22:00 . Rumah Sakit Aisyiyah Kenalkan Program Pelayanan Antar Obat Gratis   |   21:00 . Gandeng PT Baladewa, BLK Bojonegoro Optimalkan Penyerapan Tenaga Kerja   |   20:30 . Tambahan Kasus Harian Covid-19 Nasional Minggu Ini Tembus 14 Ribu   |   20:00 . Meski ada Vaksin, Jalani Normal Baru dengan Tetap Disiplin Prokes 3M   |   19:00 . Korban Tenggelam di Desa Ngrejeng Belum Ditemukan   |   18:00 . Protokol Cek dan Ricek Cegah Penularan Virus Hoaks   |   17:00 . Gubernur Khofifah Ajak Donor Plasma Konvalesen   |   16:00 . Rumah Akikah di Desa ini, Satu Bulan Sembelih Kambing Sampai 170 Ekor   |   15:00 . Usulkan 1000 Formasi, 615 untuk CPNS dan 385 PPPK   |   14:00 . Tahun 2021, Pemkab Bojonegoro Anggarkan 18 Milyar untuk Santunan Kematian   |   13:00 . Warga Ngumpakdalem Gotong Royong Bangunkan Rumah untuk Disabilitas   |   12:00 . BUMDES Lohjinawe Sarangan Perkuat Ekonomi Desa Melalui UMKM   |   11:00 . 190 KM Jalan Cor dan 20 KM Jalan Aspal Bakal Dibangun Tahun Ini   |   10:00 . Santunan Korban Catat Tetap Jasa Raharja 2020 Menurun   |   09:00 . Tingkatkan Layanan Masyarakat, Kesra Gunakan Aplikasi SANDUK   |  
Wed, 20 January 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Serunya Berburu Burung Gemak di Malam Hari

blokbojonegoro.com | Monday, 29 June 2020 18:00

Serunya Berburu Burung Gemak di Malam Hari

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Hampir setiap malam, sejumlah warga Dusun Gondang Desa Nglampin Kecamatan Ngambon berburu burung Gemak.

Menyusur sawah sampai kuburan tengah malam demi mendapatkan burung gemak. Musim seperti bulan-bulan ini menjadi kesempatan warga berburu burung gemak. Sudah menjadi kebiasaan warga kegiatan ini menjadi rutinitas setiap tahunnya.

"Pada musim seperti ini banyak burung gemak yang terlihat. Sedangkan jika pada musim-musim lain, burung-burung ini tidak terlihat oleh warga," ujar srianto.

Dia mengatakan, warga biasanya mulai perburuan sejak pukul 19.30 bakda Salat Isya. Mereka hanya berbekal senter/alat penerangan dan karung untuk membawa hasil buruan. Sedangkan untuk menangkap hanya butuh kecepatan tangan lantaran burung-burung itu tidak terbang saat malam hari.

"Pada musim seperti ini banyak burung gemak. Kalau panen padi tidak terlalu terlihat, selain itu Burung gemak ini bukan termasuk hama bagi petani," katanya pemuda Dusun Gondang ini.

Selain itu wahyudi (25) pemuda Dusun Gondang, Desa Nglampin, Kecamatan Ngambon mengaku, hampir tiap malam berburu burung gemak. Pada momentum tertentu saja terlihat banyak burung gemak. Namun setiap tahun dipastikan banyak burung gemak yang liar di kawasan sini.

"Dalam semalam, setidaknya bisa 15 ekor burung saya dapatkan, namun tidak setiap hari berburu. Hanya jika ada waktu luang saja untuk berburu dengan teman-teman," ungkapnya.

Meski terbiasa keluar malam di sawah, namun tetap banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi. Seperti kena gatal ulat bulu, bertemu ular sawah atau kalajengking.

Namun hal ini tidak menyurutkan dalam mencari burung yang hanya berukuran sekepalan tangan orang dewasa itu. Tidak hanya satu desa, namun beberapa orang dari desa lain kadang bertemu di areal persawahan. Setelah beruburu, biasanya burung gemak itu langsung dimasak. Bisa digoreng, dirica-rica sesuai selera.

"Burung buruan dikonsumsi sendiri. Daripada beli daging di pasar. Rassa dagingnya renyah," pungkasnya.[her/ito]

Tag : burung, gemak, nglampin, ngambon


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat