19:00 . Bermain di Sungai, Anak 9 Tahun Ditemukan Meninggal Tenggelam   |   18:00 . Ngabuburit, Masyarakat Disuguhi Lukisan Komunitas Sangrupa   |   17:00 . Banyak Warga Keluar Ngabuburit, Jembatan Glendeng Sesak   |   16:00 . Antre Lewat Jelang Berbuka   |   14:00 . Calon Jema’ah Haji Khususnya Lansia Divaksin   |   13:00 . Upaya Penanganan Pertamina EP Direspons Positif   |   12:00 . Melesat Naik, Harga Emas Dibanderol Rp937.000   |   11:00 . Bersama Realfood, DMI Bojonegoro Bagi Takjil di Ribuan Masjid   |   10:00 . Perempuan Asal Bojonegoro Diamankan Satpol PP Tuban di Eks Lokalisasi Gandul   |   09:00 . Gerak Cepat, Jasa Raharja Santuni Korban Laka di Sumberrejo   |   08:00 . Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kab. Bojonegoro Resmi Dilantik   |   07:00 . Tips Memilih Makanan Sehat Agar Tetap Bugar Selama Puasa   |   05:00 . Kasus Baru Tambah 2, Konfirmasi Positif Menjadi 14 Orang   |   17:00 . Asal Muasal Desa Ngringinrejo, Sesepuh: Ada Senopati Moksa di Beringin Raksasa   |   16:00 . Menuju Smart Green City, Bojonegoro Berupaya Jadi Kota Ramah Disabilitas   |  
Sun, 18 April 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ibu Hamil Suka Makan Es Krim, Benarkah Bikin Berat Badan Bayi Besar?

blokbojonegoro.com | Saturday, 20 June 2020 07:00

Ibu Hamil Suka Makan Es Krim, Benarkah Bikin Berat Badan Bayi Besar?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Siapa yang tidak tergoda dengan nikmat dan segarnya es krim? Ya Moms, makanan dingin yang satu ini tak pernah kehilangan penggemarnya, termasuk ibu hamil.

Meski begitu, ada juga yang merasa ragu untuk mengonsumsi es krim saat hamil. Pasalnya, banyak anggapan yang menyatakan bahwa makan es krim dapat berdampak pada berat badan bayi yang akan lahir besar. Sehingga, hal itu ditakutkan bisa berdampak pada kesehatan si kecil dan menyulitkan Anda untuk bisa melahirkan normal dengan lancar.
Tapi, benarkah anggapan itu?

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Yassin Yanuar Mohammad Sp.OG-KFER, menjelaskan bahwa es krim adalah satu makanan yang memiliki kandungan kalori tinggi. Ya Moms, kalori yang tinggi memang bisa menyebabkan kenaikan berat badan, baik pada ibu hamil dan bayi di dalam kandungan.

"Es krim kan mengandung kalori manis dan lain-lain dan itu mesti dikontrol makannya Pasalnya, kalau terlalu banyak bisa berpotensi berpeluang kelebihan kalori yang dibutuhkan, sehingga bisa menyebabkan pertumbuhan berat badan ibunya bisa berlebih termasuk juga bayinya gitu," ujar  dr. Yassin, saat dihubungi kumparanMOM, belum lama ini.

Lebih lanjut, dokter yang praktik di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan, tersebut menjelaskan bahwa berat badan bayi yang normal adalah sekitar 2,5 kilogram hingga 4 kilogram. Yang berarti, bila di berat badan bayi di atas 4 kilogram maka termasuk kategori besar. Hal ini dikhawatirkan bisa meningkatkan peluang Anda untuk melahirkan caesar.

Namun, yang perlu digaris bawahi adalah penyebab berat badan bayi besar bukan hanya karena sering mengonsumsi es krim. Ya, ada banyak faktor lain yang bisa memengaruhi kondisi tersebut, misalnya saja karena mengonsumsi makanan berkalori tinggi secara berlebihan, atau karena faktor genetik.

"Mana kala dia besar lebih dari seharusnya lebih dari 4 kilogram itu harus dicari tahu, apakah ada masalah kalori yang berlebihan. Yang kedua apakah ada penyakit dari ibunya. Yang sering itu diabetes mellitus gestasional pada kehamilan, atau ada faktor genetik karena memang keturunannya yang mungkin besar-besar," jelasnya.

Nah Moms, itu artinya, ibu hamil sebenarnya boleh-boleh saja makan es krim. Namun, tidak boleh berlebihan, sebab bisa membuat bayi atau Anda mengalami kenaikan berat badan yang tinggi.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat