Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bupati: Terima Kasih Marsekal (Purn) Soekardi

blokbojonegoro.com | Saturday, 20 June 2020 10:00

Bupati: Terima Kasih Marsekal (Purn) Soekardi

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Salah satu putra terbaik asal Kabupaten Bojonegoro, Marsekal (Purn) Soekardi, berpulang. Bupati Bojonegoro, Hj. Anna Mu'awanah turut berbela sungkawa.

Kepada blokBojonegoro.com, Sabtu (20/6/2020) Bupati Anna mengatakan, jika almarhum sangat luar biasa. Sehingga, masyarakat Kota Migas kehilangan.

[Baca juga: Marsekal (Purn) Soekardi Penerbang yang Mencetuskan Call Sign Jupiter TNI AU ]

"Saya atas nama pribadi dan masyarakat Bojonegoro berduka cita," kata Bupati Anna.

Seperti diketahui, almarhum adalah pencetus Call Sign Jupiter yang diperuntukkan Instruktur Penerbang (IP) TNI AU pada saat dirinya masih menjadi Kapten Udara (Pnb).

Jupiter dalam lingkungan penerbang TNI AU, merupakan kata yang bergengsi. Sebab, tak sembarang orang menggunakan nama tersebut, hanya Instruktur Penerbang (IP) saja yang menyandang nama itu. Seperti halnya, tim aerobatik TNI AU yang hingga saat ini menggunakan nama Jupiter Aerobatic Tim (JAT). Call Sign khusus hanya dimiliki oleh penerbang TNI AU yang pernah menjadi IP di Sekolah Penerbang.

Berdasarkan data yang diolah blokBojonegoro.com dari berbagai sumber, awal mula mencetuskan nama Call Sign Jupiter, Soekardi saat masih Pnb, bersama rekannya perjalanan dari mess IP di dekat Museum Kridosono menuju Landasan Udara (Lanud) Adisucipto Yogyakarta.

Alasan menggunakan nama Jupiter, menurut Soekardi karena dalam legenda Yunani kuno, Jupiter adalah Dewa Lazuardi atau Dewa Langit yang bisa berubah wujud menjadi Lucetius. Yakni pembawa sinar penerbang, atau juga bisa menjadi Elicius yang membawa kesejukan.

Bagi pria kelahiran Bojonegoro, 30 Desember 1931 itu, taruna penerbang merupakan prajurit muda yang memerlukan ilmu dan pengetahuan. Dewa Jupiter akan mampu memberikan air atau kesejukan serta sinar penerang bagi prajurit muda. [ito/mu]

Tag : bupati bojonegoro, marsekal soekardi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini