21:00 . Patuhi Prokes, Polres Doa Bersana Anak Yatim   |   20:30 . Update Covid-19 Nasional, Pasien Sembuh 329.778   |   20:00 . Dara Asal Tambakrejo ini Geluti Breeding Kambing   |   19:30 . 23 Presenter Nyanyi Mars Tiga Wajib   |   19:00 . Ranitya Nurlita juga Finalis di Ajang Internasional   |   18:00 . Teguhkan Khittah, ISNU Bojonegoro Siapkan Santri Perdamaian di Era Milenial   |   17:00 . Liburan Tetap Ingat Pesan Ibu   |   16:00 . Merosot di Awal Pandemi, Omzet Para Perajin Mulai Merangkak Naik   |   14:00 . Sungai Mengkuris Meluap Terjang Pembangunan Jembatan dan Putus Saluran PDAM   |   13:00 . Libur Maulid, Pengunjung Wisata Desa Meningkat   |   12:00 . Pendemi Covid-19, Undian Berlangsung Virtual   |   11:00 . Peringati HUT, UDD PMI Akan Gelar Undian Berhadiah Bagi Pendonor   |   10:00 . Pasien Sembuh Nasional Sudah Mencapai Angka 325.793 Orang   |   09:00 . Disbudpar Persilahkan Masyarakat Berlibur ke Wisata   |   08:00 . Ayo Wisata dengan Tetap Patuh Prokes   |  
Fri, 30 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 31 May 2020 11:00

Meski Tergerus Zaman, Penjual Kaset Pita Hingga VCD Masih Tetap Eksis

Meski Tergerus Zaman, Penjual Kaset Pita Hingga VCD Masih Tetap Eksis

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Di sekitar Jalan Panglima Sudirman tepi lampu merah, kerap kita temui toko kaset Billboard, dahulu bernama toko kaset Widodo yang masih tetap eksis meski tergerus zaman. Ketenaran toko musik tersebut di Bojonegoro ini memang sangat legendaris dan tak ada duanya.

Dalam sebuah bangunan minimalis, tampak berjejer kaset pita hingga VCD lengkap. Baik tembang kenangan tahun 1990-an hingga musik era 2000-an lenggkap dengan gambar sampul artisnya terpampang di toko kaset legendaris di Bojonegoro ini.

Liem Kiem Beng, pria paruh baya pemilik Toko Kaset Billboard ini mengungkapkan, toko kaset ini awal mulai berdiri di Bojonegoro sejak tahun 1979 hingga sekarang. Dahulu toko ini merupakan satu-satunya distributor kaset maupun VCD di Bojonegoro yang ramai pengunjung.

"Awal mula berdiri toko kaset billboard ini tahun 1979 hingga sekarang masih tetap ada, dan satu-satunya yang ada di Bojonegoro," ujar pria yang akrab disapa Beng.

Masih kata Beng, meskipun penjualan kaset pita hingga VCD saat ini sudah tak seramai dahulu, namun ia masih tetap akan mempertahankan usaha yang telah ia jalani selama puluhan tahun. Ia juga mengaku, meski segelintir saja yang datang untuk membeli VCD maupun pita kaset bagi para kolektor barang antik.

"Kadang ada pula yang fanatik menggunakan VCD daripada digital musik karena kan sama saja seperti pembajakan," ungkapnya.

Menurutnya, masing-masing pita kaset hingga VCD yang ia jual harganya bervariasi. Untuk pita kaset yang berisi tembang kenangan hingga musik era 2000-an seharga Rp 22.000 per 1 keping, sedangkan VCD baik lagu maupun film seharga Rp 15.000.

Meskipun saat ini eranya musik digital, dirinya berharap masyarakat Bojonegoro tidak melupakan toko kaset widodo/billboard sebagai toko kaset dan VCD yang pernah menghiasi ritel musik di Bojonegoro, terlebih lagi sebagai wahana nostalgia tembang kenangan era 1990 maupun 2000-an.[liz/ito]

 

Tag : Kaset, vcd, Bojonegoro, legendaris


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat