Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wanita Ini Sulap Bahan Ramah Lingkungan Jadi Kerajinan Unik

blokbojonegoro.com | Wednesday, 24 June 2020 06:00

Wanita Ini Sulap Bahan Ramah Lingkungan Jadi Kerajinan Unik

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemilik My Feltcraft yang akrab disapa Mbak Mimin atau Mintoro Wati, menunjukkan sejumlah produk yang dihasilkan dari barang bekas ramah lingkungan.

Bahan/barang bekas ramah lingkungan di sekitar rumah tangga nyatanya mampu diolah dengan kreativitas menjadi produk unik, dan menghasilkan nilai jual tinggi.

Salah satunya kaleng plastik bekas permen maupun, besek bambu dan tempat bumbu dapur yang tidak terpakai. Berkat kreativitas tangannya kini wadah tersebut terlihat cantik memukau, dengan tampilan tali goni dan potongan kain flannel.

Mimin mengatakan, ide ini bermula dari seorang tetangga yang berjualan ikan pindang besek. Jiwa empatinya untuk membantu pun tersentuh, ia bekerjasama dengan cara membeli pembuatan bambu besek milik tetangganya.

Dari situlah tangan kreatif Mimin mulai berkembang merangkai inovasi baru, barang-barang yang terlihat sepele nyatanya mampu menjadi barang bernilai jual tinggi.

"Awalnya saya melihat banyak barang tidak terpakai dirumah kan sayang sekali jika tidak digunakan. Dan kebetulan tetangga ada yang pedagang ikan pindang besek dari bambu, sekalian bantu juga. Akhirnya saya olah barang tersebut menjadi terlihat lebih indah," tutur Mimin.

Kerajinan yang dihasilkan oleh Mimin juga bervariatif. Baik pot mini polos yang diolah menjadi wadah bunga hias, wadah bumbu dapur rustik, hingga wadah bambu serbaguna.

Untuk harga jual yang ditawarkan juga beragam, dari wadah bumbu dapur rustik seharga Rp 25.000, wadah serbaguna dari bambu terjual Rp 20.000 dan pot bunga hias seharga Rp 15.000.

"Eksplorasi baru supaya lebih berbeda saja, memanfaatkan barang-barang rumah tangga. Ada pot mini hingga wadah bambu, dengan harga jual mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 25.000," katanya.

Meski baru seminggu bereksplorasi dengan barang bekas ramah lingkungan, pesanan yang telah diterima Mimin nyatanya cukup menjanjikan. Sekitar 120 buah kreasi barang baik wadah dapur hingga pot bunga hias telah laku terjual, serta 80 buah masuk dalam list pemesanan. [liz/lis]

Tag : Kreatifitas, kerajinan, bahan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini