21:00 . Sembuh 3 Orang, 23 Pasien Positif Covid-19 Dirawat   |   20:00 . Unik, Layang-Layang Penis Terbang di Langit Ngasem   |   18:00 . New Normal: Persewaan Sound System Mulai Normal   |   17:00 . 1 Bulan, 2.296 Warga Bojonegoro Ikut Rapid Test Gratis   |   16:00 . Tim Basket Bojonegoro Bakal Latih Tanding dengan 3 Kabupaten   |   15:00 . Baznas Anggarkan R585 Juta Lebih untuk Beasiswa SD dan SMP   |   14:00 . 36 Siswa SMPN 4 Bojonegoro Dapat Beasiswa dari Baznas   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19   |   12:00 . Petani di Semambung Ikuti Sarasehan dan Penyemprotan Massal   |   11:00 . Tusuk Sate Masih Diminati Meski Jumlah Pembeli Menurun   |   08:00 . Kemarau Datang, Air Terjun Kedung Gupit Mengering   |   07:00 . Dampak Anak Nonton Youtube, Baik atau Buruk?   |   15:00 . Berkah Kurban Buat Pengepul Kulit Hewan   |   14:00 . Petani Bawang Merah di Klino Panen Raya   |   13:00 . Mantabkan Mental, Latihan Basket Digelar Seminggu 2 Kali   |  
Tue, 04 August 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 02 July 2020 08:00

Stikes Rajekwesi Produksi Sabun Antiseptik Lucu

Stikes Rajekwesi Produksi Sabun Antiseptik Lucu

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Rajekwesi Bojonegoro terus berinovasi dalam dunia kesehatan. Disaat pandemi Covid-19, perguruan tinggi kesehatan yang ada di Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro memproduksi sabun antiseptik anak-anak, dengan bentuk dan karakter yang lucu.

Direktur Stikes Rajekwesi Bojonegoro, Fidrotin Azizah menuturkan, keberadaan program studi S1 Farmasi di Stikes Rajekwesi mempunyai peranan besar dalam menghadapi era New Normal. Mulai menyelenggarakan seminar dan pelatihan online bagi masyarakat Bojonegoro, institusi pendidikan, praktisi dan tenaga kesehatan lainnya.

"Pembuatan sabun antiseptik ini berbahan herbal semuanya, dengan bentuk dan karakter lucu buat anak-anak," tuturnya kepada blokBojonegoro.com, Rabu (1/7/2020).

Salah satu contoh dari produk yang diminati peserta seminar adalah 'Mini green tea soap', yang sengaja didesain berbentuk hewan-hewan yang bisa menarik anak-anak rajin mencuci tangan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dijelaskan, civitas kampus Stikes Rajekwesi mengadakan jenis pelatihan diantaranya pembuatan hand sanitizer gel dengan extrak daun sirih, sabun cair dengan extrak daun sirih, dan sabun antiseptik dengan ekstrak teh hijau. "Berdasarkan penelitian ketiga produk herbal tersebut mempunyai efektivitas dan aktivitas sebagai antiseptik, sehingga dapat digunakan untuk mencegah Covid-19," jelasnya.

Dimasa mendatang lanjut Bu Fid, panggilan Fidrotin Azizah, kalau program studi S1 Farmasi terus berinovasi dalam produk-produk herbal, yaitu suplemen herbal yang dapat bersifat sebagai imunomuduilator yang dapat mencegah terjadinya Covid-19.

"Sementara ini masih mengurus ijin PIRT nya di Dinkes Provinsi Jawa Timur, tapi sudah banyak yang pesan," pungkasnya saat disinggung harga jual antiseptik tersebut. [zid/lis]

Tag : Antiseptik, akes, rajekwesi


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 20 July 2020 23:00

    Ultah 9 Tahun blokBojonegoro.com

    Inilah Juara Video Pendek New Normal

    Inilah Juara Video Pendek New Normal Sebanyak 50 video telah naik di saluran youtube blokBojonegoroTV sebagai peserta lomba video pendek dalam rangka 9 tahun blokBojonegoro.com....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat