19:00 . 3 Orang Sembuh, Tambahan 2 Positif Covid-19   |   17:00 . Gotong Royong Masyarakat Samin yang Masih Terjaga   |   16:00 . Pandemi, Apakah Pentol Sejati Terdampak?   |   15:00 . Siap Jaga Kyai Dan NKRI, Santri IPSPN-NU Dikukuhkan   |   13:00 . 852 Modin Wanita Dapat Insentif Rp125 Ribu Tiap Bulan   |   12:00 . MTQ di Bojonegoro Dilaksanakan 15 Oktober Mendatang   |   10:00 . Perlancar Aliran Sungai, Pemkab dan Koramil Kerja Bakti   |   08:00 . Angin Kencang Akibatkan Rumah Rusak dan Pohon Tumbang   |   07:00 . Berikut Ciri-Ciri Sakit Jantung   |   23:00 . Makin Maju, Pesantren Mahasiswa Attanwir Diresmikan   |   22:00 . Intip Museum Pertanian di Wisata Edukasi Pejambon   |   21:00 . Wisata Edukasi Pejambon Diresmikan Menteri Desa   |   20:00 . 2 Sembuh, Tambahan 2 Positif   |   19:00 . Hujan Deras Disertai Angin, 4 Pohon Tumbang Tutup Jalan Nasional di Balen   |   18:00 . Pohon Tumbang di Jalan Nasional Akibat Angin Kencang   |  
Sun, 27 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 08 July 2020 18:00

Danrem 082/CPYJ Bersama Wartawan Komitmen Perangi Hoax

Danrem 082/CPYJ Bersama Wartawan Komitmen Perangi Hoax

Reporter: Muhammad Qomaruddin

blokBojonegoro.com - Belum genap sebulan menjabat komandan korem (Danrem) 082 / Citra Panca Yudha Jaya (CPYJ), Kolonel Inf. Muhammad Dariyanto, langsung mengumpulkan wartawan se-Wilayah Korem 082/CPYJ. Komandan kelahiran Kabupaten Tuban mengajak wartawan untuk memerangi hoax, demi menjaga warisan budaya.

Melalui acara tatap muka Danrem 082/CPYJ beserta insan media se-wilayah korem 082/CPYJ di pendopo griya paramitra cikaran Kota Mojokerto, Rabu (8/7/2020). Selain dihadiri para pejabat di lingkup Korem, juga beberapa Komandan Kodim (Dandim), personil Kodim dan para wartawan seperti dari Mojokerto, Bojonegoro, Tuban dan Lamongan.

Mengawali sambutannya, Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf. Muhammad Dariyanto mengaku baru sepuluh hari tugas menjabat sengaja mengumpulkan teman-teman wartawan sewilayah Korem. "Hal ini sebagai kerjasama dengan insan media, untuk menjaga warisan budaya. Mencegah opini dan berita hoax supaya dapat memfilter budaya asing," ungkapnya.

Dijelaskan, kita cermati perkembangan teknologi semakin pesat seperti media sosial seperti facebook dan lainnya, bagaimana penggunanya anak-anak usia dini sampai orang tua. Sehingga berita yang ditampilkan di media sosial dimungkinkan ada yang negatif itu dapat menimbulkan tidak kondusif dan bahkan konflik di masyarakat.

"Menciptakan kondusifitas kewajiban semua pihak termasuk insan media, tidak hanya TNI. Khususnya media berperan penting, yang bersingungan dengan penyebaran informasi melalui media massa, karena melalui media masa masyarakat bisa tahu," jelasnya.

Untuk itu diharapkan, para wartawan menyajikan informasi yang dapat memberikan pembelajaran masyarakat yang bijak, membangkitkan jiwa nasionalisme untuk memperkuat persatuan dan kesatuan Bangsa. Selain itu, pihaknya mengajak media bersatu padu membangun kebersamaan menjaga NKRI.

Danrem 082/CPYJ juga mengingatkan kepada seluruh wartawan disaat pandemi Covid-19, tetap menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan. Pasalnya saat ini bangsa Indonesia dan global dihebohkan pandemi Covid-19, yang berdampak serius terhadap selurus aspek.

Sementara itu ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Mojokerto, Diak Eko Purwoto mengapresiasi langkah Danrem 082/CPYJ yang mengumpulkan wartawan. Sebab melalui pertemuan sekarang ini bisa menambah sinergitas wartawan dan TNI semakin kuat.

Menurutnya, tugas wartawan dan TNI sama yakni menjaga NKRI. Namun TNI bersenjata api, tapi wartawan menggunakan pena kalau dahulu dan sekarang berkembang androit. Apalagi dengan perkembangan teknologi sekarang ini seluruh masyarakat bisa menjadi 'wartawan' dengan meng upload seluruh aktifitas ke media sosial, baik positif maupun negatif.

"Tugas wartawan semakin berat untuk meluruskan informasi yang berkembang dimasyarakat dari media sosial itu. Namun melalui sinergi ini terus dilakukan, kedepan bisa lebih wartawan dan TNI lebih rekat lagi untuk menangkal berita hoax," pungkas wartawan SCTV asal Kabupaten Jombang itu.[din/ito]

Tag : danrem, wartawan, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat