13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

#TokohBojonegoro (7)

Roekmini Koesoemawati Astoeti Jenderal Polisi Wanita ke Dua di Indonesia

blokbojonegoro.com | Thursday, 18 June 2020 12:00

Roekmini Koesoemawati Astoeti Jenderal Polisi Wanita ke Dua di Indonesia

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Tokoh asal Kabupaten Bojonegoro, Brigadir Jenderal Pol (Purn.) Dra. Roekmini Koesoema Astoeti (Almh) bisa menjadi kebanggan bagi masyarakat Kota Migas. Pasalnya, wanita kelahiran Bojonegoro, 4 September 1938 tersebut, adalah wanita yang sukses mencapai pangkat Jenderal Polisi di Indonesia ke dua, setelah Brigjen Pol (Purn) Jeanne Mandagi.

Namun, capaian itu tidak serta merta mudah didapatkannya. Butuh perjuangan keras hingga mencapai titik tersebut. Bahkan, sejak kecil di usianya yang ke-7 tahun masih duduk di bangku SD, Roekmini kehilangan sosok ayahnya meninggal dunia, R. Soedarso yang merupakan Kepala Kehutanan Saradan, Madiun. Setelah ayahnya meninggal, Roekmini bersama kakaknya, Palupi, ikut pamannya.

[Baca juga: Titie Said Sadikun Penulis Senior dan Ketua Lembaga Sensor Film Indonesia ]

Ada kisah menarik pada masa sulit dalam hidupnya, yakni pada tahun 1952 dia bersama sang kakak menuliskan surata kepada Presiden Indonesia waktu itu Soekarno. Dalam suratnya, dia meminat agar dikirimi sepeda. Sekitar enam bulan setelah mengirimkan surat itu, dia bersama kakaknya diminta hadir di Karesidenan Madiun. Sebab, Presiden Soekarno akan memberikan mereka uang sebesar Rp.500 untuk membeli sepeda. Akan tetapi, pemberian uang itu ditolak olehnya. Karena yang mereka butuhkan adalah sepeda, bukan yang. Sehingga Bung Karno pun membelikan sepeda dari uang itu.

Pasca menyelesaikan pendidikannya di SMA, Roekmini pada tahun 1964, Roekmini melanjutkan studinya di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Setelah tamat, dia memilih kariernya di kepolisian. Beberapa tugas yang pernah diembannya di antaranya menjadi Staf Asisten Intel Khusus di Polwil 096 Yogyakarta, Kepala Seksi Pengawas Keamanan Negara (PKN), Kepala Seksi Pembinaan Ketertiban Masyarakat, Kepala Seksi Psikologi, Kepala Biro Organisasi Sosial Politik Kowilhan II/Jawa Madura. Salah satu tugasnya yang pailng berat ialah ketika sebagai Staf Asisten Intel ia harus menangani kasus pemerkosaan Sum Kuning yang melibatkan anak-anak penggede di wilayahnya.

Pada tahun 1978, Roekmini menjadi lulusan terbaik ke dua kursus kekaryaan ABRI. Karena prestasinya, selanjutnya, tahun 1982, Roekmini ditunjuk sebagai anggota DPR untuk mewakili Polri. Roekmini menjadi satu-satunya perempuan di antara 90 anggota Fraksi ABRI saat itu.

Dalam jabatannya itu, Roekmini sempat ditugasi di Komisi IX dan Komisi IV, dan belakangan di Komisi II yang berhadapan dengan banyak kasus yang menyangkut kehidupan rakyat kecil langsung, seperti kasus tanah, Bagi istri dari Ir. Mas Soejono ini, ABRI harus bisa menyuarakan kepentingan rakyat, dan memperjuangkan agar proses pengambilan keputusan politik tidak meninggalkan rakyat.

Apa yang diucapkannya dari kursi DPR juga diwujudkannya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, Roekmini tampil sebagai anggota DPR yang sangat vokal. Namun Roekmini mengaku bahwa semua ucapannya di istana wakil rakyat itu sudah dikonsultasikannya dengan atasannya terlebih dulu, yang terpenting tidak mengkhianati UUD 45, Pancasila dan ABRI. Namun, karena keberaniannya itu, setelah dua periode menjabat, akhirnya pada 1992 dia dicopot dari DPR bersama sepuluh orang rekannya dari Fraksi ABRI. Berikutnya, Roekmini dipindahkan ke Markas Besar ABRI sebagai staf yang membantu Kasospol ABRI. Pada 1993 ibu dari 4 anak ini mendapat kepercayaan untuk duduk di Komisi Nasional Hak-hak Asasi Manusia.

Di usianya yang ke 57 tahun, pada 2 September 1996, wanita yang sempat menulis buku Mata Hati Roekmini: Nurani untuk Hak Asasi itu meninggal dunia. Jenazahnya dimakamkan di makam keluarganya di Mangunarsan, Desa Baerejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. [ito]

Data diri:
Nama: Brigadir Jenderal Pol (Purn.) Dra. Roekmini Koesoema Astoeti (Almh)
Tempat dan Tanggal Lahir: Bojonegoro, 4 September 1938
Meninggal dunia    2 September 1996 (usia 57 tahun)
Bapak: R. Soedarso
Ibu: Raden Ayu Soemina
Suami: Ir. Mas Soejono
Anak: Sih Wening Wijayanti, Ardi Wijaya, Giri Wijaya Sidi, Bagus Aji Mandiri

Riwayat Jabatan
- Kepala Seksi Pengawas Keamanan Negara (PKN)
- Kepala Seksi Pembinaan Ketertiban Masyarakat
- Kepala Seksi Psikologi
- Kepala Biro Organisasi Sosial Politik Kowilhan II/Jawa Madura
- Staf Asisten Intel
- Anggota DPR Komisi IX
- Anggota DPR Komisi IV
- Anggota DPR Komisi II
- Staf Kasospol ABRI
- Komisi Nasional Hak-hak Asasi Manusia

Tag : tokoh, bojonegoro, roekmini, astoeti, jenderal, polwan, polisi, abri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat