21:00 . Pembangunan Maju, Bojonegoro Semakin Produktif   |   20:00 . Rakor KONI, Bahas Evaluasi dan Penyusunan Program Kerja 2021   |   19:30 . Hujan Deras, Banjir Bandang Terjang Malo dan Dander   |   19:00 . Semua Umat Agama Rindu Beribadah Bersama   |   18:00 . Pemerintah Kawal Kesiapan Sarana Vaksin Covid-19   |   17:00 . Bupati Anna: Mas Safuan Wartawan Baik   |   16:00 . Begini Harapan Bupati Bojonegoro pada Pembukaan Raker KONI   |   15:00 . Satgas Covid-19 Harap Tak ada yang Menghalangi Petugas Kesehatan   |   14:00 . Buka Konfercab IPNU-IPPNU, Bupati Ingatkan Pemuda untuk Melek Media   |   13:00 . Kerumunan Berpotensi Besar Pemicu Klaster Baru Covid-19   |   12:00 . Perempuan Produktif, Muslimat Bojonegoro Latihan Wirausaha   |   11:00 . Ciri Kelelahan Akibat Covid-19   |   10:00 . Melepas Mas Safuan   |   09:00 . Begini Pesan Satgas Covid-19 saat Pembelajaran Tatap Muka   |   08:00 . Kiat Lansia Tetap Sehat di Masa Pandemi   |  
Mon, 30 November 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 12 July 2020 07:00

Meremehkan Alergi pada Anak, Ini Dampak Negatifnya

Meremehkan Alergi pada Anak, Ini Dampak Negatifnya

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Anak yang punya riwayat alergi dan tidak tertangani dengan baik bisa meningkatkan risiko penyakit degeneratif saat dewasa. Menurut Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr. SpA(k) MKes, anak dengan alergi, bisa mengalami gangguan tumbuh kembang seperti kesulitan bicara, konsentrasi berkurang, hingga hiperaktif dan mudah lemas.

“Alergi juga dapat meningkatkan risiko penyakit degeneratif, seperti obesitas, hipertensi dan sakit jantung,” ungkap Prof DR Budi Setiabudiawan dr SpA(k) MKes, Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, dalam keterangannya (6/7).

Menurut Prof Budi, anak dengan alergi cenderung memliki rangkaian penyakit alergi seiring bertambahnya usia. Bahkan diturunkan ke generasi berikutnya.

Karena itu, alergi penting untuk dideteksi dan dicegah sejak dini dengan menelusuri riwayat alergi keluarga dan pemberian nutrisi yang tepat untuk mendukung sistem imun yang lebih baik.

ASI (Air Susu Ibu) dan nutrisi lengkap dan seimbang akan mendukung perkembangan sistem imun anak. “Nutrisi kombinasi prebiotik dan probiotik (sinbiotik) merupakan salah satu nutrisi yang dapat mendukung sistem imun anak dalam menurunkan risiko alergi,” jelasnya.

Dalam kemampuannya menurunkan alergi, sinbiotik lebih efektif dibandingkan pemberian tunggal prebiotik atau probiotik. Kombinasi Prebiotik (seperti FOS GOS) dan Probiotik seperti (B.breve) dengan komposisi seimbang telah teruji klinis bekerja secara sinergis mendorong keseimbangan kolonisasi Bifidobakterium sehingga mendukung sistem imun dalam menurunkan risiko alergi si kecil.

Selain dampak kesehatan, alergi pada anak ternyata juga membawa dampak psikologis, baik pada anak itu sendiri maupun orangtua.

“Dampak ekonomi yang harus dihadapi keluarga adalah meningkatnya biaya pengobatan dan biaya tidak langsung,” imbuhnya.

Sedangkan dampak bagi orangtua, anak yang alergi bisa menyebabkan kecemasan berlebih. Menurut Putu Andani, psikolog dari TigaGenerasi, isu alergi merupakan hal yang harus menjadi perhatian, khususnya bagi orangtua yang memiliki risiko menurunkan kondisi alerginya pada anak.

Berdasarkan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dalam dua dekade terakhir tercatat peningkatan angka kejadian alergi pada anak di Indonesia. Bahkan alergi susu sapi yang menyebabkan dermatitis atopik ditemukan hingga 60 persen.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 29 November 2020 00:00

    Selamat Jalan Mas Safuan

    Selamat Jalan Mas Safuan Innalillahi wainna ilaihi roojiuun. Reporter blokBojonegoro.com, Mochamad Safuan meninggal dunia, Sabtu (28/11/2020) petang....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat