10:00 . Resah, Ular Sanca Ukuran 1.5 Meter Diamankan   |   09:00 . Rapid Test Gratis untuk Peserta UTBK Calon Mahasiswa   |   08:00 . Intip Desa Sentra Perikanan   |   07:00 . Selain WFH, Ini 6 Hal yang Bikin Sakit Punggung   |   22:00 . Tak Ada Tambahan Sembuh dan Positif, PDP Bertambah 1 Orang   |   19:00 . Menggelitik....!!! Arga Marvel Pernah Juara Berhadiah 1 Sak Gabah   |   18:00 . Sesosok Mayat Wanita Mengapung di Bengawan   |   17:00 . Semangati Milenial Teladani Bung Karno Lewat Lomba Vlog dan Puisi   |   16:00 . Diduga Korsleting Listrik, 4 Rumah Warga Kasiman Terbakar   |   15:00 . Ada Dua Mekanisme Daftar Ulang Siswa Baru Jenjang SMP   |   13:00 . Rapid Tes Peserta UTBK Membludak, Tetap Sesuai Protokol Kesehatan   |   12:00 . Ratusan Calon Mahasiswa Baru Antre Rapid Tes   |   11:00 . Seratusan Santri Lirboyo Asal Bojonegoro Mulai Balik Pondok   |   10:00 . Mayat Wanita Ditemukan Mengapung di Bengawan   |   09:00 . Bolang-baling dan Cakwe Camilan Lezat Khas Negeri Tirai Bambu   |  
Sun, 05 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 29 June 2020 18:00

Serunya Berburu Burung Gemak di Malam Hari

Serunya Berburu Burung Gemak di Malam Hari

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Hampir setiap malam, sejumlah warga Dusun Gondang Desa Nglampin Kecamatan Ngambon berburu burung Gemak.

Menyusur sawah sampai kuburan tengah malam demi mendapatkan burung gemak. Musim seperti bulan-bulan ini menjadi kesempatan warga berburu burung gemak. Sudah menjadi kebiasaan warga kegiatan ini menjadi rutinitas setiap tahunnya.

"Pada musim seperti ini banyak burung gemak yang terlihat. Sedangkan jika pada musim-musim lain, burung-burung ini tidak terlihat oleh warga," ujar srianto.

Dia mengatakan, warga biasanya mulai perburuan sejak pukul 19.30 bakda Salat Isya. Mereka hanya berbekal senter/alat penerangan dan karung untuk membawa hasil buruan. Sedangkan untuk menangkap hanya butuh kecepatan tangan lantaran burung-burung itu tidak terbang saat malam hari.

"Pada musim seperti ini banyak burung gemak. Kalau panen padi tidak terlalu terlihat, selain itu Burung gemak ini bukan termasuk hama bagi petani," katanya pemuda Dusun Gondang ini.

Selain itu wahyudi (25) pemuda Dusun Gondang, Desa Nglampin, Kecamatan Ngambon mengaku, hampir tiap malam berburu burung gemak. Pada momentum tertentu saja terlihat banyak burung gemak. Namun setiap tahun dipastikan banyak burung gemak yang liar di kawasan sini.

"Dalam semalam, setidaknya bisa 15 ekor burung saya dapatkan, namun tidak setiap hari berburu. Hanya jika ada waktu luang saja untuk berburu dengan teman-teman," ungkapnya.

Meski terbiasa keluar malam di sawah, namun tetap banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi. Seperti kena gatal ulat bulu, bertemu ular sawah atau kalajengking.

Namun hal ini tidak menyurutkan dalam mencari burung yang hanya berukuran sekepalan tangan orang dewasa itu. Tidak hanya satu desa, namun beberapa orang dari desa lain kadang bertemu di areal persawahan. Setelah beruburu, biasanya burung gemak itu langsung dimasak. Bisa digoreng, dirica-rica sesuai selera.

"Burung buruan dikonsumsi sendiri. Daripada beli daging di pasar. Rassa dagingnya renyah," pungkasnya.[her/ito]

Tag : burung, gemak, nglampin, ngambon


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat