07:00 . Kencan Virtual dengan Pacar Jadi Solusi Obati Rindu di Masa Pandemi   |   21:00 . Waspada, Kasus Aktif Covid 19 di Kanor Makin Tinggi   |   20:00 . Akhir Tahun 2020 Beasiswa Tugas Akhir Segera Dicairkan   |   19:00 . 17 TPS di Kota Bojonegoro Masih Kurang Tampung Tingginya Sampah   |   18:00 . Tahun 2020, Puluhan Miliaran Digelontorkan untuk Madin   |   16:00 . Histeris.....!!! Saat Satu Orang Ikut Terbang Bersama Layangan Naga   |   15:00 . Harga Logam Mulia Meroket Tajam, Masyarakat Banyak Ajukan Buyback   |   14:00 . Sidang Ke IV, Para Tergugat I,II,III dan IV Bacakan Tanggapanya Terkait PI Blok Cepu   |   13:00 . Masker Medis Mulai Kembali Diburu Masyarakat   |   12:00 . Hampir Tak Mendaftar, 2 Jam Ngebut Rekaman dan Bikin Video Clip   |   11:00 . Murid Peristiwa Harmonni Masuk Finalis Campus Harmony 2020, Ayo Dukung...!   |   10:00 . Pancaroba, BPBD Himbau Masyarakat Mewaspadai Hujan Disertai Angin Kencang   |   09:00 . Kekeringan di Bojonegoro Diprediksi Tak Separah 2019   |   08:00 . Layanan Rapid Tes Dialihkan di Puskesmas   |   07:00 . Orangtua Perlu Tahu, 4 Tips Ajari Anak Saat Belajar Online   |  
Wed, 30 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 18 July 2020 11:00

Disnakkan Perketat Pengawasan Hewan Kurban

Disnakkan Perketat Pengawasan Hewan Kurban

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Menjelang Idul Adha 1441 Hijriah, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) bakal menerjunkan tim untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

Pemeriksaan tak hanya dilakukan di lokasi penjualan hewan kurban saja, tapi juga di tempat pemotongan. Hal ini untuk memastikan daging hewan kurban itu layak dikonsumsi masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro, Sugiharti Sri Rahayu mengatakan, pemeriksaan dilakukan tidak hanya sebelum disembelih, melainkan sesudah disembelih juga dilakukan pemeriksaan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan apakah daging kurban layak dikonsumsi oleh masyarakat.

"Tim ini yang akan menyebar untuk memeriksa hewan-hewan ke seluruh Bojonegoro,” jelasnya.

Tim yang diterjunkan, lanjut perempuan yang akrap disapa Yayuk tersebut, melakukan pemeriksaan dengan tetap menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19. Sebab, untuk Idul Adha tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, lantaran berada ditengah pandemi covid-19.

"Pengawasan dari tim kita tentunya dengan protokol (kesehatan), kita sampaikan ke teman-teman juga agar hati-hati,” ujarnya.

Selain itu, pemeriksaan kesehatan hewan kurban juga dilakukan di tempat pemotongan seperti rumah-rumah ibadah. Hewan kurban yang telah diperiksa dari lapak para pedagang juga bakal diberi tanda. Karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar membeli hewan kurban yang kondisinya sehat.

“Kita ingin masyarakat tahu bahwa hewan ini sehat atau tidak sehat. Nah, yang sehat-sehat itu nanti yang akan kita beri tanda,” kata Yayuk.

Menurut dia, selama hewan ternak itu berasal dari Jawa Timur khususnya Bojonegoro, dipastikan terbebas dari penyakit antraks. Hewan kurban yang sehat juga bisa terlihat dari kondisi fisiknya seperti tidak cacat, tidak luka, tidak diare, serta kakinya tidak pincang. Kemudian, mata hewan itu juga terlihat bersinar bukan berair, serta kondisi cuping hidung lembab.

“Kalau (cuping hidung) kering itu bisa juga bukan karena sakit, mungkin baru didatangkan jadi dehidrasi. Tapi, kalau hewan yang sakit itu sudah kelihatan, bulunya kusam tidak klimis. Kalau hewan sehat itu klimis bulunya mengilat,” imbuhnya.

Ia pun berharap kepada para pedagang hewan kurban juga memperhatikan terhadap kesejahteraan hewan, dengan cara ditempatkan di tempat yang sejuk atau tidak dipanaskan dan kehujanan. Serta, diberikan makanan yang cukup dan tidak tersiksa saat berada di lapak penjualan. [din/mu]

Tag : kurban, hewan kurban


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat