Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

#TokohBojonegoro (12)

Jonathan Rahardjo, Karyanya Banyak Dikaji untuk Penelitian

blokbojonegoro.com | Tuesday, 23 June 2020 12:00

Jonathan Rahardjo, Karyanya Banyak Dikaji untuk Penelitian

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Bagi pecinta dan penggiat sastra, utamanya di Bojonegoro, pasti sudah tidak asing dengan nama drh. Yonathan Rahardjo. Dokter hewan yang juga sastrawan itu, karyanya berupa novel yang berjudul 'Lanang', menang dalam Lomba Novel Dewan Kesenian Jakarta pada tahun 2006. Bahkan karyanya itu, banyak dijadikan kajian akademis dalam penelitian, baik untuk skripsi maupun tesis.

Bukan hanya novelnya yang berjudul 'Lanang' saja yang dijadikan penelitian, novel 'Taman Api', serta kumpulan cerpen '13 Perempuan' banyak diteliti oleh para akademisi.

[Baca juga: Laksamana Muda TNI Sri Mohamad yang Mejabat Pangarmatim ]

Karya Yonathan Rahardjo tak hanya novel dan cerpen, pria kelahiran Bojonegoro, 17 Januari 1969 itu juga gemar menulis opini, serta puisi yang dimuat di berbagai media cetak.

Meskipun bergelar dokter hewan (drh), Yonathan Rahardjo tidak membuka praktek, melainkan lebih aktif dalam dunia literasi. Bagi alumnus Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya itu, menjadi seorang dokter hewan tidak harus praktek. Dengan menulis, dirinya sudah praktek. Bahkan, bisa dibaca oleh masyarakat kapanpun.

Beberapa tulisannya, khususnya tentang kesehatan hewan pernah diterbitkan dalam majalah bulanan, di mana ada rubrik konsultasi pasien dirinya yang memberi jawaban. Majalah tersebut dikelola profesional oleh Yayasan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PHI), yang mana Yonathan juga pernah menjadi pengurus selama 3 periode.

Pada tahun 200, bukunya berjudul 'Setengah Abad Sejarah Ayam Ras Indonesia' diterbitkan. Kemudian, tahun 2002 Yonathan kembali menerbitkan buku yang berjudul 'Penyakit Unggas dan Pengendaliannya', dan tahun 2004 buku ilmiah berjudul 'Avian Influenza; Pencegahan dan Pengendaliannya' juga terbit.

Dengan karya-karyanya tersebut, terlebih novelnya berjudul 'Lanang' yang menang dalam lomba Dewan Kesenian Jakarta pada tahun 2006, Yonathan Rahardjo mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya, dari Duta Besar Hungaria untuk Indonesia, Mihaly Illes.

Menurutnya, membaca novel karya Yonathan Rahardjo, dirinya segera merasakan kemiripannya dengan kesusastraan Eropa abad ke-20. Bahkan, musikalitas dan plastisitas deskripsi dalam novel itu luar biasa, seperti skenario film.

Tak mengherankan, nama Yonathan Rahardjo disandingkan dengan pengarang novel Siti Nurbaya tahun 1922 drh Marah Rusli, seniman pelopor angkatan 1945 drh Asrul Sani, dan penyair angkatan tahun 1966 drh Taufiq Ismail, yang mana sama-sama bergelar dokter hewan namun sukses dengan karyanya di dunia literasi.

Data diri:
Nama: drh. Yonathan Rahardjo
Tempat, dan Tanggal Lahir: Bojonegoro, 17 Januari 1969

Pendidikan: 
Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya

Buku:
#Karya Tunggal
- Novel: Lanang (2008)
- Taman Api (2011)
- Wayang Urip (2012)
# Antologi Cerita Pendek:
- 13 Perempuan (2011)
# Antologi Puisi:
- Jawaban Kekacauan (2004)
- Kedaulatan Pangan (2009)

#Ilmiah Popular dan Jurnalistik:
- Avian Influenza, Pencegahan dan Pengendaliannya (2004)
- Air Sehat untuk Ternak Ayam (2012)
- Mengatasi Stres Ayam (2012)
- Flu Burung, Kajian dan Penanggulangan (2014)

Antologi bersama
- Cerita Pendek: Tragedi Kemanusiaan 1965-2005 (2005), Beraksinya Jawara-Jawara Baru (2007), Titian (2008), Compassion & Solidarity (2009), Lingkar Jati (2015)
- Puisi: Padang Bunga Telanjang (2003), Bisikan Kata Teriakan Kota (2003), Maha Duka Aceh (2005), Nubuat Labirin Luka (2005), Ode Kampung (2006), Negeri Cincin Api (2011), Pancawarna (2015)
- Esai: 40 Hari Wafatnya Mochtar Lubis (2004), Debat Capres tentang Pendidikan Nasional (2004)
- Ilmiah Popular dan Jurnalistik: Setengah Abad Sejarah Ayam Ras Indonesia (2001), Penyakit Unggas dan Pengendaliannya (2002), Jejak Kuliner Indonesia (2010)

Penghargaan:
- Pemenang Lomba Novel Dewan Kesenian Jakarta (2006) dengan Novelnya Lanang
- Penulis Indonesia yang terpilih mengikuti UWRF (Ubud Writers & Readers Festival) di Bali (2009)
- Salah satu dari 100 Profil Dokter Hewan Berprestasi dalam buku 100 Tahun Dokter Hewan Indonesia (2010), di mana pada pasal Dokter Hewan Berprestasi di Bidang Lain, nama Drh. Yonathan Rahardjo tercatat setelah nama Drh. Taufiq Ismail (Penyair Angkatan 66), Drh. Asrul Sani (Seniman Pelopor Angkatan 45), dan Drh. Marah Rusli (Pengarang Novel Siti Nurbaya)
- Penulis salah satu dari 79 novel Indonesia (dengan novel Lanang) yang terbit sejak novel Siti Nurbaya (1922) hingga 2014 masuk Daftar Judul Buku Rekomendasi untuk Program Subsidi Penerjemahan Frankfurt Book Fair 2015

Kajian Akademis:
#Novel Lanang
- Tesis S2, Fakultas Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Sastra, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, 2009, oleh Mansur Ga’ga, dengan judul: Kekuasaan dalam Karya Sastra: Tinjauan Sosiologi Sastra terhadap Novel Lanang Karya Yonathan Rahardjo
- Tesis S2, Program Studi Ilmu-ilmu Sastra Bidang Kajian Utama Sastra Kontemporer, Program Pascasarjana, Universitas Padjadjaran Bandung, 2010, oleh Sandya Maulana, dengan judul: Sikap Terhadap Sains dan Folklor Tradisional dalam Novel-Novel Fiksi Sains Kontemporer Indonesia
- Skripsi S1, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, 2010, oleh Nur Jamilah, dengan judul: Pandangan Dunia Pengarang (Yonathan Rahardjo) dan Pengaruhnya Terhadap Tokoh dalam Novel Lanang ( Sebuah Kajian Sosiologi Pengarang)
- Skripsi S1, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Bojonegoro, 2012, oleh Tuti Alawiyah Sholichah, dengan judul: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Lanang Karya Yonathan Rahardjo (Kajian Nilai Novel)
- Skripsi S1, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang 2013, oleh Delta Ratih Asmara, dengan judul: Representasi Pandangan Dunia Pengarang dalam Novel Lanang Karya Yonathan Rahardjo (Perspektif Sosiologi Sastra)
- Skripsi S1, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2015, oleh Yudi Damanhuri, dengan judul: Analisis Konflik dalam Novel Lanang Karya Yonathan Rahardjo
- Skripsi S1, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga Surabaya 2016, oleh Aviva Sela Deviyanti, dengan judul: Dinamika Kepribadian Tokoh Dewi dan Putri dalam Novel Lanang Karya Yonathan Rahardjo
- Jurnal Ilmiah, Litera - Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, Universitas Negeri Yogyakarta 2014, oleh Sugiarti FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, dengan judul: Pertautan Antara Aspek Intelektual dan Mistis dalam Novel Lanang Karya Yonathan Rahardjo


#Novel Taman Api
- Tesis S2, Jurusan Pendidikan Bahasa, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surabaya 2-12, oleh Dwi Suparti, dengan judul: Transgender dalam Novel Taman Api Karya Yonathan Rahardjo, Kajian Strukturalisme Genetik
- Skripsi S1, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Madiun, 2012, oleh Taufiq Ismail Fitrahani, dengan judul: Potret Kehidupan Waria Dalam Novel Taman Api Karya Yonathan Rahardjo (Kajian Sosiologi dan Psikologi Sastra)
- Skripsi S1, Ilmu Komunikasi Bidang Kajian Jurnalistik, Universitas Islam Bandung, 2013, oleh Arfian Jamul Jawaami, dengan judul: Anggapan Patologi Sosial Terhadap Waria Dalam Novel Taman Api Karya Yonathan Rahardjo
- Tesis S2, Jurusan Pendidikan Bahasa, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surabaya, 2013, oleh Sri Apriwatie, dengan judul: Integrasi Sosial dalam Novel Taman Api Karya Yonathan Rahardjo
- Tesis S2, Jurusan Pendidikan Bahasa, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surabaya, 2013, oleh Sri Miarti, dengan judul: Pemikiran Yonathan Rahardjo Tentang Transgender Pada Novel Taman Api
- Skripsi S1, Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, 2013, oleh Prima Prasabta, dengan judul: Analisis Unsur Intrinsik Novel Taman Api Karya Yonathan Rahardjo

 
#Kumpulan Cerpen 13 Perempuan

- Skripsi S1, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, 2012, oleh Maria Dorotea D.A. Stevianita, dengan judul: Representasi Feminis Dalam Buku 13 Perempuan Karya Yonathan Rahardjo

Tag : sastra, drh, dokter, hewan, jonathan rahardjo, bojonegoro, lanang, penelitian, novel



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini