21:00 . Sembuh 3 Orang, 23 Pasien Positif Covid-19 Dirawat   |   20:00 . Unik, Layang-Layang Penis Terbang di Langit Ngasem   |   18:00 . New Normal: Persewaan Sound System Mulai Normal   |   17:00 . 1 Bulan, 2.296 Warga Bojonegoro Ikut Rapid Test Gratis   |   16:00 . Tim Basket Bojonegoro Bakal Latih Tanding dengan 3 Kabupaten   |   15:00 . Baznas Anggarkan R585 Juta Lebih untuk Beasiswa SD dan SMP   |   14:00 . 36 Siswa SMPN 4 Bojonegoro Dapat Beasiswa dari Baznas   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19   |   12:00 . Petani di Semambung Ikuti Sarasehan dan Penyemprotan Massal   |   11:00 . Tusuk Sate Masih Diminati Meski Jumlah Pembeli Menurun   |   08:00 . Kemarau Datang, Air Terjun Kedung Gupit Mengering   |   07:00 . Dampak Anak Nonton Youtube, Baik atau Buruk?   |   15:00 . Berkah Kurban Buat Pengepul Kulit Hewan   |   14:00 . Petani Bawang Merah di Klino Panen Raya   |   13:00 . Mantabkan Mental, Latihan Basket Digelar Seminggu 2 Kali   |  
Tue, 04 August 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 12 July 2020 07:00

Meremehkan Alergi pada Anak, Ini Dampak Negatifnya

Meremehkan Alergi pada Anak, Ini Dampak Negatifnya

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Anak yang punya riwayat alergi dan tidak tertangani dengan baik bisa meningkatkan risiko penyakit degeneratif saat dewasa. Menurut Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr. SpA(k) MKes, anak dengan alergi, bisa mengalami gangguan tumbuh kembang seperti kesulitan bicara, konsentrasi berkurang, hingga hiperaktif dan mudah lemas.

“Alergi juga dapat meningkatkan risiko penyakit degeneratif, seperti obesitas, hipertensi dan sakit jantung,” ungkap Prof DR Budi Setiabudiawan dr SpA(k) MKes, Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, dalam keterangannya (6/7).

Menurut Prof Budi, anak dengan alergi cenderung memliki rangkaian penyakit alergi seiring bertambahnya usia. Bahkan diturunkan ke generasi berikutnya.

Karena itu, alergi penting untuk dideteksi dan dicegah sejak dini dengan menelusuri riwayat alergi keluarga dan pemberian nutrisi yang tepat untuk mendukung sistem imun yang lebih baik.

ASI (Air Susu Ibu) dan nutrisi lengkap dan seimbang akan mendukung perkembangan sistem imun anak. “Nutrisi kombinasi prebiotik dan probiotik (sinbiotik) merupakan salah satu nutrisi yang dapat mendukung sistem imun anak dalam menurunkan risiko alergi,” jelasnya.

Dalam kemampuannya menurunkan alergi, sinbiotik lebih efektif dibandingkan pemberian tunggal prebiotik atau probiotik. Kombinasi Prebiotik (seperti FOS GOS) dan Probiotik seperti (B.breve) dengan komposisi seimbang telah teruji klinis bekerja secara sinergis mendorong keseimbangan kolonisasi Bifidobakterium sehingga mendukung sistem imun dalam menurunkan risiko alergi si kecil.

Selain dampak kesehatan, alergi pada anak ternyata juga membawa dampak psikologis, baik pada anak itu sendiri maupun orangtua.

“Dampak ekonomi yang harus dihadapi keluarga adalah meningkatnya biaya pengobatan dan biaya tidak langsung,” imbuhnya.

Sedangkan dampak bagi orangtua, anak yang alergi bisa menyebabkan kecemasan berlebih. Menurut Putu Andani, psikolog dari TigaGenerasi, isu alergi merupakan hal yang harus menjadi perhatian, khususnya bagi orangtua yang memiliki risiko menurunkan kondisi alerginya pada anak.

Berdasarkan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dalam dua dekade terakhir tercatat peningkatan angka kejadian alergi pada anak di Indonesia. Bahkan alergi susu sapi yang menyebabkan dermatitis atopik ditemukan hingga 60 persen.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 20 July 2020 23:00

    Ultah 9 Tahun blokBojonegoro.com

    Inilah Juara Video Pendek New Normal

    Inilah Juara Video Pendek New Normal Sebanyak 50 video telah naik di saluran youtube blokBojonegoroTV sebagai peserta lomba video pendek dalam rangka 9 tahun blokBojonegoro.com....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat