18:00 . Pasien Sembuh Harian di Indonesia Bertambah 4.545 Orang   |   17:00 . Hadiri Peluncuran Sifajargoro, Tamu Undangan Patuhi Prokes   |   16:00 . LaNyalla Apresiasi UMKM Kripik Singkong Bertahan Saat Pandemi   |   15:00 . Bantu Pembelajaran Siswa di Masa Pandemi, Disdik Luncurkan Sifajargoro   |   14:00 . Manjakan Lidah dengan Kuliner Tradisional Nuansa Jawa di Kampoeng 7   |   13:00 . BPA Bojonegoro Beri Informasi Asi Ekslusif Ibu-Ibu saat CFD   |   11:00 . RSUD Bojonegoro Dapat APD dari AMSI-EMCL   |   10:00 . Kembalikan Fungsi Trotoar, 29 Kursi Santai di Veteran Dipindahkan   |   09:00 . Bawa Balita, Denwatser Ikut Amankan Konfercab   |   08:00 . Tips Ibadah di Masjid Nyaman Saat Pandemi   |   07:00 . Mencium Bau Kentut Baik untuk Kesehatan   |   06:00 . 306 Pasien di Jatim Sembuh, 289 Kasus Baru   |   05:00 . 6 Orang di Bojonegoro Sembuh, Kasus Baru Tambah 4 Orang   |   23:00 . Festival Krecek Ala Fatayat NU Cengungklung Bojonegoro   |   22:00 . Tingkatkan Ketahanan Pangan Saat Pandemi, Disdik Himbau Sekolah untuk Konsumsi Pangan Lokal   |  
Mon, 26 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 17 May 2020 07:00

Kunci Kebahagiaan Jangka Panjang, Mau Tahu?

Kunci Kebahagiaan Jangka Panjang, Mau Tahu?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Semua orang ingin hidupnya bahagia. Namun, faktanya, kebahagiaan jangka panjang adalah hal yang tak mudah untuk didapatkan.

Saat kita masih kecil, kebahagiaan mungkin hanya sesederhana mendapatkan permen atau mainan yang diinginkan.
Namun, standar kebahagiaan terus meningkat seiring bertambahnya usia dan menjadi semakin rumit.

Lantas, apa kunci mendapatkan kebahagiaan jangka panjang dalam hidup?
Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, kebahagiaan tidak bersumber dari uang, kekayaan, atau kecantikan.

Kunci kebahagiaan ternyata sangat berkaitan dengan hubungan dan keterikatan kita dengan orang-orang tercinta.

Hubungan dengan orang-orang terdekat tidak hanya berkaitan dengan kebahagiaan, tetapi juga memegang peran penting terhadap kesehatan mental.

Seseorang cenderung memiliki tingkat stres dan kecemasan yang lebih rendah jika memiliki orang-orang yang bisa dijadikan tempat bersandar selama waktu senang dan susah.

Selain itu, pernikahan, meski bukan temuan utama dalam penelitian itu, juga berperan besar terhadap kebahagiaan seseorang.

Pasangan yang menikmati dan merasa aman dalam pernikahannya cenderung merasa puas dan memiliki kehidupan yang lebih bahagia dibandingkan pernikahan yang penuh dengan perjuangan.

Perusak kebahagiaan

Penelitian tersebut cenderung menjelaskan tentang pentingnya hubungan yang suportif bersama orang-orang terdekat.

Disebutkan, kesepian bisa mendorong seseorang ke arah depresi dan kesedihan.

Orang-orang yang menderita kesepian cenderung lebih rentan terhadap penurunan mental seiring bertambahnya usia.

Salah satu peneliti bahkan membandingkan kerusakan yang ditimbulkan kesepian dengan kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Oleh karena itu, merawat hubungan tak kalah pentingnya dengan merawat tubuh secara fisik.

"Merawat hubungan juga merupakan bentuk perawatan diri. Saya pikir itu adalah kunci (kebahagiaan)."

Demikian dikatakan Direktur Studi sekaligus profesor psikiatri di Harvard Medical School dan psikiater di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Robert Waldinger.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat