18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemotongan Kurban Wajib Ikuti Protap Kesehatan

blokbojonegoro.com | Saturday, 11 July 2020 13:00

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemotongan Kurban Wajib Ikuti Protap Kesehatan

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro mengeluarkan aturan penyembelihan hewan kurban di tengah pandemi corona.

Penyembelihan hewan kurban di Bojonegoro diwajibkan menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan virus Corona.

Pengeluaran aturan tersebut, juga sesuai dengan Surat Edaran Nomor 0008/SE/PK.320/F/06/2020 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) Tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Nonalam Covid-19.

Dalam surat edaran tersebut, Kementerian Pertanian menekankan pelaksanaan kurban dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro, Sugiharti Sri Rahayu mengatakan, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di tengah pandemi harus lebih hati-hati. Terutama, harus mengutamakan kebersihan dan menjaga jarak.

"Terutama kepada seluruh panitia kurban yang ada di tempat pemotongan masing-masing, harus berkomitmen menaati protokol kesehatan. Di antaranya menggunakan masker, itu wajib," kata Sugiharti Tri Rahayu.

Tak hanya itu, tempat penyembelihan hewan kurban harus disterilkan terlebih dahulu dengan disemprot disinfektan. Serta, panitia diharuskan membawa peralatan penyembelihan masing-masing.

"Tempatnya juga harus clear dan bersih. Sebelumnya disemprot oleh disinfektan, peralatan yang digunakan panitia dibawa masing-masing dan sudah bersih, sebelum maupun sesudah digunakan," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Pihaknya mengimbau, untuk kepanitiaan Idul Adha pun tidak perlu terlalu banyak. Disnakkan juga menyarankan untuk menggunakan tenaga profesional dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban dan berasal dari wilayahnya masing-masing.

Aturan pendistribusian daging hewan kurban pada masa pandemi COVID-19 juga disarankan untuk dilakukan oleh panitia langsung ke penerima.

Hal ini bertujuan untuk menghindari terbentuknya kerumunan orang di tempat pembagian daging kurban, seperti yang biasa dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

"Kalau bisa, untuk yang memotong kurban berasal dari wilayah tersebut untuk mengantisipasi warga luar wilayah. Terkait pelaksanaan pembagian hewan kurban, perlu diantisipasi juga agar tidak ada kerumunan," ujarnya.

Sebelumnya Disnakkan juga telah memastikan, bahwa hewan ternak khususnya hewan kurban, tidak bisa menularkan virus corona kepada manusia. [din/mu]

Tag : kurban, hewan kurban, idul adha



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat