17:00 . Harga Bawang Merah Turun Lagi, Per Kilogram Rp30.000   |   16:00 . Masih Ada Warga yang Tak Taat Prokes saat di Luar   |   15:00 . Polres Bojonegoro Salurkan Bantuan Korban Banjir   |   14:00 . Berikut Hasil Uji Kualitas Udara di Bojonegoro   |   13:00 . Dimsum Seribuan Laris Manis   |   12:00 . Mengapa Kita Perlu Imunisasi?   |   11:00 . Pemohon Banpres BPUM Dinkop Bojonegoro Capai 31.502   |   10:00 . PLN Perpanjang Promo Diskon Tambah Daya Super Merdeka untuk UMKM   |   09:00 . Sejak Dulu Imunisasi Cegah Penyakit Menular   |   08:00 . Presiden Kutuk Terorisme di Sigi   |   07:30 . Kesembuhan Covid-19 di Provinsi ini Meningkat Pesat   |   07:00 . Membangun "Chemistry" Kuat dengan Percakapan Sederhana   |   06:30 . Disdukcapil Bojonegoro Raih Penghargaan Anugerah Karya Utama Adminduk 2020   |   06:00 . Sukseskan Vaksinasi, Pemerintah Pastikan Kesiapan dengan Cara ini   |   05:00 . Pasien Sembuh dan Kasus Baru Masing-masing Tambah 5 Orang, 1 Pasien Meninggal Dunia   |  
Tue, 01 December 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 16 July 2020 07:00

Kesalahan Pakai Masker yang Amat Berbahaya Tapi Sering Dilakukan Keluarga

Kesalahan Pakai Masker yang Amat Berbahaya Tapi Sering Dilakukan Keluarga

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Penggunaan masker jadi salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan bila Anda atau keluarga harus beraktivitas keluar rumah. Ya Moms, kita harus terbiasa menggunakan masker bila keluar rumah, sebab pandemi corona belum berakhir.

Pastikan juga Anda tahu bagaimana cara menggunakan masker yang benar. Sebab, penggunaan masker yang salah tidak akan efektif menangkal virus, bahkan bisa menimbulkan dampak negatif pada kesehatan.

Beberapa waktu lalu, Juru bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengimbau agar masyarakat tidak menurunkan masker ke dagu. Hal itu justru bisa mencemari masker yang akan Anda gunakan lagi.

"Turunkan masker ke dagu itu sama dengan mencemari bagian dalam masker dengan penyakit di dagu. Sehingga kalau kita naikkan lagi tidak berikan makna baik,” kata Yuri, Minggu (12/7).

Bahaya menurunkan masker ke dagu

Ada beberapa kondisi yang mungkin mengharuskan Anda atau keluarga untuk melepas masker saat berada di luar rumah, misalnya untuk makan dan minum. Bila sedang berada di dalam situasi tersebut, maka lepaskan saja maskernya dan jangan menurunkannya ke dagu!

“Kalau memang harus melepas masker, lepas. Jangan sangkutkan di dagu. Karena kuman di dagu akan pindah ke dalam masker kita. Kalau memang akan makan, akan bicara di satu forum, lepas maskernya, bukan turunkan ke dagu,” jelasnya.

Senada dengan yang dijelaskan Yuri, seorang dosen di Yale Jackson Institute for Global Affairs, Amerika Serikat, Shan Soe-Lin, MPH, PhD, juga memberikan penjelasannya tentang bahaya meletakkan masker di dagu.

Dosen yang meraih gelar PhD di bidang eksperimental ini menjelaskan, hal itu bisa meningkatkan penyebaran virus dengan dua cara. Pertama melalui area hidung dan mulut, karena sudah tidak ada lagi perlindungan di area tersebut.

“Ketika Anda tidak menggunakan masker dengan benar seperti diletakkan di dagu, risiko untuk terinfeksi lebih besar. Terlebih jika Anda dihadapkan dengan banyak orang, sehingga dengan kata lain, tidak ada gunanya menggunakan masker sejak awal,” kata Soe-Lin kepada New York Times.

Kedua, menurut Lin, dengan meletakkan masker ke dagu, maka hal itu bisa meningkatkan risiko Anda menghirup kuman dan bakteri yang berasal dari dagu.

“Dengan meletakkan masker yang kotor ke dagu, kuman dan bakteri di dalamnya pun bisa mudah terhirup melalui hidung,” tambahnya.

Cuci Tangan Sebelum Melepas Masker

Tak hanya saat menggunakan masker, melepaskan masker juga ada aturannya, Moms. Menurut dr. Reisa Broto Asmoro yang tergabung dalam Satgas Percepatan Penanganan COVID-19, Anda dan keluarga perlu rutin mencuci tangan saat berada di luar rumah maupun saat melepas masker.

Pastikan tangan tak memegang area luar masker agar tangan Anda tidak terkontaminasi. Selain itu, Anda juga perlu rutin mengganti masker tiap 4 jam sekali.

"Hanya pegang tali saat copot masker, tak diturunkan ke dagu, apalagi jarang mengganti masker, ganti masker setiap 4 jam sekali apabila basah dan lembab, agar terhindar dari infeksi kuman yang menempel di masker," kata Reisa.

Jadi, sudah jelas, kan, Moms. Jangan lagi menurunkan masker ke dagu, sebab hal itu justru bisa meningkatkan risiko yang bisa membahayakan kesehatan Anda. Jangan lupa juga untuk memberi tahu informasi ini kepada keluarga Anda, agar mereka bisa beraktivitas di luar rumah dengan aman.

*Sumber: kumparan.com

Tag : Pendidikan, kesehatan, anak, masker


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 29 November 2020 00:00

    Selamat Jalan Mas Safuan

    Selamat Jalan Mas Safuan Innalillahi wainna ilaihi roojiuun. Reporter blokBojonegoro.com, Mochamad Safuan meninggal dunia, Sabtu (28/11/2020) petang....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat