makanan tersebut.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat