Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Corona, Jangan Panik

Salat Idul Fitri Di Masjid Atau di Tanah Lapang Tetap Boleh

blokbojonegoro.com | Tuesday, 19 May 2020 12:00

Salat Idul Fitri Di Masjid Atau di Tanah Lapang Tetap Boleh

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Menjelang berakhirnya puasa Ramadhan 2020, umat Islam bakal merayakan Idul Fitri 1441 H yang salah satunya yakni mengerjakan ibadah salat hari raya Idul Fitri yang dilaksanakan ditempat ibadah atau ditanah lapang. Namun, dengan kondisi masih dalam pandemi covid 19 ini ada beberapa hal yang harus dipatuhi dalam menyelenggarakan ibadah salat Idul Fitri tersebut.

Kepala Kemenag Bojonegoro, M Syamsuri mengatakan salat idul fitri di masjid atau tempat ibadah lain tetap diperbolehkan, asal penyelenggara atau takmir/panitia tersebut harus menyiapkan serta melaksanakan protokol pencegahan covid 19.

"Tidak ada pelarangan melaksanakan salat idul fitri dimasjid atau ditanah lapang, asal panitia mematuhi protokol covid 19," ungkapnya kepada blokBojonegoro.com.

Syamsuri melanjutkan, selain itu, khotib maupun imam dalam salat idul fitri itu diimbau agar memperpendek bacaan atau khutbahnya dan jamaah salat juga harus menjaga jarak antara satu jamaah dengan jamaah lain. Hal itu, sesuai dengan surat imbauan dan telah dikeluarkan.

"Namun, bagi jamaah yang kondisinya sakit atau kurang enak badan agar melaksanakan salat idul fitri dirumah saja," tandasnya pria asal Lamongan ini.

Seperti diketahui, berdasarkan hisab prediksi hari raya Idul fitri 1 syawal akan jatuh pada hari Minggu (24/5/2020) mendatang. Meski begitu penentuan 1 syawal tersebut Kemenag Bojonegoro tetap akan melaksanakan rukyatul hilal yang bakal dilaksanakan Jumat (22/5/2020) lusa, namun ketentuan penetapan 1 syawal diharapkan masyarakat tetap menunggu hasil sidang isbat dari Kemenag RI. [saf/ito]

 

Tag : Waspada, Bojonegoro, salat, id



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini