23:00 . Pengendara Motor Tabrak Truk Parkir di Jalan   |   21:00 . MWC NU Ngasem Peringati Harlah NU ke 98   |   20:00 . Sempat Turun, Kini Harga Daging Ayam Boiler Merangkak Naik   |   19:00 . Sempat Ditutup, Pemkab Mulai Buka Dua Wisata Alam Bojonegoro   |   18:00 . Manfaatkan Bekatul Mahasiswa STAI Attanwir Sukses di Ajang Kompetisi Bisnis Nasional   |   17:00 . Sanggar Literasi Menjadi Salah Satu Solusi Edukasi di Tengah Pandemi   |   16:00 . Dua RT di Napis, Bojonegoro Belum Teraliri Listrik   |   15:00 . Alternatif Berjualan di Tengah Pandemi dengan Rujak Jambu Krisral   |   14:00 . Tata Laksana Vaksinasi Gotong Royong Sesuai Standar Kemenkes   |   12:00 . Pelantikan, KNPI Serahkan Hasil Musrenbang Kepemudaan pada Bupati   |   11:00 . Pelantikan KNPI, Disampaikan Pentingnya Persiapan Hadapi Era 4.0   |   10:00 . Upaya Paralel Mempercepat Herd Immunity   |   09:00 . LIVE: Peresmian Lembaga Krida Wira   |   08:00 . Pasien Sembuh di Indonesia Terus Meningkat Menjadi 1.136.054 Orang   |   07:00 . Menkes Minta Ponpes Tetap Terapkan Prokes   |  
Mon, 01 March 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mantabkan Ketahanan Pangan, Kodim Bojonegoro Tanam Padi Perdana di lahan Demplot

blokbojonegoro.com | Saturday, 06 June 2020 09:00

Mantabkan Ketahanan Pangan, Kodim Bojonegoro Tanam Padi Perdana di lahan Demplot

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Di tengah pandemi covid-19, sebagai upaya untuk mewujudkan Ketahanan Pangan (Han Pangan), Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, tanam padi diatas lahan demplot milik Kodim setempat.

Tanam padi perdana dengan varietas inpari 32 yang dipimpin langsung oleh Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro Kapten Inf Surahmat, di lahan seluas empat hektar yang terletak di lingkungan Taman Rajekwesi, Desa Klangon, Kecamatan Bojonegoro Kota.

Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro. Kapten Inf. Surahmat di sela-sela kegiatan di lokasi tanam padi perdana, Sabtu (6/6/2020) mengatakan, tanam padi ini melibatkan anggota Makodim 0813 Bojonegoro bersama Kelompok Tani (Poktan) dilakukan dalam rangka mendukung suksesnya swawsembada pangan sebagai program yang dicanangkan oleh pemerintah. Sehingga, ketahanan pangan khususnya di wilayah Kabupaten Bojonegoro semakin tangguh meski dihadapkan dengan pandemi covid-19.

“Hal ini sebagai wujud dukungan penuh kepada pemerintah, khususnya di bidang ketahanan pangan. Dengan harapan, apa yang kita laksanakan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Khususnya untuk memantapkan Kabupaten Bojonegoro sebagai lumbung pangan,” kata Kapten Inf Surahmat.

Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Inf. Bambang Hariyanto menyampaikan, program ketahanan pangan Kodim 0813 ini tidak hanya padi, tetapi juga akan berkelanjutan varietas jagung dan kedelai sesuai musim tanam.

Selanjutnya, selain Pajale (Padi, Jagung, dan Kedelai) juga digalakkan penanaman tanaman holtikultura seperti sayur sawi, kangkung, tomat, lombok serta tanaman buah pepaya dan pisang di sekitar lahan perkantoran dan perumahan.

Dalam bidang perikanan, tak luput andil peran Kodim 0813 Bojonegoro dalam budidaya ikan nila. Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Pemkab Bojonegoro yaitu penebaran 3.500 bibit ikan nila di kolam ikan Makodim.

“Kita semua berharap dalam pendemi covid-19 ini, Babinsa jajaran Kodim 0813 Bojonegoro bersama masyarakat dalam kemanunggalan yang produktif untuk mewujudkan Bojonegoro Maju dan Sejahtera,” pungkas Letkol Inf. Bambang Hariyanto. [ito/mu]

Tag : kodim, petani, tanam, sawah, ladang


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat