16:00 . Kebijakan Mendikbud Soal Sekolah Tatap Muka   |   15:00 . Update Pembangunan Jalan Rigid Beton   |   14:00 . Persiapan Kejuaraan di Jakarta Secara Virtual,10 Atlet Karate Intensifkan Latihan   |   13:00 . Pandemi, Peserta Bimbingan Kawin Dibatasi Hanya 8 Pasang   |   12:00 . Akhir Pekan, Harga Emas Turun Rp10.000   |   11:00 . Jawa Timur Bermasker   |   10:00 . Samsul Arif Berharap Persibo Bisa Naik Kasta   |   09:00 . Disdik Gowes Sambil Sambang Sekolah   |   08:00 . Usai Naik, Harga Daging Ayam Potong Turun Kembali   |   07:00 . 5 Tes Kesehatan yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Menikah   |   16:00 . Hingga Kini Baru Ada 11 Jemaah Ajukan Pengajuan BPIH   |   15:00 . New Normal, Jasa Rias Pengantin Mulai Bergairah   |   14:00 . Asyiknya Mancing di Kolam Ikan MCM   |   13:00 . Kalianyar Mumbul Kedatangan Anggota DPR RI dan Kementerian Kelautan dan Perikanan   |   12:00 . Pandemi, Pendapatan Pajak 3 Sektor Ini di Bawah 10 persen   |  
Sat, 08 August 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 24 June 2020 20:30

Bupati Fokuskan Pengelolaan BUMDes pada Pertanian dan Desa Wisata

Bupati Fokuskan Pengelolaan BUMDes pada Pertanian dan Desa Wisata

 

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Jelang new normal, Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Bojonegoro, menggelar Webinar Pengembangan Desa dan BUMDesa, Rabu (24/06/20) yang di hadiri oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu’Awanah.

Selain Bupati Bojonegoro, dalam teleconference turut bergabung Kepala DPMD Jatim, Anggota DRD Kabupaten Bojonegoro, Kepala DPMD Bojonegoro, Kepala Bappeda Pemkab Bojonegoro, Camat se Kabupaten Bojonegoro dan perwakilan Kepala Desa serta perwakilan BUMDes di Kabupaten Bojonegoro. Dalam pertemuan melalui teleconference tersebut yang dipimpin langsung oleh M. Mas'ud Ketua DRD Kabupaten Bojonegoro.

Ketua DRD Kabupaten Bojonegoro, M Mas'ud mengatakan tujuan webinar ini bertujuan untuk memperkuat peran BUMDes dalam mengentaskan kemiskinan dan kemajuan desa.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menyampaikan beberapa hal guna memperkuat ketahanan di setiap desa diantaranya yakni menciptakan gerakan menyimpan sebagian hasil panen.

"Tidak hanya itu, juga menggagas konsep BUMDes mengelola sektor Agrobisnis dan Desa Wisata," tambah Bupati Bojonegoro yang biasa disapa Bu Anna itu.

Secara kualitas, Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah mengungkapkan BUMDes di Kabupaten Bojonegoro tergolong baik, dan adapula yang kurang baik, sehingga perlu memberikan perhatian dan mendampingi pengelolaanya mulai tata administrasi hingga membuat program kegiatan.

"Berdasarkan data desa center Jawa Timur, hingga Juni 2020, tercatat ada sebanyak 317 BUMDes di Kabupaten Bojonegoro telah menjalankan berbagai macam unit usaha," terang Bupati.

Meski terbilang cukup banyak, namun menurut Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah hal pokok yang saat ini menjadi persoalan adalah pengelolaan BUMDes belum terfokus di unit usaha tertentu. "Sehingga perlu setiap BUMDes diprioritaskan untuk memaksimalkan di sektor pertanian dan desa wisata," terang Bupati perempuan pertama Bojonegoro ini.

"Jadi, saya berharap, petani setiap panen bisa menyisihkan hasil panen, sebagai persiapan di musim kemarau tetap tetap tersedia bahan sekaligus menjadi wujud Bojonegoro sebagai lumbung pangan bagi keluarga," harap Anna Muawanah.

Disisi lain, Kepala DPMD Jatim, M Yasin sangat mendukung upaya Pemkab Bojonegoro terkait pemaksimalan di sektor pertanian dan desa wisata tersebut. Hal itu, sesuai dengan program Inovasi Klinik BUM Desa Gubernur Jatim, agar mampu berperan sebagai pilar perekonomian perdesaan.

Adapun 6 point Inovasi Klinik BUMDesa Pemprov Jatim di antaranya yakni
1.Membangun kemandirian BUMDesa yang berkelanjutan.
2. Mengembangkan BUMDesa melalui kerjasama usaha dan jejaring pemasaran.
3. Memberikan tutorial klinik BUMDesa secara online.
4. Memetakan potensi dan jenis usaha BUMDesa.
5. Meningkatkan kapasitas dan kewirausahaan BUMDesa.
6. Menumbuhkan ekonomi UMKM secara komprehensif. [saf/lis]

Tag : Webinar, bupati, bumdes


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 20 July 2020 23:00

    Ultah 9 Tahun blokBojonegoro.com

    Inilah Juara Video Pendek New Normal

    Inilah Juara Video Pendek New Normal Sebanyak 50 video telah naik di saluran youtube blokBojonegoroTV sebagai peserta lomba video pendek dalam rangka 9 tahun blokBojonegoro.com....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat