Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga Mulyorejo Sulap Pelepah Pisang Jadi Kerajinan

blokbojonegoro.com | Thursday, 09 July 2020 14:00

Warga Mulyorejo Sulap Pelepah Pisang Jadi Kerajinan

Kontributor: Herman Bagus 

blokBojonegoro.com - Selama ini tanaman pisang bisa dimanfaatkan untuk segala macam kebutuhan manusia. Di tangan-tangan kreatif pula tanaman pisang  bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan yang bernilai jual tinggi dan banyak diminati di pasar internasional. 

Gedebog (pelepah pisang) atau batang tanaman pisang ternyata bisa diolah menjadi produk kerajinan yang unik dan berkualitas. Nur Salim warga Desa Mulyorejo, Kecamatan Tambakrejo membuktikan bahwa kreatifitasnya dalam mengolah pelepah pisang mampu mendatangkan pundi-pundi rupiah. 

Pria bertubuh kekar itu mengatakan, awal mula usaha pelepah pisang karena melihat potensi di Desa Mulyorejo yang pelepah pisangnya melimpah ruah, dan sangat di sayangkan jika harus di kirim mentah keluar daerah dengan harga yang relatif murah. 

"Sudah 8 bulan saya mengajak warga untuk membuat kerajinan dari gedebok pisang berupa tali yang nantinya kami kirimkan ke Yogyakarta," katanya. 

Dia mengajak masyarakat Desa Mulyorejo untuk sama-sama membuat tali dari pelepah pisang. Awal mula hanya ada 12 anggota dan sekarang sudah mencapai 60 anggota. 

"Masyarakat sini saya ajak untuk memanfaatkan pelepah pisang, jadi saya kasih tau harganya agar kita bisa bekerja bersama dan menikmatinya juga bersama," ungkap bapak dua anak itu. 

Untuk satu kilogram pelepah pisang dia mematok dari petani Rp6.500 padahal jika pelepah pisang tidak diolah itu 1 kilogramnta hanya Rp1.500. "Dan alhamdulillah sekarang yang gabung jadi perajin gedebong ini selalu tambah," tutupnya. [her/col]

 

 

Tag : Kerajinan, pelepah pisang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini