16:00 . Pandemi, Apakah Pentol Sejati Terdampak?   |   15:00 . Siap Jaga Kyai Dan NKRI, Santri IPSPN-NU Dikukuhkan   |   13:00 . 852 Modin Wanita Dapat Insentif Rp125 Ribu Tiap Bulan   |   12:00 . MTQ di Bojonegoro Dilaksanakan 15 Oktober Mendatang   |   10:00 . Perlancar Aliran Sungai, Pemkab dan Koramil Kerja Bakti   |   08:00 . Angin Kencang Akibatkan Rumah Rusak dan Pohon Tumbang   |   07:00 . Berikut Ciri-Ciri Sakit Jantung   |   23:00 . Makin Maju, Pesantren Mahasiswa Attanwir Diresmikan   |   22:00 . Intip Museum Pertanian di Wisata Edukasi Pejambon   |   21:00 . Wisata Edukasi Pejambon Diresmikan Menteri Desa   |   20:00 . 2 Sembuh, Tambahan 2 Positif   |   19:00 . Hujan Deras Disertai Angin, 4 Pohon Tumbang Tutup Jalan Nasional di Balen   |   18:00 . Pohon Tumbang di Jalan Nasional Akibat Angin Kencang   |   17:00 . Resmi Dilantik, PAC IPNU IPPNU Kanor Komitmen Genjot Kaderisasi   |   15:00 . Pandemi Covid-19, Ratusan TPA/TPQ Dapat BOP 10 Juta Dari Kemenag RI   |  
Sun, 27 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 02 July 2020 14:00

Uniknya Lukisan Siluet dari Kantung Plastik Bekas

Uniknya Lukisan Siluet dari Kantung Plastik Bekas

Kontributor: Lizza Arnofia

 

blokBojonegoro.com - Beberapa frame yang menampilkan wajah tokoh dan kaligrafi terpajang di sebuah rumah yang beralamat di Gang Bromo, Kelurahan Sumbang, Bojonegoro. Di rumah Retno Pujiastuti itulah, ia bersama suaminya membuat frame siluet wajah.

 

Di dalam ruang tamu rumah minimalis, frame-frame wajah siluet, sebagian besar menampilkan wajah tokoh Nasional Indonesia. Mulai dari Ir. Soekarno presiden pertama Republik Indonesia.

 

Retno mengungkapkan, frame wajah siluet karyanya beserta sangat suami sebagian besar terbuat dari limbah plastik bekas yang telah diolah. Sebab sangat disayangkan apabila plastik-plastik tersebut terbuang sia-sia.

 

"Sebagian besar frame wajah siluet ini terbuat dari plastik bekas yang sudah diolah, sayang sekali kan plastik tersebut terbuang sia-sia," tutur Retno kepada blokBojonegoro.com.

 

Pada proses desain hingga editing komputer ini agak rumit, lantaran harus menyesuaikan kontrak hingga ketajaman detail wajah. Gambar siluet wajah yang dihasilkan dari komputer itu dicetak dalam selembar kertas.

 

Hingga akhirnya ditaruh dalam wadah bingkai dan dilakukan penempelan bersama plastik limbah yang telah disetrika. Terkait proses penyetrikaan ini juga tak sekedar asal menyetrika, namun ada tekniknya supaya menghasilkan plastik yang lebih rapih.

 

"Prosesnya cukup rumit dan perlu teknik supaya menghasilkan frame siluet yang indah. Dari desain hingga penempelan plastik pada lukisan," jelasnya.

 

Frame siluet yang telah selesai pada proses produksi ini langsung ditaruh pada wadah bingkai persegi ukuran ukuran 25×35 centimeter, serta diberi lapisan kaca maupun mika supaya tampak indah dan siap dikirim kepada pemesan.

 

Lukisan siluet wajah ini tak hanya dikirim melalui lokal area Bojonegoro saja, namun hingga luar kota baik Kediri, Semarang maupun Surabaya. Tak jarang pula muda-mudi yang memesan untuk buah tangan ulang tahun hingga agenda wisuda.

 

Bagi anda yang penasaran dan ingin memberikan buah tangan kepada sahabat maupun kerabat pada moment istimewa, dalam bentuk lukisan wajah siluet dari kantung plastik bekas tak perlu khawatir. Hanya dengan merogoh kantung Rp65.000 sudah bisa mendapatkan satu frame wajah siluet sesuai pemesanan anda. [liz/lis]

 

Tag : Kerajinan, siluet, plastik


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat