Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BLT DD Tahap Kedua Cair Juni, Desa Boleh Ajukan Nama Baru

blokbojonegoro.com | Wednesday, 20 May 2020 11:00

BLT DD Tahap Kedua Cair Juni, Desa Boleh Ajukan Nama Baru

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah selesai mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap pertama kepada 23.265 kepala keluarga di 419 desa dari 28 kecamatan di Bojonegoro. Dari total jumlah penerima BLT DD, Pemkab Bojonegoro telah menganggarkan Rp59,4 Miliar dengan masing-masing KK mendapat Rp600.000.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awannah mengatakan, BLT DD yang diterima oleh masyarakat diharapkan benar-benar digunakan dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan sehari-hari, bukan untuk membeli baju lebaran. Sebab, bantuan ini diperuntukan bagi warga yang terdampak covid-19 atau virus corona.

"Saya berpesan agar bantuan ini benar-benar digunakan semestinya untuk mencukupi kehidupan sehari-hari atau untuk berdagang dan jangan dibelikan baju baru untuk lebaran," ujarnya.

Bupati perempuan pertama Kabupaten Bojonegoro ini menjelaskan, target penyelesaian penyaluran BLT DD tahap pertama sesuai dengan target yang direncanakan oleh Pemkab Bojonegoro. Sebelumnya, Pemkab Bojonegoro menargetkan penyaluran BLT DD  tahap peratama selesai sebelum hari raya idul fitri atau pada bulan Mei.

Untuk pencairan tahap kedua, rencananya bakal dilakukan bulan Juni. Dalam hal ini, desa diperbolehkan mengajukan nama baru atau perubahan penerima BLT DD melalui Musdes.

"Desa boleh mengajukan penerima baru, yang mungkin berhak mendapatkan bantuan tapi belum terdata sama sekali," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemderdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Machmuddin menambahkan, desa boleh mengajukan nama baru untuk penerima BLT DD. Namun, harus diselesaikan pada bulan pertama pencairan BLT DD ini, selagi masih ada waktu.

"Untuk pencairan tahap kedua akan dilakukan pada bulan Juni, hari ini kita ajukan untuk rencana pengajuan DD tahap kedua kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)," pungkasnya. [din/mu]

Tag : BLT DD, dana desa, bantuan, covid, Corona



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini