Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 29 June 2020 12:00

#TokohBojonegoro (18)

Hanis Saghara Putra dan Gol-golnya di Timnas Indonesia

Hanis Saghara Putra dan Gol-golnya di Timnas Indonesia

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Mengikuti jejak 2 pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang berasal dari Bojonegoro yakni Samsul Arif dan Novan Setya Sasongko, ada pemuda asal Sugihwaras, Hanis Saghara Putra yang juga tampil di Timnas Indonesia sejak saat masih duduk di bangkus SMA.

[Baca juga: Novan Setya Sasongko Defender Tangguh dan Loyal ]

Hanis Saghara Putra yang berposisi sebagai Striker atau penyerang ini, mulai debut atau bermain pertama kalinya di kesebelasan Timnas U-19 Indonesia dalam pertandingan Turnamen Toulon 2017, yakni menghadapi Brasil U-20. Kemudian, dimainkan kembali pada turnamen tersebut, menghadapi Skotlandia. Meskipun kalah dengan skor 1-2, namun dirinya yang menjadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia yang mencetak gol.

Setelah menjalani turnament tersebut, putra daerah asal Sugihwaras itu, produktif mencetak gol. Berikuntya, saat uji coba dengan tim asal kota kelahirannya, Persibo Boojonegoro yang bertanding di liga 3, penampilannya  di Timnas Indonesia U-19 dalam laga tersebut menjadi penyelamat dari kekalahan di Stadion Letjen H. Soedirman Bojonegoro pada 17 Juni 2017 silam.

Selanjutnya, pada ajang Piala AFF U-18 tahun 2017, pemuda kelahiran Bojonegoro, 8 September 1999 juga turut berpesta gol pada pertandingan kontra Brunei Darussalam, di Stadion Thuwunna, Myanman. Gol pamungkasnya untuk kemenangan Timnas Indonesia 8-0, sangat penting untuk memastikan Tim Garuda lolos ke Fase Semi Final dengan perolehan selisih gol dari tuan rumah.

Pada pertandingan perebutan tempat ke tiga dalam Piala AFF-U18 tahun 2017 itu, Hanis Sagrhara kembali ikut pesta gol ke gawang Timnas Myanmar, setelah gol ke lima Timnas dicetaknya dan membawa kemenangan 5-0.

Hanis Saghara mulai karir sepak bola dengan mengikuti sekolah sepak bola di Indonesia Muda (IM) di Bojonegoro, dan mewakili Kabupaten Bojonegoro di berbagai turnamen. Kemudian, juga pernah membela klub kebanggan masyarakat Kota Migas, yakni Persibo Bojonegoro dan meraih juara pada ajang Trofeo Kapolres Banyuwangi tahun 2016.

Meskipun permainnanya bagus, namanya ikut masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia juga tidak semudah yang dibayangkan.

Dalam tahap seleksi, Hanis Saghara dipilih oleh Askab PSSI Bojonegoro untuk mengikuti seleksi Timnas U-19 di Surabaya, dan berasing dengan ratusan pemain dari beberbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT.

Lolos ke tahap level nasional, Alumnus SMAN 3 Bojonegoro itu harus bersaing dengan 60 pemain yang mengikuti seleksimenjadi 35 nama. Dan tahap akhir, dirinya masuk dalam daftar 25 nama yang dipilih oleh Indra Sjafri untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam ajang AFF U-18 tahun 2017 lalu.

Setelah membela Timnas Indonesia, pada tanggal 4 Desember 2017, Hanis menandatangani kontrak berdurasi 4 tahun dengan klub Liga 1 Indonesia, Bali United F.C. bersama rekan tim nasionalnya Feby Eka Putra.

Data diri:
Nama: Hanis Sagara Putra
Tempat, Tanggal lahir: Bojonegoro, 8 September 1999
Posisi bermain: Penyerang

Karir:
- Persibo Bojonegoro 2016-2017
- Bali United 2017
- Timnas U-19 2017

Tag : tokoh, bojonegoro, hanis, saghara, sugihwaras


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini