Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PPDB 2020

Cabdindik Klaim PPDB SMA Sesuai Juklak-Juknis

blokbojonegoro.com | Saturday, 27 June 2020 14:00

Cabdindik Klaim PPDB SMA Sesuai Juklak-Juknis

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - PPDB online tahun ini untuk jalur zonasi jenjang SMA di Kabupaten Bojonegoro, sempat menuai protes atas ketidakpuasan orang tua calon siswa baru, lantaran banyak ketimpangan saat PPDB online tersebut.

Seperti PPDB online di SMAN 1 Bojonegoro, bahkan ada yang melaporkan ke pihak yang berwajib.

Waka Kesiswaan SMAN 1 Bojonegoro, Markasim mengatakan, PPDB online dari semua tahapan sudah sesuai dengan aturan yang ada.

"Saat ini belum ada orang tua calon siswa baru yang memprotes di SMAN 1 Bojonegoro, terkait hasil PPDB online jalur zonasi," kata Markasim.

Dirinya sempat mendengar kabar dari media terkait ada keluhan orang tua calon siswa baru  yang anaknya tidak masuk dalam PPDB online, padahal jarak atau titik koordinatnya diklaim merupakan jarak terdekat dari SMAN 1 Bojonegoro.

Dikonfirmasi terpisah, Kasubag TU Cabdindik Provinsi Jatim Wilayah Bojonegoro, Jaswadi mengungkapkan, dalam pelaksanaan PPDB online jalur zonasi semua SMA sudah sesuai aturan Juklak maupun Juknis yang ada.

Hanya saja, kata Jaswadi, PPDB online tahun ini memang berbeda, semua pendaftaran dilakukan secara online, hal itu dikarenakan masih dalam masa pandemi corona.

"Kalau dulu kan ada juga calon siswa baru itu datang ke sekolah yang dituju, namun saat ini tidak ada calon siswa baru yang datang ke sekolah, bahkan semua pendaftaran dilakukan secara online," tambahnya.

Jaswadi mengatakan, pada PPDB sekarang pengambilan PIN siswa juga harus menguploud data atau berkas persyaratan secara online, setelah persyaratan dimasukan baru siswa mendapatkan PIN untuk bisa ikut PPDB.

Terkait adanya orang tua calon siswa baru  mengeluhkan PPDB online jalur zonasi tidak maksimal, Jaswadi mengatakan tidak mungkin, karena semua SMA sudah menjalankan sesuai aturan bahkan saat ini operator PPDB ditangani langsung oleh operator dari Provinsi Jatim.

"Yang pasti PPDB online sudah dijalankan," tandas Jaswadi.

Mestinya, jelas Jaswadi, kalaupun saat PPDB jalur zonasi tidak bisa masuk di sekolah yang dituju, hendaknya siswa bisa mendaftar lagi melalui jalur nilai rata-rata raport yang  ditutup hari ini, Sabtu (27/6/2020) hingga malam nanti.

Seperti diketahui, PPDB online jenjang SMA pelaksanaannya ada 3 tahap yakni tahap pertama pendaftaran bisa melalui jalur afirmasi maupun prestasi, kedua melalui jalur zonasi dan pendaftaran tahap ketiga calon siswa baru bisa mendaftar melalui jalur nilai rata-rata raport yang ditutup hari ini. [saf/mu]

Tag : ppdb, ppdb online, ppdb 2020



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini