Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ada Evaluasi, Gelombang Ke-empat Kartu Prakerja Ditunda

blokbojonegoro.com | Monday, 15 June 2020 16:00

Ada Evaluasi, Gelombang Ke-empat Kartu Prakerja Ditunda

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Para calon peserta penerima Kartu Prakerja harap bersabar, lantaran Project Management Officer (PMO/manajemen pelaksana) belum melanjutkan gelombang keempat hingga saat ini.

Kepala Bidang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro, Joko Santoso mengatakan, penundaan pendaftaran kartu prakerja tersebut pasca pendaftaran gelombang ketiga ditutup. Namun, sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut terkait kembali dilanjutkannya gelombang keempat.

"Untuk penundaan sebelum lebaran kemarin dan sampai saat ini masih belum ada informasi lagi," ujarnya.

Meski demikian, pendaftaran awal calon peserta melalui situs prakerja.go.id tetap dibuka. Pendaftaran ini hanya sebatas syarat awal bagi masyarakat yang ingin bergabung dalam program Kartu prakerja.

Setelah berhasil lolos verifikasi, setiap individu akan memiliki akun yang nantinya bisa memilih untuk bergabung pada gelombang keempat dengan catatan pemerintah sudah mengumumkan pembukaan gelombang keempat.

"Gabung gelombang keempatnya belum dibuka, masih ditutup, nanti di dashboard ada fitur gabung gelombang, itu yang masih kita tutup. Kalau pendaftaran dibuka terus," ungkapnya.

Sebelumnya, Pemerintah telah membuka pendaftaran progam kartu prakerja pada Sabtu (11/4/2020) lalu dan akan ditutup pada minggu keempat bulan November.

Untuk persyaratan, Joko Santoso menjelaskan, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi yaitu sebagai WNI berusia di atas 18 tahun, tidak sedang menjalani pendidikan formal, korban pemutusan hubungan kerja (PHK), pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan dan pencari kerja usia muda.

Sedangkan untuk manfaat yang diberikan pemerintah kepada penerima Kartu prakerja berupa biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000, Insentif sebesar Rp2.400.000 dengan angsuran Rp600.000 setiap bulanya selama 4 bulan. Tak hanya itu, penerima manfaat juga bakal mendapatkan  Insentif survei usai pelatihan sebesar Rp150.000 dengan diangsur selama 3 bulan, sehingga mendapat  Rp50.000 perbulanya.

"Totalnya pemerintah memberikan manfaat sebesar Rp3.550.000 untuk setiap penerima kartu prakerja," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com. [din\mu]

Tag : Kartu prakerja, pencari kerja



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini