08:00 . Klaim Triwulan Pertama, Santunan Jasa Raharja Tembus Rp5 M   |   07:00 . 5 Tips Menghindari Bau Apek pada Hijab   |   22:00 . Karyawan 4 Swalayan dan 1 Pabrik Ikuti Rapid Test   |   21:00 . Sat Lantas Polres Bojonegoro Beri Dispensasi Perpanjangan SIM   |   20:30 . Intip Mancing Pakai Umpan Kucur   |   20:00 . Polsek Tambakrejo Distribusikan Bantuan Beras Polri Peduli Covid-19   |   19:30 . Tambahan 1 Lagi, Ada 50 Positif Covid-19 di Bojonegoro   |   19:00 . Galang Dana, SP PEPC Sumbang APD untuk Tenaga Medis di Rumah Sakit   |   18:30 . Rapid Test Wartawan, Hasilnya Non Reaktif   |   18:00 . Sambut New Normal, ini Persiapan Wisata Wonosalam   |   17:30 . FJTB Buka Posko Pengaduan Terkait Bantuan Covid-19   |   17:00 . Pemkab Bojonegoro Gelontorkan Rp24,236 Miliar untuk Beasiswa   |   16:30 . BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Paket APD kepada Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Ngobrol Bareng Milenial Tentang Beasiswa   |   15:00 . Mabes Polri Distribusikan 2000 Paket Beras di Bojonegoro   |  
Thu, 28 May 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 23 May 2020 07:00

6 Amalan yang Disunahkan pada Hari Idul Fitri

6 Amalan yang Disunahkan pada Hari Idul Fitri

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Hari Raya Idul Fitri yang kita nanti-nantikan akan segera tiba. Apakah keluarga Anda sudah siap?

Ya Moms, setelah hampir sebulan menjalankan ibadah puasa Ramadhan, kini saatnya bersiap melakukan amalan-amalan yang disunahkan pada hari Lebaran nanti. Apa saja?

Berikut, kumparanMOM rangkum 6 di antaranya, sebagaimana tertulis juga di dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 28 Tahun 2020 tentang panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri:

6 Amalan yang Disunahkan pada Hari Idul Fitri:
- Mandi dan memotong kuku  
- Memakai pakaian terbaik dan wangi-wangian 
- Makan sebelum melaksanakan salat Idul Fitri 
- Mengumandangkan takbir hingga menjelang salat
- Melewati jalan yang berbeda antara pergi dan pulang  
- Saling mengucapkan selamat (tahniah al-id) antara lain dengan mengucapkan: تقبل الله منا و منكم (Taqabbalallahu Minna wa Minkum) yang artinya "Semoga Allah menerima amalan saya dan kamu“. asi

Namun saat Pandemi COVID-19, kita perlu tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam menjalankan keenam sunah tersebut di atas. Gunanya tentu saja untuk mencegah terjadinya potensi penularan. 

Jadi meski ingin memakai pakaian terbaik misalnya, tidak perlu pergi berbelanja baju Lebaran ke luar rumah ya, Moms! Lebih baik, beli secara online atau gunakan saja pakaian yang sudah ada. Tak perlu baru, yang penting baik dan bersih.  

Begitu juga dengan kegiatan bertakbir dan salat Idul Fitri. Boleh kok, dilakukan di rumah secara berjemaah dengan anggota keluarga maupun secara sendiri (munfarid), terutama jika ia berada di kawasan penyebaran COVID-19 yang belum terkendali. 

Ingin mengucapkan selamat kepada kerabat dan sahabat? Lakukanlah dengan bantuan teknologi agar Anda dan anggota keluarga dapat tetap merayakan Lebaran di rumah saja. Dengan begitu, kita menjalankan sunah sekaligus keselamatan bersama. Ingat Moms, tetap #tenanguntukmenang.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat