21:00 . Hingga Awal Agustus, Inilah Progres Pembangunan Jalan di Bojonegoro   |   20:00 . 3 Sembuh, Tambahan 2 Positif Covid-19   |   19:00 . Akomodir Milenial, Bu Mit Agandakan Silaturrohimi Para Tokoh   |   17:00 . Adaptasi New Normal, Bus Donor Darah UDD PMI Sudah Beroperasi   |   16:00 . Santunan Korban Cacat Jasa Raharja Menempati Posisi Paling Rendah   |   15:00 . Aklamasi, Srikandi Tambakrejo Kembali Nahkodai Partai Beringin   |   13:00 . Yuk Belajar Ala Millenial di Taman Kunto Wijoyo Mojodeso   |   12:00 . Anggota DPR RI serta Kementerian Kelautan dan Perikanan Singgah di Taman Kalianyar Mumbul   |   11:00 . PMI Bojonegoro Kirim 50 Kantong Darah untuk Korban Ledakan   |   10:00 . Pertamina Siap Distribusikan 35 Ribu Paket Konverter Kit untuk Nelayan & Petani   |   09:00 . Digrebek saat Asyik di Kamar Kos, 3 Orang Berstatus Menikah   |   08:00 . Bikin Ketawa, Petugas Bujuk Seorang Wanita Diduga Depresi   |   07:00 . Yuk, Lakukan 6 Rutinitas Pagi demi Hari yang Produktif dan Tak Lesu   |   22:00 . Pertegas Nasib Persibo, Curva Nord Bakal Gelar Aksi   |   21:00 . Sembuh 1 Orang, 4 Orang Terkonfirmasi Positif   |  
Fri, 07 August 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 18 July 2020 15:00

Hampir Putus Sekolah, Pemuda ini Sukses Jadi Peternak Kambing

Hampir Putus Sekolah, Pemuda ini Sukses Jadi Peternak Kambing

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Demi mencapai kesuksesan yang mengagumkan, selain sungguh-sungguh dalam berdoa tentu juga harus berusaha dengan sungguh-sungguh. Apapun tingkat pendidikannya, selama mau berusaha dengan sungguh-sungguh dan terus belajar di mana pun berada, tak ada kata mustahil untuk meraih sukses.

Seperti yang dilakukan Chourul Yani (18) pemuda asal Desa Wadang, Kecamatan Ngasem ini tak seperti temantemannya yang bisa menempuh pendidikan tinggi dengan mudah, ia hampir putus sekolah menengah atas (SMA).

"Awal mula beternak dari 15 ekor kambing, karena saya berawal dari kalangan menengah ke bawah, apalagi saya hampir putus sekolah waktu mau naik ke kelas 12, akhirnya kakak saya memberi solusi untuk beternak dan memberi modal ke saya," katanya.

Meski ia memiliki kakak yang menyanggupi untuk membiayainya sekolah, ia bergeming, tak ingin merepoti kakaknya. Dan akhirnya kakaknya pun memodalinya untuk beternak kambing.

"Saya tidak ingin membebani kakak saya, dia juga kan punya keluarga. Saya lebih memilih untuk beternak. Saya pribadi ada kepuasaan batin dan juga ada segi ekonomi juga terbantu. Peluang bisnis ternak itu besar. Sebagian besar anak-anak muda nggak mau untuk terjun di dunia ternak. Saya pacu dan terobos aja," ujarnya.

Memilih pekerjaan sebagai peternak kebanyakan pemuda seusianya terbilang langka, ia menyemangati dirinya untuk membantu perekonomian keluarga.

Awalnya dirinya mengaku juga minder, iri juga, karena teman-temannya sibuk belajar. Sedangkan dia harus mencari uang untuk membayar sekolah. "Kadang kalau jualan ke pasar itu ketemu teman malu juga, tapi karena harus mencari uang sendiri, apalagi orangtua saya sudah nggak bisa bekerja karena kecelakaan,  alhamdulillah sejak naik ke kelas 12 saya sudah nggak minta uang lagi ke ibu saya," ungkapnya.

Enam bulan sudah pemuda yang baru lulus di SMAN 1 Kalitidu itu menggeluti dunia peternakan dan sudah mengantongi 11 juta laba bersih dari kambing-kambingnya. Ia juga mengaku bahwa menjalankan usaha ini adalah kesenangan baginya.

Baginya, usaha ternak domba dan kambing merupakan pekerjaan yang sangat menyenangkan. Mengingat apa yang ia toreh selama ini di bidang ternak, banyak teman sebayanya terinspirasi.

Tak sedikit dari mereka belajar langsung soal ternak darinya. Dia menjadi inspirasi bagi kaum muda di kampungnya. Namun, ia mengaku masih berproses dan mesti banyak belajar lagi. [her/ito]

Tag : ternak, kambing, wadang, ngasem


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 20 July 2020 23:00

    Ultah 9 Tahun blokBojonegoro.com

    Inilah Juara Video Pendek New Normal

    Inilah Juara Video Pendek New Normal Sebanyak 50 video telah naik di saluran youtube blokBojonegoroTV sebagai peserta lomba video pendek dalam rangka 9 tahun blokBojonegoro.com....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat