08:00 . Klaim Triwulan Pertama, Santunan Jasa Raharja Tembus Rp5 M   |   07:00 . 5 Tips Menghindari Bau Apek pada Hijab   |   22:00 . Karyawan 4 Swalayan dan 1 Pabrik Ikuti Rapid Test   |   21:00 . Sat Lantas Polres Bojonegoro Beri Dispensasi Perpanjangan SIM   |   20:30 . Intip Mancing Pakai Umpan Kucur   |   20:00 . Polsek Tambakrejo Distribusikan Bantuan Beras Polri Peduli Covid-19   |   19:30 . Tambahan 1 Lagi, Ada 50 Positif Covid-19 di Bojonegoro   |   19:00 . Galang Dana, SP PEPC Sumbang APD untuk Tenaga Medis di Rumah Sakit   |   18:30 . Rapid Test Wartawan, Hasilnya Non Reaktif   |   18:00 . Sambut New Normal, ini Persiapan Wisata Wonosalam   |   17:30 . FJTB Buka Posko Pengaduan Terkait Bantuan Covid-19   |   17:00 . Pemkab Bojonegoro Gelontorkan Rp24,236 Miliar untuk Beasiswa   |   16:30 . BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Paket APD kepada Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Ngobrol Bareng Milenial Tentang Beasiswa   |   15:00 . Mabes Polri Distribusikan 2000 Paket Beras di Bojonegoro   |  
Thu, 28 May 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 08 April 2020 15:00

Waspada Corona, Jangan Panik

Kemenag Tetap Laksanakan Rukyatul Hilal

Kemenag Tetap Laksanakan Rukyatul Hilal

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Meski masih dalam Pandemi virus corona dan Covid 19, Kementerian Agama (Kemenag) Bojonegoro dan Badan Hisab Rukyat (BHR) tetap bakal melaksanakan pelaksanaan rukyatul hilal di Bukit Wonocolo, Kecamatan Kedewan untuk keperluan penentuan awal 1 Ramadhan 1441 H, yang bakal dilakukan, Kamis (23/4/2020) mendatang.

"Untuk pelaksanaan rukyatul hilal tetap akan dilaksanakan, Kamis (23/4/2020) mendatang," ucap Kasi Pelaksana Syariah, Kemenag Bojonegoro, Nur Alam.

Hanya saja, menurut Nur Alam pada pelaksanaan kegiatan rukyatul hilal nanti, ada pembatasan peserta, yang biasanya diikuti lebih dari 50 orang, nantinya hanya akan dibatasi 30 orang saja baik itu dari Kemenag, Tim BHR maupun Pemkab Bojonegoro, MUI, Organisasi Keislaman dan beberapa tamu undangan lain.

"Semua yang hadir nanti tetap dibatasi maksimal 30 orang, hal itu, dikarenakan masih dalam Pandemi virus corona," terang Nur Alam kepada blokBojonegoro.com.

Masih kata Nur Alam, selain ada pembatan kuota orang dalam rukyatul hilal nanti, semua orang yang mengikuti kegiatan tersebut juga diwajibkan untuk memakai prosedural pencegahan covid 19 seperti memakai masker, mencuci tangan serta harus membawa sarung tangan.

"Sedangkan untuk Universitas yang biasanya dalam rukyatul hilal sebagai upaya pembelajaran, hanya boleh mengirimkan perwakilannya maksimal 3 orang," cakap pria asal Kabupaten Tuban ini.

Meski prediksi awal puasa akan diperkirakan bersamaan pada, Jumat (24/4/2020) nanti, namun Kemenag Bojonegoro tetap bakal melaksanakan rukyatul hilal. Berdasarkan hisab atau perhitungan saat pelaksanaan rukyatul hilal posisi bulan atau hilal sudah berada pada posisi 4 derajat 3 menit 23 detik, sehingga dengan kondisi seperti itu, awal puasa sudah bisa dipastikan.

Walaupun telah melakukan rukyatul hilal, namun untuk kepastian penentuan awal Ramadan, masyarakat tetap menunggu intruksi dan rekomendasi dari Kementerian RI pusat. [saf/ito]

 

Tag : Hilal, bojonegoro, kedewan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat