Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kompak, Petani di Desa Sekaran Menyemprot Sawah Bersama

blokbojonegoro.com | Monday, 20 July 2020 14:00

Kompak, Petani di Desa Sekaran Menyemprot Sawah Bersama

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Petani di Desa Sekaran, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Senin (20/7/2020) pagi berkumpul di balai desa setempat.

Setelah mendapat penyuluhan dan dan bantuan pestisida dari Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Balen, para petani kompak bersama-sama melakukan penyemprotan di sawah petani yang diserang hama.

Ketua Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Sekaran, Yusuf mengatakan, melihat kondisi pertanian padi di Desa Sekaran UPK Kecamatan Balen berupaya memberikan penyuluhan dan bantuan pestisida, guna membantu mengurangi beban petani setempat akibat hama wereng yang merajalela.

"Umur padi sudah dua bulan. Upaya pencegahan perlu dilakukan sejak dini, karena saat kondisi tanaman padi sudah mulai berisi jika tidak ditangani dengan baik penurunan produksi bisa semakin besar," jelas Yusuf.

Selain memberikan bantuan pestisida, UPK Kecamatan Balen juga turut memberikan sosialiasasi kepada para petani untuk menanggulangi hama wereng dengan cara yang pas.

Sementara itu, tanaman padi yang terserang hama wereng itu mudah diamati secara kasat mata.Tanaman menjadi kering, dan bulir-bulir padinya kosong alias hampa. Akibatnya, jika dibiarkan panen padi musim ini akan menurun drastis.

"Pasti hancur hasilnya, biasanya setengah hektar dapat 1 ton paling nanti nggak sampai dapat 5 kwintal, ada juga yang nggak jadi panen karena padinya mati," tuturnya. [lin/ito]

Tag : sekaran, balen, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini